Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mata Kuliah: Kawasan Penelitian Dalam Teknologi Pendidikan Dosen: Dr. Khaerudin, M.Pd.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mata Kuliah: Kawasan Penelitian Dalam Teknologi Pendidikan Dosen: Dr. Khaerudin, M.Pd."— Transcript presentasi:

1 Mata Kuliah: Kawasan Penelitian Dalam Teknologi Pendidikan Dosen: Dr. Khaerudin, M.Pd

2 PENGERTIAN KARAKTERISTIK JENIS-JENIS LANGKAH- LANGKAH KELEBIHAN - KEKURANGAN CONTOH

3 PENGERTIAN STUDI KASUS Bogdan dan Bikien (1982) studi kasus merupakan pengujian secara rinci terhadap satu latar atau satu orang subjek atau satu tempat penyimpanan dokumen atau satu peristiwa tertentu. Surachmad (1982) membatasi pendekatan studi kasus sebagai suatu pendekatan dengan memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan rinci.

4 PENGERTIAN STUDI KASUS Studi kasus (case studi) merupakan penelitian tentang suatu “kesatuan sistem”. Kesatuan ini dapat berupa program, kegiatan, peristiwa, atau sekelompok individu yang terkait dengan tempat, waktu atau ikatan tertentu. Studi kasus adalah penelitian yang diarahkan untuk mengumpul data, mengambil makna dan memperoleh pemahaman dari kasus tersebut. Kasus tersebut sama sekali tidak mewakili populasi dan/atau bukan sebuah kesimpulan dari populasi.

5 KARAKTERISTIK STUDI KASUS MENEMPATKAN OBYEK PENELITIAN SEBAGAI KASUS. MEMANDANG KASUS SEBAGAI FENOMENA YANG BERSIFAT KONTEMPORER. DILAKUKAN PADA KONDISI KEHIDUPAN SEBENARNYA. MENGGUNAKAN BERBAGAI SUMBER DATA. MENGGUNAKAN TEORI SEBAGAI ACUAN PENELITIAN. Yin (2003, 2009); Van Wynsberghe dan Khan (2007); dan Creswell (2003, 2007)

6 JENIS-JENIS STUDI KASUS PENELITIAN STUDI KASUS MENDALAM; PENELITIAN STUDI KASUS INSTRUMENTAL; PENELITIAN STUDI KASUS JAMAK; Stake (2005); berdasarkan karakteristik dan fungsi kasus. PENELITIAN STUDI KASUS KESEJARAHAN PENELITIAN STUDI KASUS OBSERVASI PENELITIAN STUDI KASUS SEJARAH HIDUP PENELITIAN STUDI KASUS KEMASYARAKATAN PENELITIAN STUDI KASUS ANALISIS SITUASI PENELITIAN MIKROETHNOGRAFI Secara Umum

7 Scenario Stake (2005) membagi penelitian studi kasus berdasarkan karakteristik dan fungsi kasus. LANGKAH-LANGKAH STUDI KASUS  PEMILIHAN KASUS  PENGUMPULAN DATA  ANALISIS DATA  PERBAIKAN (REFINEMENT)  PENULISAN LAPORAN

8 KELEBIHAN STUDI KASUS Studi kasus mampu mengungkap hal-hal yang spesifik, unik dan hal-hal yang amat mendetail yang tidak dapat diungkap oleh studi yang lain. Studi kasus mampu mengungkap makna di balik fenomena dalam kondisi apa adanya atau natural. Studi kasus tidak sekedar memberi laporan faktual, tetapi juga memberi nuansa, suasana kebatinan dan pikiran- pikiran yang berkembang dalam kasus yang menjadi bahan studi yang tidak dapat ditangkap oleh penelitian kuantitatif yang sangat ketat.

9 KEKURANGAN STUDI KASUS Dari kacamata penelitian kuantitatif, studi kasus dipersoalkan dari segi validitas, realiabilitas dan generalisasi. Namun studi kasus yang sifatnya unik dan kualitatif tidak dapat diukur dengan parameter yang digunakan dalam penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk mencari generalisasi.

10 CONTOH STUDI KASUS Dalam penelitian ini yang diteliti hanya satu subjek yaitu penyalahgunaan narkoba oleh anak bungsu, tapi penelitian dilakukan lebih mendalam berfokus pada karakteristik dari anak bungsu. Faktor yang diteliti misalnya latar belakang keluarga, lingkungan sosial, sifat khusus anak bungsu dan perlakuan dalam keluarga. Seorang dokter atau psikolog melakukan penelitian untuk mengetahui mengapa remaja yang terlibat penyalahgunaan narkoba banyak dialami oleh anak bungsu.

11 RANGKUMAN Penelitian studi kasus merupakan pengujian secara rinci terhadap satu latar, orang, subjek, tempat atau peristiwa tertentu yang diteliti secara mendalam. Karakteristik; (1) menempatkan obyek penelitian sebagai kasus, (2) memandang kasus sebagai fenomena yang bersifat kontemporer, (3) dilakukan pada kondisi kehidupan sebenarnya, (4) menggunakan berbagai sumber data, (5) menggunakan teori sebagai acuan penelitian. Langkah yang harus kita lakukan agar proses penelitian menjadi baik yaitu pemilihan kasus – pengumpulan data – analisis data – perbaikan – penulisan laporan.

12 Terima Kasih

13 SOAL : 1.Jelaskan pengertian penelitian studi kasus 2.Tuliskan karakteristik studi kasus 3.Contoh judul studi kasus


Download ppt "Mata Kuliah: Kawasan Penelitian Dalam Teknologi Pendidikan Dosen: Dr. Khaerudin, M.Pd."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google