Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MASA REMAJA DEFINISI REMAJA PERKEMBANGAN REMAJA MASALAH YANG DIHADAPI REMAJA CARA MENGATASINYA PROFILPROFIL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MASA REMAJA DEFINISI REMAJA PERKEMBANGAN REMAJA MASALAH YANG DIHADAPI REMAJA CARA MENGATASINYA PROFILPROFIL."— Transcript presentasi:

1 MASA REMAJA DEFINISI REMAJA PERKEMBANGAN REMAJA MASALAH YANG DIHADAPI REMAJA CARA MENGATASINYA PROFILPROFIL

2 PERKEMBANGAN REMAJA

3

4

5

6 Manampakkan pengungkapan kebebasan diri, Dalam mencari teman sebaya lebih selektif, Memiliki citra (gambaran, keadaan, peranan) terhadap dirinya, Dapat mewujudkan persaan cinta, Memiliki kemampuan berfikir khayal atau abstrak.

7

8 Teori psikologis sosial tradisional menganggap bahwa kritis perkembangan pada masa remaja menghasilkan terbentuknya identitas. Pada masa remaja mereka mulai melihat dirinya sebagai individu yang lain. Berfikir kognitif mencapai puncaknya pada kemampuan berfikir abstrak. Remaja tidak lagi dibatasi dengan kenyataan dan aktual yang merupakan ciri periode konkret, remaja juga memerhatikan terhadap kemungkinan yang akan terjadi.

9

10

11

12 MASALAH - MASALAH YANG DIHADAPI REMAJA

13

14 Di masa modern saat ini, merokok merupakan suatu pemandangan yang sudah tidak asing lagi. Kebiasaan merokok dianggap dapat memberikan kenikmatan bagi si perokok, namun di lain pihak dapat menimbulkan dampak buruk bagi si perokok sendiri maupun orang – orang disekitarnya. Berbagai kandungan zat yang terdapat di dalam rokok memberikan dampak negatif bagi tubuh penghisap dan penghirupnya.

15

16

17 Masalah keluarga juga jadi perhatian. Seperti orangtua yang terlalu sibuk sehingga merasa dicuekin, kakak yang nyebelin, adik yang suka bikin kesal, orangtua yang sering berantem,orangtua yang banyak aturan atau perceraian orangtua. Hal yang dialami di rumah seringkali mempengaruhi tindakan di luar rumah. Jika masalah yang dihadapi di rumah sangat besar, kita bisa merasa stres dan berimbas ke menurunnya nilai di sekolah, dan tentunya menimbulkan masalah baru.orangtua perceraian orangtua Masalah keluarga juga jadi perhatian. Seperti orangtua yang terlalu sibuk sehingga merasa dicuekin, kakak yang nyebelin, adik yang suka bikin kesal, orangtua yang sering berantem,orangtua yang banyak aturan atau perceraian orangtua. Hal yang dialami di rumah seringkali mempengaruhi tindakan di luar rumah. Jika masalah yang dihadapi di rumah sangat besar, kita bisa merasa stres dan berimbas ke menurunnya nilai di sekolah, dan tentunya menimbulkan masalah baru.orangtua perceraian orangtua

18

19 UPAYA UNTUK MENCEGAH SEMAKIN MENINGKATNYA MASALAH REMAJA

20

21 Menjadi guru yang bisa bersahabat dengan siswa; Memberikan keleluasaan siswa untuk mengekspresikan diri pada kegiatan ekstrakurikuler; Meningkatkan peranan, pelayanan dan pemberdayaan guru BP; Meningkatkan disiplin sekolah dan sanksi yang tegas; Meningkatkan kerjasama dengan orangtua; Menciptakan kondisi sekolah yang memungkinkan anak berkembang secara sehat; Meningkatkan deteksi dini penyalahgunaan NAPZA. Menjadi guru yang bisa bersahabat dengan siswa; Memberikan keleluasaan siswa untuk mengekspresikan diri pada kegiatan ekstrakurikuler; Meningkatkan peranan, pelayanan dan pemberdayaan guru BP; Meningkatkan disiplin sekolah dan sanksi yang tegas; Meningkatkan kerjasama dengan orangtua; Menciptakan kondisi sekolah yang memungkinkan anak berkembang secara sehat; Meningkatkan deteksi dini penyalahgunaan NAPZA.

22  Menghidupkan dan memberdayakan kembali kurikulum budi pekerti;  Menyediakan sarana/prasarana yang dapat menampung agresifitas anak melalui olahraga, bermain, dan kesenian serta keterampilan lainnya;  Menegakkan hukum, sanksi dan disiplin yang tegas serta dapat memberikan keteladanan bagi masyarakat khususnya para remaja;  Menanggulangi NAPZA, dengan menerapkan peraturan dan hukumanya secara tegas; Pemilihan lokasi sekolah dijauhkan dari pusat perbelanjaan dan pusat hiburan.  Menghidupkan dan memberdayakan kembali kurikulum budi pekerti;  Menyediakan sarana/prasarana yang dapat menampung agresifitas anak melalui olahraga, bermain, dan kesenian serta keterampilan lainnya;  Menegakkan hukum, sanksi dan disiplin yang tegas serta dapat memberikan keteladanan bagi masyarakat khususnya para remaja;  Menanggulangi NAPZA, dengan menerapkan peraturan dan hukumanya secara tegas; Pemilihan lokasi sekolah dijauhkan dari pusat perbelanjaan dan pusat hiburan.

23 Sajikan tayangan atau berita tanpa kekerasan (jam tayang sesuai usia); Sampaikan berita dengan kalimat benar dan tepat (tidak provokatif); Adanya rubrik khusus dalam media masa (cetak, elektronik) yang bebas biaya khusus untuk remaja. Sajikan tayangan atau berita tanpa kekerasan (jam tayang sesuai usia); Sampaikan berita dengan kalimat benar dan tepat (tidak provokatif); Adanya rubrik khusus dalam media masa (cetak, elektronik) yang bebas biaya khusus untuk remaja.

24 PROFIL KELOMPOK 2

25 Nama : Yanada Sari. Situmorang Kelas : X – 4 Alamat : JL. Pintu Air IV Gg. Tempat/tgl lahir: Medan,13 Juli 2000 E – mail: FB : Yanada Situmorang Dalam tugas ini saya berperan sebagai Ketua Kelompok 2. Serta saya menjelaskan slide

26

27 Emia Pepayosa Nama: Emia Sembiring FB X - 4 Kelas JL. Parangras Medan dekat Yayasan Dharma Bakti Alamat: Dalam tugas ini saya berperan sebagai anggota, sekaligus menjelaskannya pada slide

28 Nama : Sandrina Putri Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 13 Maret 2000 Kelas : X - 4 Alamat : Perumahan Griya Permata IV E - Mail : FB : SandrinaaPutrii TarigannCberoo Dalam tugas ini saya berperan sebagai anggota, sekaligus menjelaskannya pada slide

29 Nama: Daniel Chandra. Simbolon Kelas: X - 4 TTL: Medan, 3 Maret 2000 Alamat: JL. Darussalam Dalam tugas ini, saya berperan sebagai anggota, sekaligus menjelaskan slide

30 PERTANYAAN

31


Download ppt "MASA REMAJA DEFINISI REMAJA PERKEMBANGAN REMAJA MASALAH YANG DIHADAPI REMAJA CARA MENGATASINYA PROFILPROFIL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google