Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHASA INDONESIA SURAT LAMARAN PEKERJAAN. Pengertian » permohonan untuk bekerja pada suatu tempat. Memuat: identitas diri (nama lengkap, umur atau tempat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHASA INDONESIA SURAT LAMARAN PEKERJAAN. Pengertian » permohonan untuk bekerja pada suatu tempat. Memuat: identitas diri (nama lengkap, umur atau tempat."— Transcript presentasi:

1 BAHASA INDONESIA SURAT LAMARAN PEKERJAAN

2 Pengertian » permohonan untuk bekerja pada suatu tempat. Memuat: identitas diri (nama lengkap, umur atau tempat dan tanggal lahir, alamat) jabatan yang diinginkan kualifikasi (pendidikan, keahlian, atau pengalaman)

3 Hal-hal yang perlu diperhatikan: Bentuk surat  resmi. Bahasa  baik dan benar. Ditulis tangan  kertas folio bergaris; ditik  kertas HVS ukuran kuarto atau folio.

4 Tulisan  bersih, mudah dibaca, sesuai EYD. Bagian-bagiannya lengkap  hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, nama terang. Alamat sesuai  ke kotak pos, ke biro iklan.

5 Hal-hal yang perlu dilampirkan, a.l.:  Daftar riwayat hidup (Curiculum Vitae-CV).  Fotokopi ijazah terakhir.  Sertifikat-sertifikat.  Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB).

6  Surat keterangan pengalaman kerja.  Surat keterangan berbadan sehat (jika diminta).  Fotokopi KTP/SIM (jika diminta).  Pasfoto.

7 Surat lamaran pekerjaan dapat diajukan berdasarkan: 1.Iklan, contoh pembukanya sbb.: - Setelah membaca iklan yang dimuat dalam harian… tanggal… yang isinya menyatakan bahwa…

8 - Dalam harian… tanggal… saya telah membaca iklan yang menyatakan bahwa PT… membutuhkan… Berkenan dengan hal tersebut, maka… - Memenuhi iklan Bapak/Ibu dalam harian…mengenai keperluan tenaga…, maka....

9 2. Pengumuman resmi dari instansi yang membutuhkan tenaga, contoh pembukanya sbb.: - Berkenaan dengan pengumuman nomor … tanggal… tentang penerimaan karyawan PT…, maka yang bertanda tangan di bawah ini: nama: …… alamat: ……

10 3. Permohonan instansi kepada kepala sekolah, contoh pembukanya sbb.: - Setelah mendapat informasi dari kepala sekolah tentang permohonan tenaga kerja…

11 4. Informasi seseorang, pembukanya sbb.: - Menurut informasi dari Bapak…, perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan seorang…. Sehubungan dengan hal tersebut…

12 5. Inisiatif sendiri, pembukanya sbb.: - Yang bertanda tangan di bawah ini…. dengan ini mengajukan permohonan untuk diterima sebagai karyawan pada….

13 Contoh: Hal: Lamaran Bogor,1 Maret 2006 Yth. Pemasang Iklan Harian Kompas PO BOX 1301 Jakarta Dengan hormat, Setelah membaca iklan yang dimuat dalam

14 harian Kompas tanggal 28 Februari 2006 yang isinya menyatakan bahwa perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan tenaga administrasi, maka yang bertanda tangan di bawah ini: nama : Maulida Meilani tempat, tgl. lahir : Bogor, 2 Mei 1987 alamat : Jl. Nanas 27 Bogor pendidikan : SMK Akuntansi

15 Dengan ini mengajukan permohonan untuk diterima sebagai karyawan sesuai dengan lowongan tersebut. Saya dapat mengoperasikan komputer MS Word, Excel, dan Coreldraw, serta dapat berbahasa Inggris.

16 Saya pun pernah praktik industri selama 6 bulan di bagian administrasi, sehingga kiranya saya dapat memenuhi persyaratan yang Bapak/Ibu tentukan. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan: 1) daftar riwayat hidup, 2) fotokopi ijazah SMK, 3) fotokopi ijazah kursus, 4) fotokopi sertifikat praktik kerja Industri, 5) SKKB, 6) pasfoto.

