Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Apa Itu Komputer ? Apa yang dimaksud dengan SIKLUS Pemrosesan Informasi. Input Proses Output Penyimpanan Komunikasi (INPUT) (OUTPUT ) (PROSES) TEMPAT PENYIMPANAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Apa Itu Komputer ? Apa yang dimaksud dengan SIKLUS Pemrosesan Informasi. Input Proses Output Penyimpanan Komunikasi (INPUT) (OUTPUT ) (PROSES) TEMPAT PENYIMPANAN."— Transcript presentasi:

1 Apa Itu Komputer ? Apa yang dimaksud dengan SIKLUS Pemrosesan Informasi. Input Proses Output Penyimpanan Komunikasi (INPUT) (OUTPUT ) (PROSES) TEMPAT PENYIMPANAN Informasi KONTROL Pengantar Teknologi Informasi

2 APA ITU PIRANTI INPUT ? KOMPONENN SEBUAH KOMPUTER
PERANGKAT KERAS (HARD WARE) UNTUK MEMASUKKAN DATA DAN INTRUKSI: Bersifat Barang yang dapat dipegang. Pengantar Teknologi Informasi

3 APA ITU PIRANTI OUTPUT ? KOMPONENN SEBUAH KOMPUTER
PERANGKAT KERAS (HARD WARE) YANG MENYAMPAIKAN INFORMASI KEPADA PENGGUNANYA : Pengantar Teknologi Informasi

4 (MOdulator DEMudulator)
KOMPONENN SEBUAH KOMPUTER YANG DIKATAKAN SEBUAH NETWORK ADALAH : SEKUMPULAN KOMPUTER DAN PIRANTI YANG TERHUBUNG SATU SAMA LAIN. Piranti Komunikasi Memungkinkan Koneksi antar Komputer Salah Satunya MODEM (MOdulator DEMudulator) Satelit Kabel Media Saluran Telpon Radio Seluler Pengantar Teknologi Informasi

5 TINGKATAN DALAM MANAJEMEN INFORMASI
ADA 3 TINGKATAN DALAM KOMPUTER (BRAIN WARE) : 1. TKT. OPERATOR : orang yang hanya dapat memakai komputer dengan aplikasi yang seadanya saja pada komputer tersebut. 2. TKT. PROGRAMMER : orang yang dapat memakai komputer beserta dengan bahasa-bahasa yang dipunyai oleh komputer tersebut. 3. TKT. ANALYST : Orang yang dapat merancang kehidupan sehari-hari menjadi kehidupan komputer. Pengantar Teknologi Informasi

6 DALAM MANAJEMEN INFORMASI 3 TINGKATAN :
TINGKAT PEMULA ( dapat memakai) TINGKAT RAMU (Pemakai yang Fasih) TINGKAT RAKIT. 1.TKT. PEMULA (Pemakai) : setingkat dengan operator yang hanya dapat meng-operasikan sebuah komputer dengan system aplikasi yang seadanya saja. atau manajer yang tidak punya banyak waktu untuk belajar manajemen informasi. Pengantar Teknologi Informasi

7 2. TKT. RAMU (Pemakai yang fasih) Pemakai mengetahui seluk-beluk komputer, mengetahui satu / dua bidang saja yang dikuasai tetapi tidak memahami dan mengetahui di bidang yang lain. Mereka dapat meramu/mengatasi dalam pemecahan masalah yang timbul pada bidang pekerjaannya saja. 3. TKT RAKIT : Apa yang harus dicapai oleh pimpinan (Information Literate) Pengantar Teknologi Informasi

8 SYSTEM KOMPUTER DIBAGI DALAM 3 KATAGORI :
1. HARDWARE (PERANGKAT KERAS) 2. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK) 3. BRAINWARE (PEMIKIR) 1. HARDWARE /PIRANTI KERAS/PERANGKAT KERAS : Adalah semua peralatan fisik komputer untuk pengolahan data yg dapat dilihat dan dipegang lebih bersifat barang. Pengantar Teknologi Informasi

9 1. SOFTWARE /PIRANTI LUNAK/ PERANGKAT LUNAK : Adalah semua elemen yang tidak dapat dilihat dan dipegang, lebih bersifat sistem kerja, prosedur kerja, dan langkah kerja. Exp : Program Aplikasi, Bahasa Program, dokumentasi / media penyimpanan lainnya. Pengantar Teknologi Informasi

10 Brainware / Perangkat Pemikir : adalah elemen yang tidak dapat dilihat / dipegang karena bersifat ide-ide atau gagasan atau juga pemikiran manusia sehingga produk yang dihasilkan dapat maximal. Kalau jadi pemikir jangan Lemot … Awass Contoh dibidang Property : Peragkat Keras : Tanah, Gedung, Rumah & barang lainnya. Perangkat Lunak : Tata cara & Prosedur kepemilikan. Perangkat Pemikir : Ide-ide atau rencana agar produk yang dikelola mendatangkan keuntungan Oke. Jgn Esmosi.. Pengantar Teknologi Informasi

11 PERANGKAT-PERANGKAT TERSEBUT SALING BERINTEGRASI SATU SAMA LAINNYA SEHINGGA KESELURUHANNYA AKAN MENDUKUNG SUATU SISTEM UNTUK MENCAPAI SUATU TUJUAN. Pengantar Teknologi Informasi

