Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CORPORATE ACTION Disusun Oleh: Wahyu Ari K 14440800 Nika Fitriana 14440917.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CORPORATE ACTION Disusun Oleh: Wahyu Ari K 14440800 Nika Fitriana 14440917."— Transcript presentasi:

1 CORPORATE ACTION Disusun Oleh: Wahyu Ari K Nika Fitriana

2 Pengertian Corporate Action Suatu kegiatan yang dilakukan oleh emiten secara sadar dan mempengaruhi harga saham yang cukup material. Misalnya: emiten membagikan dividen saham, saham bonus, pembayaran bunga kupon obligasi, stock split, warrant, right issue, redemption, dan lain sebagainya.

3 Jenis - Jenis Corporate Action Di bagi menjadi 9 kategori : 1.Pembayaran Kupon Obligasi 2.Pembayar Deviden 3.Distribusi Cadangan Modal 4.Retrukturisasi Ekuitas 5.Retrukturisasi Hutang Ekuitas 6.Pelunasan Obligasi 7.Penambahan Modal 8.Reorganisasi Struktur Perusahaan 9.Pemberitahuan oleh Emiten

4 Dampak Corporate Action bagi Pemegang Saham Umumnya corporate action memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepentingan pemegang saham, karena corporate action yang dilakukan emiten akan berpengaruh terhadap jumlah saham yang beredar, komposisi kepemilikan saham, jumlah saham yang akan dipegang pemegang saham, serta pengaruhnya terhadap pergerakan harga saham. Dengan demikian, maka pemegang saham harus mencermati dampak atau akibat corporate action tersebut sehingga pemegang saham akan mendapatkan keuntungan dengan melakukan keputusan atau antisipasi yang tepat

5 Pengertian Saham Bonus adalah saham saham baru yang dikeluarkan untuk para pemegang saham lama. Saham bonus merupakann distribusi saham baru untuk para pemegang saham sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan perusahaan. Saham yang diberikan secara cuma-cuma oleh emiten kepada pemegang saham yang berasal dari kapitalisasi Agio Saham atau cadangan modal lainnya.

6 Syarat Penberian Saham Bonus  Masih cukupnya jumlah modal dasar dan jumlah saham dalam potepel untuk peningkatan saham dari saham bonus. Jika tidak mencukupi maka emiten harus menaikkan terlebih dahulu modal dasar dan jumlah saham poretepelnya  Memiliki saldo agio yng cukup untuk dibagikan dalam bentuk saham bonus  Di setujui oleh RUPS.  Harga teoritis setelah penerbitan saham bonus tidak boleh lebih rendah dari Rp 100 (Harga teoritis adalah perkiraan harga suatu saham pada saat pembukaan saat ex-date sesudah saham bonus dibagikan).  Ketentuan lain yang berkaitan dengan pelaksanaan pembagian saham bonus adalah peraturan BAPEPAM No IX.D.5

7 Pengertian Pemecahan Saham ( Stock Split ) Pemecahan Saham adalah pemecahan jumlah lembar saham menjadi jumlah lembar yang lebih banyak dengan menggunakan nilai nominal yang lebih rendah per lembar sahamnya secara proporsional. Misalkan perusahaan A melakukan stock spit 1 : 5 ( 1 split jadi 5 atau stock split dengan rasio 1 banding 5 ). Aksi stock split tersebut mengakibatkan : Jumlah saham beredar meningkat 5 kali lipat Harga saham ( dan nilai nominal ) menciut 5 kali Total nilai saham ( dan nilai nominal ) adalah tetap.

8 Ilustrasi 1 tentang pengertian Stock split Gambar berikut memberikan visualisasi tentang pengertian stock split. Bayangkan anda menukar uang pecahan Rp 5000 dengan pecahan Rp 1000 Pengertian stock split adalah seperti kita menukar uang menjadi pecahan kecil. Lembarnya bertambah tapi nilainya tetap.

9 Tujuan Pemecahan Saham Menurut Magdalena Nany (2005), pada umumnya perusahaan melakukan stock split untuk menambah jumlah saham yang beredar dengan menjadikan harga saham lebih murah sehingga dapat menarik minat investor dan saham perusahaan menjadi lebih likuid diperdagangkan di bursa saham. Tujuan umum yang diperoleh dari stock split adalah penurunan harga saham yang selanjutnya menambah daya tarik untuk memiliki saham tersebut sehingga membuat saham lebih likuid diperdagangkan dan mengubah investor add lot menjadi round lot. Add lot adalah kondisi dimana investor membeli saham dibawah 500 lembar (1 lot), sedangkan round lot adalah investor yang membeli saham minimal 500 lembar (1 lot).

10 Pengertian Right Issue "Right issue" adalah aksi korporasi yang dalam bahasa Indonesia disebut Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).karena emiten mengeluarkan saham baru dalam rangka penambahan modal perusahaan dengan terlebih dahulu ditawarkan kepada pemegang saham saat ini. Dengan demikian, pemegang saham memiliki preemptive right atau hak memesan efek terlebih dahulu atas saham-saham baru tersebut.

11 Dampak Right Issue Terhadap perubahan Nilai Saham Right issue tidak selalu menurunkan indeks harga saham tersebutkadang-kadang indeks juga dapat naik tergantung pada reaksi pasar apakah bersifat positif atau negatif.

12 Kesimpulan  Corporate Action adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh emiten secara sadar dan mempengaruhi harga saham yang cukup material jenis –jenisnya yaitu : pembayaran kupon oblogasi,pembayaran deviden,distribusi candangan modal,cadangan modal,dll  Saham Bonus adalah saham saham baru yang dikeluarkan untuk para pemegang saham lama. Saham bonus merupakann distribusi saham baru untuk para pemegang saham sebagai bentuk reward atas keberhasilan perusahaan.  Pemecahan Saham (Stock split) Stock split atau pemecahan saham adalah pemecahan jumlah lembar saham menjadi jumlah lembar yang lebih banyak dengan menggunakan nilai nominal yang lebih rendah per lembar sahamnya secara proporsional.  Rright Issue Right issue merupakan hak pembeli saham tambahan yang dilakukan oleh perusahaan dengan cara memesan terlebih dahulu dengan harga yang telah ditentukan sebelumnya untuk tanggal tertentu.

13 TERIMAKASIH


Download ppt "CORPORATE ACTION Disusun Oleh: Wahyu Ari K 14440800 Nika Fitriana 14440917."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google