17 Saya berharap kiranya Bapak/Ibu berkenan menerima saya, dan jika memerlukan wawancara, saya bersedia memenuhinya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih. Hormat saya, Maulida Meilani

18 SURAT BALASAN LAMARAN PEKERJAAN Jenisnya: 1.Panggilan/diterima 2.Penolakan

19 Panggilan, isinya: Kapan harus hadir, di mana, menemui siapa, apa keperluannya/maksudnya, kelengkapan apa yang musti dibawa.

20 Penolakan: Isinya: 1.Ucapan terima kasih atas kiriman surat lamaran. 2.Penyesalan karena belum dapat menerima. 3.Alasan penolakan. 4.Harapan yang membesarkan hati.

21 Yang harus diperhatikan: -Gunakan kata–kata yang tidak menyinggung perasaan. -Ungkapan penolakan lebih terasa halus jika didahului kata maaf, mohon maaf, atau dengan sangat menyesal.

22 -Hindari penggunaan kata ditolak/tidak diterima, ganti dengan yang konotasinya lebih halus: belum dapat kami penuhi, lowongan telah terisi, Anda terlambat mengajukan lamaran, belum ada formasi yang cocok bagi Anda.

23 PT NIRWANA LESTARI Jl. Purnawarman No. 15 Bogor No. : 089/3/0615 Maret 2006 Lamp.: - Hal : Panggilan

24 Yth. Sdr. Maulida Meilani Jl. Nanas No. 27 Bogor Dengan hormat, Setelah kami mempertimbangkan lamaran Saudara, maka kami beritahukan bahwa Saudara diterima sebagai karyawan di kantor kami.

25 Untuk pembicaraan selanjutnya, kami mengharap kehadiran Saudara di kantor pada hari Senin 20 Maret 2006 pukul Pada kesempatan tersebut diharapkan agar Saudara membawa semua ijazah asli dan surat-surat lain yang kami perlukan. Kami menanti kedatangan Saudara. Hormat kami, Dra. Nurdini Kepala Bagian SDM

26 PT NIRWANA LESTARI Jl. Purnawarman No. 15 Bogor No. : 089/3/0615 Maret 2006 Lamp.: - Hal : Lamaran Pekerjaan

27 Yth. Sdr. Maulida Meilani Jl. Nanas No. 27 Bogor Dengan hormat, Kami mengucapkan terima kasih atas surat lamaran Saudara tanggal 1 Maret Namun dengan sangat menyesal, kami belum dapat memenuhi harapan Saudara karena lowongan telah terisi.

28 Mudah-mudahan pada waktu mendatang Saudara akan memperoleh kesempatan. Hormat kami, Dra. Nurdini Kepala Bagian SDM

29 CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN

30 1.Kalimat yang paling tepat sebagai pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan di surat kabar ialah… a. Menurut isi iklan tanggal 4 Agustus 2005 pada harian Jawa Pos, setelah saya baca terdapat lowongan pekerjaan, maka saya….

31 b. Pada harian Jawa Pos terbitan 4 Agustus 2005 mengenai lowongan pekerjaan, maka dengan ini saya… c. Dengan dimuatnya iklan di harian Jawa Pos tanggal 4 Agustus 2005 yang berisi bahwa perusahaan Bapak membutuhkan pegawai....

32 d. Saya merasa tertarik karena berdasarkan iklan yang dimuat dalam harian Jawa Pos tanggal 4 Agustus 2005 yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak membutuhkan pegawai….

33 e. Setelah membaca iklan yang dimuat dalam harian Jawa Pos, 4 Agustus 2005 yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak membutuhkan pegawai….

34 Jawaban: e Pembahasan: Surat lamaran tersebut dibuat setelah kita membaca informasi lowongan pekerjaan yang terdapat dalam iklan surat kabar.

