Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEJARAH & TEORI ARSITEKTUR II Arsitektur Modern Di Amerika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEJARAH & TEORI ARSITEKTUR II Arsitektur Modern Di Amerika."— Transcript presentasi:

1 SEJARAH & TEORI ARSITEKTUR II Arsitektur Modern Di Amerika

2 TUJUAN INSTRUKTUSIONAL KHUSUS Mahasiswa mampu menjelaskan Arsitektur Modern di Amerika

3 Arsitektur Modern Di Amerika LOUIS HENRY SULLIVAN ( )  DILAHIRKAN DI BOSTON, ALUMNI MIT DAN ECOLE DE BEAUX ARTS. ADLER & SULLIVAN  BERSAMA DANKMAR ADLER MEMBENTUK BIRO ARSITEK BERNAMA ADLER & SULLIVAN TAHUN  MEMILIKI KEPRIBADIAN YANG MEMILIKI WAWASAN KEDEPAN.  SUKAR DIAJAK KOMPROMI TETAPI TIDAK ADA YANG MENYANGKAL HASIL PEMIKIRANNYA.

4 Louis H.Sullivan   AKTIF DALAM MENULIS TERUTAMA TEORI- TEORI KEINDAHAN YANG BERKAIT DENGAN ARSITEKTUR.   MENCIPTAKAN BENTUK-BENTUK ARSITEKTUR BEBAS LEPAS DARI KAIDAH-KAIDAH KLASIK (HISTORIC STYLE).   DIKTUM YANG PALING TERKENAL ADALAH “FORM FOLLOWS FUNCTION“ (BENTUK MENGIKUTI FUNGSI).

5 Louis H.Sullivan   SULLIVAN ADALAH SEORANG RASIONALIS DAN EVOLUSIONIS.   FUNGSI TIDAK MENGHASILKAN BENTUK SECARA MEKANISTIS TETAPI SECARA ORGANIK DAN EVOLUSIONIS.   FUNGSI SEBAGAI KEKUATAN YANG RASIONAL DAN SETIAP OBJEK YANG ADA DI BUMI ADALAH EKSPRESI POKOK DARI FUNGSI.   SULLIVAN MEMANDANG ARSITEKTUR SEBAGAI SENI DAN SEBAGAI SESUATU YANG HIDUP TUMBUH DAN BERKEMBANG.

6   ARSITEKTUR BAGI SULLIVAN MERUPAKAN KEKUATAN ALAMI, DOKTRIN YANG BERKEMBANG SEIRING DENGAN TUMBUHNYA KREATIVITAS INDIVIDU.   BANGUNAN MERUPAKAN GAMBARAN DUA KEKUATAN YANG SELALU BEREVOLUSI.   YAITU KEKUATAN MECHANOMORPHIC (MEMBEBASKAN DIRI DARI LANGGAM HISTORIS) DAN BIOMORPHIC (PENYELESAIAN YANG BERSIFAT ORGANIC) UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN MANUSIA.  MARSHALL FIELD STORE KARYA RICHARDSON.  SALAH SATU KARYA ARSITEKTUR YANG BANYAK MEMPENGARUHI SULLIVAN ADALAH MARSHALL FIELD STORE KARYA RICHARDSON. Louis H.Sullivan

7 MARSHALL FIELD STORE 1885 Henry Hobson Richardson

8 Auditorium Building ( )  CONTOH HASIL KARYA SULLIVAN BERSAMA DENGAN ADLER ADALAH AUDITORIUM BULDING ( ).  MENJADI SALAH SATU LANDMARK ARSITEKTUR KOTA CHICAGO.  GEDUNG YANG BERFUNGSI SEBAGAI PUSAT KEBUDAYAAN.  MEMPUNYAI KEGIATAN KOMERSIL BERUPA KANTOR, HOTEL, RUANG PERTEMUAN DAN TEATER.

9 Auditorium Building

10

11

12  KARYA SULLIVAN YANG LAIN ADALAH SCHLEISINGER AND MEYER STORE, KEMUDIAN DISEBUT THE CARSON – PIRIE SCOTT DEPARTMENT STORE ( ).  PEMBANGUNANNYA DIMULAI TAHUN 1899, DENGAN RENCANA AWAL 9 LANTAI, PADA TAHUN 1903 MASIH DIADAKAN PENAMBAHAN 3 LANTAI LAGI.  PADA BAGIAN BAWAH BANGUNAN PENUH DENGAN ORNAMEN ART NOUVEAU. The Carson-Pirie Scott Departement Store

13

14  DENAH SEGI EMPAT DENGAN DERETAN KOLOM DAN BALOK YANG MEMANJANG DAN MEMBUJUR.  TERLETAK PADA SUDUT JALAN DAN SULLIVAN MEMBERIKAN PENEKANAN PADA BAGIAN SUDUT BANGUNAN.  PENEKANAN OLEH SULLIVAN PADA BAGIAN BAWAH BANGUNAN YANG TERDIRI DARI DUA LANTAI YANG DINDING TIRAINYA TERBUAT DARI BESI TUANG.  BERBENTUK TUMBUHAN YANG TERKESAN EVOLUSIONISTIK DAN TELAH BERHASIL MENGABURKAN MASSA BANGUNAN DENGAN TANAH, SEOLAH-OLAH MENGAMBANG.

15 The Carson-Pirie Scott Departement Store

16

17


Download ppt "SEJARAH & TEORI ARSITEKTUR II Arsitektur Modern Di Amerika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google