Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI ( )

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI ( )"— Transcript presentasi:

1 DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI (20090720240)
PERMAINAN DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI ( )

2 AYO GANTI KELOMPOK : 10 sampai 50 WAKTU : 5-10 menit
BAHAN : Tanpa bahan TUJUAN Untuk mendemontrasikan bahwa non perlawanan benar benar dapat bekerja dalam mendukung anda. KAPAN DILAKUKAN Hanya dilakukan sebelum istirahat dalam proses Lokakarya.

3 LANGKAH-LANGKAH : Peserta membentuk pasangan dan saling berhadapan sambil berlutut menunjuk satu orang sebagai “A” dan lain sebagai “B”. Pasangan menempatkan tangan mereka terhadap satu sama lain dengan telapak tangan terbuka kedepan. Tanyakan setiap orang untuk mendorong tangan mereka terhadap pasangan mereka dengan tekanan kuat. Katakan “A” pada pasangan untuk “menyerah”(berhenti mendorong maju) kapan saja tanpa memberi peringatan pada “B” . Berganti peran dan mengulangi latihan.

4 TANYA JAWAB : Bagaimana rasanya ketika anda berhenti melawan?
Bagaimana rasanya ketika anda melakukan tekanan terus? Kekuatan atau tekanan yang tidak perlu kadang kadang bisa menjadi kontraproduktif. Dapatkah Anda memikirkan beberapa contoh Alam kehidupan terjadi sehari hari ketika hal ini terjadi.

5 MENYEBUTKAN WARNA LAYAR
KELOMPOK : 10 sampai 20 WAKTU : 5 sampai 10 menit BAHAN : warna-warna kertas TUJUAN Untuk menghafal warna-warni (berlatih membaca) KAPAN DILAKUKAN Kapan saja ketika interaksi berkelompok telah melambat

6 LANGKAH-LANGKAH Siapkan kertas warna-warni Tuliskan pada kartu warna berupa tulisan untuk mengecoh peserta Peserta diperintahkan untuk menyebutkan apa yang ditanya sesuai peraturan permainan yang sudah disepakati

7 TANYA JAWAB :  Bagaimana kelompok dalam menyebutkan sesuai tidak?  Siapa yang menyebutkannya cepat?  Bagaimana kesulitan Anda untuk menyebutkan?

8 PETUNJUK BERMAIN PERAN
KELOMPOK : 10 sampai 40 WAKTU : 15 sampai 30 BAHAN : kertas/spidol TUJUAN Menganalisis ketrampilan atau ide KAPAN DILAKUKAN Kapan saja selama acara berkelompok

9 LANGKAH-LANGKAH Jelaskan bahwa ini adalah permainan peran, disini interaksi orang yang bekerja berlatih terlebih dahulu. Siapkan instruksi tertulis yang mengidentifikasikan situasi untuk bermain dan bagian-bagian untuk dimainkan orang yang berbeda/kelompok. Bagikan petunjuk dan berikan waktu tanya jawab yang bertujuan untuk memastikan apa yang diharapkan.

10 TANYA JAWAB  Apa yang anda temukan sulit?  Ketrampilan apa yang anda gunakan?  Apa yang kamu pelajari dari permainan peran?  Apakah permainan peran membantu anda mengembangkan pemahaman yang lebih dalam? Mengapa?

11 BERMAIN KEJAR TEBAK NAMA
KELOMPOK : 5 Sampai 10 WAKTU : 15 Sampai 30 BAHAN : Area bermain membuat garis permainan TUJUAN Untuk menghilangkan kejenuhan dan untuk menemukan solusi baru. KAPAN DILAKUKAN Pada awal sesi pada kesadaran kreativitas.

12 LANGKAH LANGKAH Sebelum permainan dilakukan hompimpa untuk mentukan pemain penjaga. Pemain menentukan nama samaran sebagai pengecoh biar sulit di kenal. Pemain yang menjaga berusaha menangkap musuhnya dan menyebut namanya secara benar dan dan yang ketangkap dan terset namanya menjadi pemain penjaga, dan seterusnya.

13 TANYA JAWAB Apa yang kamu dapatkan dalam permainan ini?  Bagaimana cara untuk mengenali nama dan cara cepat untuk menangkap musuh?

14 JUNGKIR BALIK KELOMPOK : 10 Sampai 30 WAKTU : 3O Sampai 45
BAHAN : Kertas Flip Chart,Kartu dan Spidol. TUJUAN Berguna dalam tahap perencanaan atau pengembangan proses kelompok.

15 LANGKAH LANGKAH : Merumuskan pertanyaan /masalah (misal bagaimana kita bisa meningkatkan cakupan proyek kami? Minta peserta untuk memberikan jawaban /solusi spontan. Kembali merumuskan pertanyaan secara negatif (misal bagaimana kita mengurangi cakupan proyek kami?). Minta peserta untuk memberikan jawaban /solusi spontan (misal mebingungkan staf lapangan kami dengan petunjuk yang tidak jelas). Mendiskusikan jawaban /tindakan dengan “mengubahnya terbalik”. Mengembangkan alternatip yang paling realitas terhadap masalah masalah ini. CATATAN Jika kelompok nya besar, bagilah menjadi kelompok kelompok kecil.

16


Download ppt "DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI ( )"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google