Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

simdig langkah langka membuat PDF / E_BOOK

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "simdig langkah langka membuat PDF / E_BOOK"— Transcript presentasi:

1 Disusun Oleh => GILANG PURNAMA => AHMAD BARORI

2 Ebook adalah singkatan dari electronik book. Atau jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi buku elektronik. Ebook adalah sebuah buku panduan dalam versi digital, di mana buku tersebut dapat dibuka melalui perangkat elektronik. Contoh alat elektronik: komputer, gadget, hanphone dll. Nah, sebenarnya ebook sama saja dengan buku-buku biasanya. Hanya saja ebook tidak lagi menggunakan lembaran-lembaran kertas untuk menyusunnya menjadi satu buku yang utuh. Sebab, ebook disusun menggunakan teks atau gambar yang berupa digital.

3 Ebook berfungsi seperti buku-buku lainnya, di mana fungsi utamanya adalah sebagai media pembelajaran (untuk mencari ilmu dari ebook atau berbagi ilmu ke ebook). Anda bisa mendapatkan banyak sekali ilmu- ilmu dari ebook yang telah dibuat oleh banyak orang. Dan ebook tersebut bahkan ada yang dibagikan secara gratis dengan berbagai jenis ebook. Anda juga bisa berbagi tentang ilmu Anda melalui ebook. Misalnya: Anda memiliki keahlian tentang servis komputer. Nah, Anda bisa membuatebook tentang tutorial komputer dan menjualnya atau membagikannya secara gratis di internet. Untuk ebook tentang tutorial servis atau belajar komputer, contohnya bisa dilihat seperti pada banner di bawah ini. Monggo diklik.

4 Tentu, setiap alat yang baru itu akan membawa banyak kelebihan dibanding alat yang lama. Sama halnya dengan ebook yang juga membawa beberapa kelebihan dibanding buku biasa. Apa kelebihannya?

5 Ebook, untuk mendapatkannya lebih mudah dibanding Anda mendapatkan buku biasa. Dengan duduk di depan komputer atau gadget secara online, dalam waktu yang tidak terlalu lama pun Anda bisa mendapatkan ebook yang Anda inginkan. Sebab ebook bisa juga Anda download secara gratis di internet. Namun bagi ebook yang dijual, tentunya masih akan ada proses pembayaran lagi yang harus Anda lakukan. Dan ini terkadang memerlukan waktu lagi. Tapi, tetap saja waktu itu tidak selama jika Anda harus pergi ke toko buku yang jauh, misalnya berjarak ratusan kilo meter dari kampung Anda.

6 Berbeda dengan pembuatan buku biasa, ebook sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat ebook seperti aplikasi pembuka pdf, dan lain-lain. Mengapa mudah membuatnya? Pertama, Anda bisa membuatnya di mana pun Anda pergi (asalkan ada media seperti laptop dll) Kedua, jika ada kesalahan dalam ebook, Anda bisa memperbaiki kesalahan tersebut dengan cara mengeditnya. Ini tidak akan bisa dilakukan jika Anda telah mencetak buku biasa. Masalah biaya, tentunya untuk membuat ebook jauh lebih hemat. Anda hanya perlu komputer atau laptop, aplikasi gratis, dan koneksi internet yang cukup. Ebook pun bisa Anda gandakan sebanyak mungkin tanpa batasan, dan tanpa biaya lagi seperti kertas, tinta, dll.

7 Ukuran ebook yang kecil, memberi kelebihan tersendiri bagi penggunannya. Anda tidak perlu lagi membuat ruangan khusus untuk menyimpan buku- buku Anda. Sebab ebook bisa disimpan di dalam berbagai media penyimpanan seperti flashdisk, memory card, harddisk eksternal dll. Dan Anda pun dengan mudah membawanya ke mana-mana. Jika Anda mudah membawanya ke mana-mana, maka dengan menyimpannya di perangkat mobile seperti laptop dan gadget, berarti Anda pun dengan mudah juga membacanya di mana pun. Meskipun tidak terkoneksi dengan internet.

8 Ebook, tidak perlu Anda rawat layaknya buku yang harus disimpan dan dijaga dari kerusakan. Ebook tidak akan kotor, jadi tidak perlu Anda bersihkan setiap saat. Ebook tidak di makan rayap, tidak basah, tidak sobek dll. Sebab ebook dalam bentuk digital.

9 Cara Buat Buku Digital Menggunakan Sigil - Buku digital adalah bentuk digital dari buku cetak. Buku digital merupakan buku elektronik, atau biasa disebut kebanyakan orang e-book. Fungsi dari buku digital antara lain: salah satu alternatif media pembelajaran dan sebagai media informasi. Adapun tujuan dari perkembangan buku digital, antara lain:  Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi,  Melindungi informasi yang disampaikan.  Mempermudah proses memahami materi ajar.

10  Untuk membuat buku digital, tentunya diperlukan aplikasi pembuat buku digital. Aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat buku digital ialah Sigil. Pada artikel kali ini, Jodi akan memberikan tutorial cara membuat buku digital dengan bantuan software Sigil. Yuk, langsung saja!  1. Siapkan materi yang akan dibuat menjadi buku digital. Buka microsoft word, lalu paste materi ke lembar baru di Word. Setelah itu, Save As materi dalam format Web Page, Filtered (HTML). Sebelum di Save As, alangkah baiknya materinya dirapikan terlebih dulu.  2. Pastikan dekstop teman sudah terinstall aplikasi Sigil versi terbarunya, v Bagi teman yang belum mempunyai Sigil, Downloadnya versi terbaru ya, nggak semua laptop berhasil install aplikasi Sigil versi lain (lama).  3. Jika aplikasi berhasil diinstall, buka aplikasi Sigil, klik berkas » lalu pilih buka » pilih materi tadi yang telah disimpan dalam bentuk HTML. Untuk mempercepat, bisa langsung klik Ctrl+O => pilih materi.

11

12  4. Untuk memperjelas buku digital, di mana ada yang namanya daftar isi. Untuk membuat daftar isi, kita perlu merapikan isi materi kita. Seperti menambahkan tag H1, H2, H3, dan OL dan lain- lainnya sesuai keinginan. Setelah semua rapi, klik Alat » Daftar Isi » Menghasilkan Daftar Isi (untuk mempercepat klik Ctrl+T).  Jika muncul banner, klik Ok untuk melanjutkan pembuatan Daftar Isi.

13

14  5. Selain pentingnya daftar isi dalam buku digital, cover juga diperlukan, agar tampilan buku digital yang kita buat menarik. Untuk membuatnya klik kanan pada images lalu tambah berkas ada yang ada. Setelah gambar ditambahkan, klik kanan pada gambar yang baru saja dimasukkan, arahkan cursor ke tambahkan semantik » klik Gambar sampul.  Selain menambahkan daftar isi dan gambar sampul (cover), teman juga dapat menambahkan gambar, audio, video ke dalam materi. Silakan di coba sendiri ya..  6. Selanjutnya, simpan (Ctrl+Shift+S) dalam bentuk.epub. Selesai, buku digital berhasil di buat :D Oia, untuk membaca file.

15

16

17

18


Download ppt "simdig langkah langka membuat PDF / E_BOOK"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google