Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN & PRAK.PEMROGRAMAN 2

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN & PRAK.PEMROGRAMAN 2"— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN & PRAK.PEMROGRAMAN 2
PEkan KE 2 PEMROGRAMAN & PRAK.PEMROGRAMAN 2

2 MENGENAL IDE BORLAND DELPHI
Delphi menyediakan fasilitas yang lengkap untuk membangun suatu program aplikasi, diantaranya adalah IDE(Integrated Development Environment). IDE Delphi terdiri dari Menu, Speedbar/ toolbar, Component Palette, Object Inspector, object treeview, Form dan Editor Code

3 Menu MENU, adalah sekumpulan perintah di dalam menubar yang terletak di bagian atas window utama. Saat kita membuka Delphi, disediakan sepuluh menu, yaitu File, Edit, Seach, View, Project, Run, Component, Database, Tools dan Help. Masing-masing menu memiliki menu pull down yang berisikan perintah-perintah.

4 speedbar SPEEDBAR, merupakan kelompok tombol yang digunakan untuk mengakses perintah-perintah dalam menu. Perintah-perintah tersebut akan sering digunakan pada saat kita menyusun program aplikasi. Pengelompokan ini akan memudahkan dan menghemat waktu kita untuk mengakses suatu perintah karena kita tidak perlu mencari perintah-perintah tersebut dalam menu pull down yang belum tentu dapat langsung ditemukan.

5 Componen palette COMPONEN PALETTE, sekumpulan tab yang didalamnya tersedia tombol-tombol komponen yang akan dipakai sebagai elemen interface program aplikasi. Delphi menyediakan banyak sekali tab, diantaranya tab Standard, Additional, Data Acces, Data Control, Dialog dan seterusnya. Kita tinggal mengklik judul tabnya untuk beralih dari satu tab ke tab lain

6 Object inspector OBJECT INSPECTOR, merupakan penghubung antara tampilan aplikasi dengan kode program aplikasi, sehingga aplikasi yang kita buat dapat berjalan. Untuk itu komponen- komponen dalam tampilan aplikasi kita harus diatur propertinya terlebih dahulu dan kemudian ditetapkan prosedur-prosedur event handler-nya.

7 Code editor EDITOR CODE, merupakan tempat untuk menulis, memodifikasi dan mengakses kode-kode yang akan menjalankan aplikasi program. Secara otomatis Reserved Word dari Delphi akan dituliskan dengan cetakan tebal (bold), sedangkan baris komentar akan ditulis miring (italic) dan berwarna biru. Baris komentar ditulis diantara kurung kurawal buka ({) dan kurung kurawal tutup (}), atau dengan garis miring ganda (\\) di awal baris komentar.

8 MENGENAL STRUKTUR PROGRAM
PROJECT Program aplikasi yang dibuat dengan Delphi tersimpan sebagai sebuah Project. File project ini yang akan mengkoordinasikan seluruh program aplikasi Delphi. File project akan secara otomatis dibentuk oleh Delphi, dan file ini tersimpan dengan ekstensi *.DPR. Dalam sebuah aplikasi hanya terdapat satu file project. Karena itu file ini juga disebut sebagai program utama dari suatu aplikasi. File project berisi unit-unit yang menyusun aplikasi tersebut.

9 program Project1; uses Forms; Unit1 in ‘UNIT1. PAS’ {Form1}; {$R
program Project1; uses Forms; Unit1 in ‘UNIT1.PAS’ {Form1}; {$R*.RES} begin Application.CreateForm(Tform1, Form1); Application.Run ; end.

10 FORM Form adalah sebuah jendela yang merupakan wadah bagi berbagi komponen yang terpasang dalam suatu program aplikasi. Di bawah ini adalah contoh tampilan form. Form berfungsi sebagai tempat bekerja untuk membuat antar muka pengguna, dapat juga berfungsi sebagai kotak dialog dan sebagainya. Pada saat proses perancangan tampilan form dapat diatur melalui halaman Properties dari jendela Object Inspector sedangkan untuk membuat prosedur yang diaktifkan (trigered) dilakukan melalui halaman Events.

11 Form akan tersimpan dalam dua buah file : File Form (
Form akan tersimpan dalam dua buah file : File Form (*.DFM); file ini adalah file binari yang berisi gambar grafis dari form. Semua perubahan yang dilakukan berkaitan dengan tampilan form akan disimpan di file ini. File Unit (*.PAS); file ini adalah file yang menyimpan kode sumber dari file (pascal code file). Disini adalah tempat menuliskan kode-kode event handler, yang menentukan reaksi form beserta komponen-komponennya saat program aplikasi di jalankan.

12 UNIT File unit berisi source kode bagi elemen-elemen aplikasi Delphi yang kita buat. Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa file form .DFM selalu berpasangan dengan satu file unit .PAS. Namun file unit dapat juga sebagai file yang berdiri sendiri, tidak terkait dengan sebuah file form *.DFM. File *.PAS yang berdiri sendiri dapat digunakan oleh beberapa project sekaligus.

13 Sintaks sebuah unit umumnya tampak seperti di bawah ini ;
 unit <nama unit> interface uses <daftar unit-unit> {deklarasi publik} implementation {deklarasi privat} {implementasi prosedur dan fungsi} initialization {kode inisialisasi}

14 KONSEP PENYUSUNAN PROGRAM APLIKASI
3 tahap penyusunan program aplikasi dengan menggunakan Delphi, yaitu : Tahap perancangan interface, meliputi proses pembuatan form dan penetapan komponen- komponen yang akan diletakkan di dalamnya. Tahap penetapan setting properti dari form dan komponen-komponen di dalamnya. Tahap penulisan kode program, untuk menetapkan respon aplikasi terhadap aksi yang dilakukan pemakai.