35 2. PT Arta Persada Raksa Jl. Melawai Raya 21 Kebayoran Baru Jakarta Selatan Lokasi RT 02 RW 01 Membutuhkan tenaga sekretaris dengan kriteria: (1) Usia antara 20 s.d. 25 tahun (2) Tamatan SMK (3) Bersertifikat komputer Kirim lamaran segera lewat PO BOX 212 JKS Fak

36 Berdasarkan iklan di atas, alamat yang tepat pada surat lamaran ialah…. a.PO BOX 212 JKS b.RT 02 RW 01 c.PT Arta Persada Raksa d.Jln. Melawai Raya 21 e.PT Arta Persada Raksa Jln. Melawai Raya

37 Jawaban: a Pembahasan: Alamat yang diminta dalam iklan agar surat lamaran dikirimkan lewat alamat PO BOX.

38 3. Perhatikan ilustrasi berikut! Karena saya merasa telah memenuhi semua persyaratan, besar harapan saya untuk diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

39 Penggalan surat lamaran tsb. berisi: a. pembuka b. maksud pelamar c. kualifikasi pelamar d. kesediaan pelamar e. harapan pelamar

40 Jawaban: e Pembahasan: Ilustrasi tersebut berisi harapan pelamar agar diterima di perusahaan tersebut karena merasa sudah memenuhi semua persyaratan.

41 4. Perhatikan penggalan surat lamaran berikut! Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, pasfoto dan contoh-contoh desain yang saya buat. Hormat saya, Adelina Rahmi

42 Kalimat yang tepat untuk menutup surat lamaran tersebut adalah: a.Sekian lamaran saya, tak lupa terima kasih banyak atas penerimaan yang baik terhadap saya. b.Saya berharap Bapak/Ibu berkenan menerima saya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

43 c. Sampai di sini lamaran saya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan beribu terima kasih. d. Sampai di sini dulu perjumpaan kita melalui surat, tak lupa saya sampaikan terima kasih atas penerimaan terhadap saya. e. Sekian lamaran saya, sampai berjumpa kembali pada tes ataupun wawancara selanjutnya.

44 Jawaban: b Pembahasan: Kalimat yang paling tepat sebagai penutup penggalan surat lamaran tersebut adalah b karena kalimatnya resmi.

45 5. Bacalah penggalan surat lamaran pekerjaan berikut dengan saksama! Dengan hormat, Setelah membaca iklan yang dimuat dalam harian Surya, 11 Agustus 2004, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai staf administrasi.

46 Adapun data saya sebagai berikut, nama: Ike Reni Handini umur: 22 tahun pendidikan : SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen alamat: Jetis Kulon VI/G Surabaya

47 Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan pengalan surat lamaran pekerjaan tersebut adalah… Surat lamaran pekerjaan yang ditulis Ike Reni Handini berdasarkan iklan. Iklan lowongan pekerjaan tersebut dimuat dalam harian Surya, edisi 11 Agustus 2004.

48 c.Ike Reni Handini berharap memperoleh pekerjaan sebagai staf administrasi. d. Ike Reni Handini, 22 tahun, berstatus pelajar SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen. e. Ike Reni Handini bertempat tinggal di Jetis Kulon VI/G Surabaya.

49 Jawaban: d Pembahasan: Saat melamar pekerjaan, Ike Reni Handini tidak lagi berstatus sebagai pelajar SMK karena dia sudah lulus dan memiliki ijazah untuk melamar pekerjaan.

50 6. … Saya berpendidikan SMK Teknologi dan Industri (STM) jurusan mesin otomotif `lulusan tahun pelajaran 2002/2003. Selain telah menempuh praktik industri selama 6 bulan di bengkel otomotif Puas, sampai saat ini saya bekerja di bengkel otomotif Puas pada bagian kelistrikan. …

51 Penggalan surat lamaran di atas berisi… a. tujuan penyampaian surat lamaran b. keinginan/harapan posisi yang diterima c. pengalaman praktik industri d. kualifikasi diri pelamar e. penyebutan pihak yang mendukung pelamar

52 Jawaban: d Pembahasan: Pelamar dalam surat tersebut menjelaskan tentang kecakapan (kualifikasi) yang dimiliki. Kecakapan tersebut tidak hanya diperoleh melalui praktik industri tetapi pada saat melamar, dia juga sudah bekerja.

53 7. Kalimat pembuka surat balasan lamaran pekerjaan yang berisi penolakan yang paling santun ialah… a. Ternyata Saudara tidak memenuhi persyaratan kami. Oleh karena itu dengan sangat terpaksa kami menolak lamaran Saudara.

54 b. Dari data pelamar yang sampai ke meja kami, Saudara belum memenuhi kualifikasi tenaga yang kami butuhkan. Oleh karena itu, kami tidak menerima Saudara. c. Lamaran Saudara memenuhi syarat, tetapi banyak pelamar lain yang kualifikasinya di atas Saudara, terpaksa kami belum dapat menerima Saudara setidak-tidaknya pada saat ini.