12 MENURUT JENIS APLIKASINYA KOMPUTER DIBAGI MENJADI 5 KATAGORI YAITU :
1. KEGIATAN MAHA (BUSSINESS SYSTEMS) 2. SAINS (SCIENTIFIC SYSTEM) 3. PRODUKSI ATAU PABRIKASI (PRODUCTION / MANUFACTURERING SYSTEM) 4. PENGAMBILAN KEPUTUSAN (DECISICION MAKER) 5. KATAGORI LAINNYA - PENDIDIKAN - GAMES - KEUANGAN . DLL. Pengantar Teknologi Informasi

13 BEBERAPA CONTOH PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT.
APLIKASI KOMPUTER DALAM MASYARAKAT BEBERAPA CONTOH PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT. PENDIDIKAN. KEUANGAN. PEMERINTAHAN / E-GOV. KESEHATAN. ILMU PENGETAHUAN. PENERBITAN, BISNIS. TRANSPORTASI. INDUSTRI. DLL Pengantar Teknologi Informasi

14 Contoh Aplikasi komputer Bisnis sebagai berikut :
Dalam Sistem Bisnis, Komputer diorientasikan untuk melaksanakan fungsi-fungsi Operasional perusahaan, Intensif data dan pengolahan data yang berulang-ulang. Contoh Aplikasi komputer Bisnis sebagai berikut : Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Sistem penjualan, Piutang dagang,Transaksi. Dll Sistem Informasi Pemasaran (SIPEM) Sistem Pengelolaan Persediaan (biaya bunga, Barang Gudang, Penyimpanan barang, biaya penyediaan, dan Kerusakan barang) LIFO, FIFO Pengantar Teknologi Informasi

15 Unsur-unsur utama sistem Bisnis adalah sbb :
Program Penyortiran Data dari bentuk masukan yang standart skrining data dikelompokkan, dievaluasi dan diposting dalam file transaksi. File transaksi yang setiap transaksi berisi satu record. File-file transaksi seperti penjualan atau pembayaran kas digunakan untuk memutahirkan file-file induk atau master file. File induk yang berisi saldo, sejarah, informasi latar belakangyang tidak diperlukan dalam pemrosesan seperti alamat pelanggan. Pengantar Teknologi Informasi

16 4. Program pemutahiran file-file induk menye-suaikan data dengan file induknya menurut katagori tertentu (Up Date master list) 5. Program Pengolahan File  mengadministrasi-kan data file induk menambah, menghapus, mengoreksi data yang salah datanya. 6. Program pelaporan (retrive) data dipilih dan menyiapkan informasi yang diperlukan mana-jemen perusahaan. Dilanjutkan hal 17 Pengantar Teknologi Informasi

17 Unsur-unsur utama sistem SCIENTIFIC diorien-tasikan untuk melaksanakan fungsi – fungsi yang berkaitan dengan Penelitian (riset). Klasifikasi sistem-sistem komputer lainnya seperti sistem yang berkaitan dengan Pendidikan, Permainan (games), kecerdasan buatan (AI = Artificial Intellegent), sistem pakar (Expert system) . Pengantar Teknologi Informasi

18 Menurut Perkembangan TEKNOLOGINYA Komputer dibedakan menjadi 4 kelompok :
GENERASI PERTAMA : Menggunakan komponen piranti keras tabung hampa (vacum tube) dan menggunakan bahasa mesin. GENERASI KEDUA : menggunakan transistor (magnetic storega) dan bahasa perakitan ( assembly Language) GENERASI KETIGA : menggunakan rankaian terpadu (Integrated Circuit) Metal Oxide Semi conduktor (MOS), Silicon (Silicon On Savier atau SOS). GENERASI SELANJUTNYA : Menggunakan Chip dengan Integrasi yang sangat kuat (Very Large Scale Integration atau VLSI) Yaitu Chip yang berisi gerbang logika atau lebih dan bahasa tingkat sangat tinggi (very High Level Language) Pengantar Teknologi Informasi

19 Contoh Aplikasi komputer Pendidikan sebagai berikut :
Dalam Sistem PENDIDKAN, Komputer diorientasikan untuk melaksanakan fungsi-fungsi Operasional Administrasi Kantor, Pelayanan dan Pengolahan data yang berulang-ulang. Contoh Aplikasi komputer Pendidikan sebagai berikut : Sistem Informasi Keuangan (SIKEU) Sistem Penggajian, Piutang,Transaksi. Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) Sistem Penerimaan Pegawai, Sistem Kenaikan Pangkat, Karier Pegawai Pensiun, dll. Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Sistem tentang pemrosesan akademik mahasiswa. Pengantar Teknologi Informasi

20 Web Universitas Jember
SISTEM SIAKAD ON LINE UNIVERSITAS JEMBER Pengantar Teknologi Informasi


Download ppt "Apa Itu Komputer ? Apa yang dimaksud dengan SIKLUS Pemrosesan Informasi. Input Proses Output Penyimpanan Komunikasi (INPUT) (OUTPUT ) (PROSES) TEMPAT PENYIMPANAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google