15 Delphi dapat mengimplementasikan 4 prinsip dasar dari pemrograman berorientasi objek yaitu : 1. Abstraksi Data (Data Abstraction) 2. Enkapsulasi (Encapsulation) 3. Pewarisan (Inheritance) 4. Polimorpisme (Polymorphism)

16 Class & object Sebuah Class mendefinisikan karakteristik abstrak dari sebuah benda (obyek), termasuk karakteristik benda (atribut atau ciri benda) dan perilaku benda tersebut (sesuatu yang bisa dilakukan oleh benda tersebut atau dikenal dengan method atau operasi). Misal objek adalah manusia, secra umum manusia memiliki nama, tinggi, berat dll. Object adalah sebuah instansiasi (instance) khusus dari sebuah class. Contoh : objek yang bernama Irma merupakan sebuah instansiasi dari sebuah class TManusia.

17 Abstraksi Data (Data Abstraction)
Abstraksi adalah penyederhanaan dari kenyataan yang kompleks dengan memodelkan class sesuai dengan masalah yang dihadapi. Jadi astraksi data bisa berarti bahwa memodelkan suatu benda dengan mewakilkan karakteristiknya dengan suatu data. Contoh : Benda seperti manusia bisa diabstraksikan dengan memiliki beberapa atribut seperti tinggi badan, berat badan, warna rambut dan lain-lain.

18 .... TManusia=class {atau TManusia=class(Tobject) karena semua objek adalah keturunan TObject} Nama:String; Tinggi:Integer; Berat:Double; end; TMahasiswa=class(TObject) NIM:String; TempatLahir:String; TanggalLahir:TDate;

19 Enkapsulasi (Encapsulation)
Enkapsulasi berarti membungkus atribut dan method yang digunakan ke dalam class.

20 TOrangIndonesia=class {atau TManusia=class(Tobject) } Nama:String; Tinggi:Integer; Berat:Double; procedure UcapNama; {Method disisipkan bersama atribut dalam sebuah class} end; {Implementasi method UcapNama} procedure TOrangIndonesia.UcapNama; begin writeln(‘Saya adalah ‘+nama); atribut method

21 Pewarisan (Inheritance)
Kemampuan suatu class untuk mewariskan atribut dan perilakunya kepada anak classnya (sub class). Class anak boleh direstruktur programnya sehingga mempunyai atribut dan perilaku tambahan sehingga tidak persis dengan class induknya.

22 Polimorpisme (Polymorphism)
Polimorpisme memperbolehkan anda untuk memperlakukan anggota(member) suatu class yang merupakan class turunan sebagai anggota class induknya.

23 Jepang, wahyu crew Turki, fisma crew Mesir, dwiki crew Arab Saudi, anam crew Indonesia, nurul crew

24 Kerja tim SETIAP TIM memilih; 1 orang sebagai ambassador/duta besar, 1 orang sebagai menteri sosial, sedangkan sisanya adalah people/rakyat.

25 Ambassador??

26 MENSOS?? Notulensi dll yang berkaitan dengan kerja sosial pada tim nya

27 1 Lakukan Identifikasi kesamaan dan perbedaan property dan event Minimal 5 Component pada Tab Standar, tampilkan hasilnya dalam bentuk tabel ? Objek Properties Value Of Properties Prosedur Lewat Event

28 2 Berikan hasil analisa terhadap pengamatan perbedaan dan kesamaan yang telah di lakukan ?

29 3 bandingkan kelebihan dan kekurangan antara bahasa Pemrograman delphi dengan pemrograman lainnya. berdasarkan diskusi pengalaman dari anggota tim

30 Presentasikan

31 procedure Tfrmhello1.btnHello1Click(Sender: TObject); begin
Buatlah program aplikasi sederhana dengan menggunakan komponen-komponen dan ketentuan berikut.   procedure Tfrmhello1.btnHello1Click(Sender: TObject); begin MessageDlg ('Hello guys',mtInformation,[mbOK],0); Close ; // atau application.terminate; end;

32 2 Buat aplikasi baru (File-New-Application) dengan form baru frmHello2 seperti yang sudah dijelaskan. procedure TFrmHello3.BtnHello3Click(Sender: TObject); begin LblHello3.Caption :='Selamat Datang di Delphi'; BtnHello3.Caption :='Hide Me'; end;

33 3 Aktifkan form1 dan pilih event onclick lalu ketikkan kode berikut ini pada code editor: Color:=claqua;

34 4 Buat aplikasi baru (File-New-Application) dengan form baru frmUbah seperti yang sudah dijelaskan.

35 Button1 procedure TFrmUbah.BtnDoClick(Sender: TObject); begin FrmUbah.Caption:=EInputan.text; end; Button2 procedure TFrmUbah.BtnUbahClick(Sender: TObject); frmubah.Color:=clgreen; Button3 procedure TFrmUbah.BtnBatalClick(Sender: TObject); frmubah.Caption:='Mengubah Form'; frmubah.Color:=clbtnface; einputan.Text:=’ ’;

36 TUGAS Buatlah Aplikasi Sederhana sesuai dengan kreasi anda dengan ketentuan minimal menggunakan 6 komponen pada tab standar

37 Buatlah program yang terdiri atas 4 buah button, apabila button 1 ditekan maka warna dari form akan berubah menjadi warna hitam sedangkan jika button 2 ditekan form akan berubah menjadi warna merah, apabila button 3 ditekan keluar jendela pesan berisi text “PROGRAM DELPHI PERTAMAKU” dan button 4 yang apabila ditekan maka program akan selesai. NB: akan di nilai pada pertemuan selanjutnya.


Download ppt "PEMROGRAMAN & PRAK.PEMROGRAMAN 2"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google