55 d. Kantor kami belum membutuhkan pelamar baru sehingga lamaran Anda belum bisa dipertimbangkan. e. Atas perhatian Saudara memenuhi tawaran kami, kami ucapkan terima kasih. Akan tetapi kami mohon maaf karena belum dapat memenuhi harapan Saudara.

56 Jawaban: e Pembahasan: Kalimat pembuka surat balasan lamaran pekerjaan yang berisi penolakan yang paling santun  e.

57 8. Demikian pemberitahuan kami, Anda diharap maklum. Jika kalimat di atas digunakan sebagai kalimat penutup surat balasan lamaran pekerjaan yang berisi penolakan, kalimat yang tepat adalah… a. Demikian pemberitahuan kami, kami menunggu Anda untuk mengambil berkas.

58 b. Demikian pemberitahuan kami. Terima kasih atas perhatian Anda. c. Demikian pemberitahuan kami dan terima kasih.

59 d. Demikian pemberitahuan kami, harap menjadi perhatian. e. Demikian pemberitahuan kami, mudah- mudahan pada waktu mendatang Saudara akan memperoleh kesempatan.

60 Jawaban: e Pembahasan: Kalimat penutup surat balasan lamaran pekerjaan tersebut memberikan dorongan kepada pelamar agar tidak terlalu merasa kecewa karena lamarannya ditolak dan memberikan harapan karena di waktu mendatang pelamar akan memperoleh kesempatan.

61 9. Kalimat dalam surat lamaran pekerjaan berikut yang tidak santun adalah… a. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari salah seorang sahabat yang bekerja di perusahaan Bapak bahwa… b. Saya berharap Bapak dapat mengabulkan permohonan yang saya ajukan.

62 c. Setelah Saya membaca iklan di harian Kompas tanggal 21 Mei 2005, dengan ini saya mengajukan surat lamaran untuk…. d. Saya harap Bapak menjawab surat lamaran saya ini secepatnya. e. Harapan saya, Bapak dapat menerima lamaran yang saya sampaikan.

63 Jawaban: d Pembahasan: Kalimat dalam surat lamaran tersebut tidak santun karena isinya memerintah agar surat yang dikirimnya segera mendapat jawaban.

64 10. Kalimat yang benar dan efektif sebagai pembuka surat balasan ialah… a. Dengan ini saya ingin menjawab surat Saudara bertanggal 23 Mei 2005 b. Menanggapi isi surat Saudara tanggal 23 Mei 2005, dengan ini saya sampaikan balasan sebagai berikut.

65 c. Menjawab surat Saudara tanggal 23 Mei 2005, bersama ini saya sampaikan penjelasan sebagai berikut. d. Surat Saudara telah saya terima dengan baik, dan bersama ini saya sampaikan jawaban atas surat Saudara. e. Terima kasih atas surat kiriman Saudara, dan dengan ini saya menjawab isi surat Saudara.

66 Jawaban: c Pembahasan: Kalimat pembuka surat balasan  c karena benar dan efektif.

67 11. Kalimat pembuka balasan surat lamaran kerja yang tidak berisi penolakan di bawah ini adalah… a. Berdasarkan surat lamaran Anda dengan ini, kami beritahukan bahwa tidak ada lowongan. b. Surat lamaran Anda kami terima, namun sampai saat ini belum ada lowongan.

68 c. Dengan ini kami informasikan bahwa pada saat ini perusahaan kami belum membuka pendaftaran pegawai baru. d. Terima kasih atas kepercayaan Saudara kepada perusahaan kami. Namun sayang sekali kesempatan yang ada telah diisi oleh orang lain.

69 e.Berdasarkan surat lamaran Anda yang telah kami terima, kami harap Saudara datang untuk wawancara.

70 Jawaban: e Pembahasan: Jawaban e tidak berisi penolakan tetapi panggilan.


Download ppt "BAHASA INDONESIA SURAT LAMARAN PEKERJAAN. Pengertian » permohonan untuk bekerja pada suatu tempat. Memuat: identitas diri (nama lengkap, umur atau tempat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google