Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 : Pengantar RPL

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 : Pengantar RPL"— Transcript presentasi:

1 Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 : Pengantar RPL
Ahmad Farisi, S. Kom

2 INTRODUCTION Ahmad Farisi, S. Kom Pendidikan Universitas Sriwijaya
Fakultas Ilmu Komputer Teknik Informatika

3 LITERATUR

4 LITERATUR

5 LITERATUR

6 LITERATUR

7 WATCH THIS

8 LET’S BEGIN

9 REKAYASA Apa itu rekayasa ?

10 REKAYASA adalah ... Proses merencanakan Proses menciptakan
Proses memanipulasi Dan lain-lain

11 REKAYASA apa ... Cinta Kejahatan Perangkat Lunak

12 Pernah lihat ini ? rekayasa rekayasa

13 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Proses merencanakan Proses menciptakan Proses memanipulasi Dan lain-lain PERANGKAT LUNAK

14 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
adalah penetapan dan penggunaan prinsip-prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak ekonomis yang dapat diandalkan dan bekerja secara efektif dan efisien. (Pressman, 2005)

15 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Fungsinya penetapan dan penggunaan prinsip-prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak ekonomis yang dapat diandalkan dan bekerja secara efektif dan efisien. (Pressman, 2005)

16 EFISIEN vs EFEKTIF EFEKTIF Do the right things EFISIEN
Do the things right

17 KARAKTERISTIK PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk yang klasik Perangkat lunak tidak pernah usang Sebagian besar perangkat lunak dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit dari komponen yang sudah ada Pressman, 2005

18 KOMPONEN PERANGKAT LUNAK
Bentuk Bahasa Terbagi menjadi 3, yaitu : High Level, contoh Java, Basic, Pascal, Cobol, Fortran Middle Level, contoh C, C++ Low Level, contoh Bahasa Assembly

19 KOMPONEN PERANGKAT LUNAK

20 KOMPONEN PERANGKAT LUNAK
Bentuk Translator Terbagi menjadi 3, yaitu : 1. Interpreter Menerjemahkan dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah secara satu persatu 2. Compiler Menerjemahkan secara keseluruhan, proses lebih cepat dari interpreter. 3. Assembler Menerjemahkan bahasa rakitan ke bahasa mesin

21 KOMPONEN PERANGKAT LUNAK

22 KOMPONEN PERANGKAT LUNAK
Bentuk Mesin

23 RAGAM PERANGKAT LUNAK Dari sudut pandang antarmuka, maka perangkat lunak terbagi atas : PERANGKAT LUNAK CONSOLE PERANGKAT LUNAK GUI

24 PERANGKAT LUNAK CONSOLE

25 PERANGKAT LUNAK GUI

26 RAGAM PERANGKAT LUNAK Dari sudut pandang pengguna, maka perangkat lunak terbagi atas : PERANGKAT LUNAK BERBASIS DESKTOP PERANGKAT LUNAK BERBASIS WEB

27 PERANGKAT LUNAK BERBASIS DESKTOP

28 PERANGKAT LUNAK BERBASIS WEB

29 KESALAHAN PERANGKAT LUNAK
Istila-istilah yang akan ditemukan dalam kesalahan perangkat lunak adalah : Defect Error Bug Failure

30 ERROR, DEFECT, BUG, FAILURE
“A mistake in coding is called error ,error found by tester is called defect,  defect accepted by development team then it is called bug ,build does not meet the requirements then it is failure.”

31 LINE OF CODE adalah suatu teknik pengukuran besar perangkat lunak dengan cara menghitung jumlah baris kode program yang ada

32 LINE OF CODE Berapa Baris ???

33 LINE OF CODE Dengan menghitung jumlah baris dari source code, metode Line of Code ini tidak efektif untuk mengukur kualitas software. Kekurangan metode Line of Code yang paling fatal adalah : Relatif terhadap bahasa pemprograman dan gaya pengkodean programer. Line of Code tidak bisa ditentukan sebelum proyek pengembangan menyelesaikan tahapan implementasi (pengkodean).

34 LINE OF CODE Dengan berkembangnya bahasa pemprograman Object-Oriented, dimana membuat suatu program yang terdiri dari berbagai object yang saling berinteraksi metode Line of Code jelas sulit untuk diterapkan.

35 SEKIAN


Download ppt "Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 : Pengantar RPL"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google