Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : GELTRY J. AMBARITA. Transformasi Geometri adalah bagian dari geometri yang membicarakan perubahan, baik perubahan letak maupun bentuk penyajiannya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : GELTRY J. AMBARITA. Transformasi Geometri adalah bagian dari geometri yang membicarakan perubahan, baik perubahan letak maupun bentuk penyajiannya."— Transcript presentasi:

1 Oleh : GELTRY J. AMBARITA

2 Transformasi Geometri adalah bagian dari geometri yang membicarakan perubahan, baik perubahan letak maupun bentuk penyajiannya. Hasil dari transformasi disebut dengan bayangan. Bapak geometri adalah Euclid yang berasal dari Alexandria, Mesir.

3

4

5

6 Pada kendaraan (mobil) TRANSLASI (PERGESERAN) Translasi atau pergeseran adalah suatu transformasi yang memindahkan setiap titik pada sebuah bidang berdasarkan jarak dan arah tertentu.

7 Pada gerakan kupu-kupu

8 REFLEKSI (PENCERMINAN) Refleksi atau pencerminan adalah satu jenis transformasi yang memindahkan setiap titik pada suatu bidang dengan mengggunakan sifat bayangan cermin dari titik-titik yang dipindahkan

9 Pada Pola Batik

10 MARI BERDISKUSI

11 1.Sebuah titik A(10, -8) ditranlasikan berturut-turut dengan T 1 (–1, 2) dilanjutkan T 2 (1,– 12) kemudian dilanjutkan lagi dengan T 3 (–5, –6) dan tentukan koordinat titik banyangan A tersebut setelah ditranslasikan ! 2.Tentukan bayangan titik A(1, -2) dan B(-3, 5) setelah dicerminkan terhadap sumbu x ! 3.Sebuah titik P(10, 5) dicerminkan terhadap sumbu y kemudian dilanjutkan dicerminkan terhadap garis y = x. Tentukan bayangan titik tersebut ! 4.Sebuah lingkaran dengan persamaan x 2 + y 2 – 2x + 2y – 3 = 0 dicermin-kan terhadap garis y = –x. Tentukan persamaan bayangan lingkaran yang terjadi ! MARI BERLATIH

12 Sifat Translasi 1. Objek yang ditranslasikan bentuk dan ukurannya tetap/tidak berubah. 2. Objek yang ditranslasikan posisinya berubah. Sifat Translasi 1. Objek yang ditranslasikan bentuk dan ukurannya tetap/tidak berubah. 2. Objek yang ditranslasikan posisinya berubah.

13 Sifat Refleksi 1. Objek yang direfleksikan bentuk dan ukurannya tetap. 2. Objek yang direfleksikan posisinya berubah. 3. Jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin. Sifat Refleksi 1. Objek yang direfleksikan bentuk dan ukurannya tetap. 2. Objek yang direfleksikan posisinya berubah. 3. Jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin.

14 1.Titik A (5,-2) ditranslasi oleh T (-3, 1). Tentukan koordinat bayangan titik A tersebut! 2.Tentukan bayangan garis y = 3x – 5 oleh translasi T (-2, 1)! 3.Bayangan titik A oleh refleksi terhadap titik (1, -2) adalah titik A’(3, 5). Tentukan koordinat titik A! 4.Tentukan bayangan garis 2x – y = 5 apabila dicerminkan terhadap garis x = -1! 5.Tentukan bayangan garis 2x – y = 5 apabila dicerminkan terhadap garis y = -x! PR

15


Download ppt "Oleh : GELTRY J. AMBARITA. Transformasi Geometri adalah bagian dari geometri yang membicarakan perubahan, baik perubahan letak maupun bentuk penyajiannya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google