Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU SEJARAH Oleh : Drs. Marmayadi SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU SEJARAH Oleh : Drs. Marmayadi SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU SEJARAH Oleh : Drs. Marmayadi SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA

2 A.PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA TOKOH 1.HERODATUS ( ) - sejarah tidak berkembang kearah masa depan dengan tujuan pasti,melainkan bergerak seperti lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia. - History is a study that tells about the cycle of rise and fall of a character,society and civilization GAMBAR HERODATUS (BAPAK SEJARAWAN DUNIA)

3 PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA TOKOH 2.ARISTOTELES (350 SM) “ History is a system which assumes that events are arranged chronologically and all past event are recorded and have strong evidence”. GAMBAR ARISTOTELES

4 PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA TOKOH 3.Ibn khaldun ( ) dalam bukunya MUQADIMAH,jilid 1 : - Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak manusia itu.

5 PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA TOKOH 4.R.Moh.ALI Dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia,ia mengemukakan pengertian sejarah sebagai berikut : a.Keseluruhan perubahan- perubahan,kejadian-kejadian peristiwa,kenyataan-kenyataan yang benar benar telah terjadi disekitar kita. b.Cerita tentang perubahan-perubahan itu c.Ilmu yang menyelidiki tentang perubahan- perubahan yang benar-benar terjadi.

6 PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA TOKOH 5.Sartono Kartodirjo - Sejarah dalam arti Subyektif adalah : bentuk yang disusun oleh penulis sebagai suatu uraian atau cerita,sehingga memuat unsur-unsur perasaan dan isi pikiran penulis atau pengarang ( subyek) - Sejarah dalam arti Obyektif adalah : menunjuk kepada kejadian atau peristiwa itu sendiri secara keseluruhan yang terlepas dari unsur-unsur subyektif para penulisnya.

7 Gambar SUHARTO (Mantan Presiden RI )

8 PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA TOKOH 6.WJS.Purwadarminta Sejarah menurut kamus besar bahasa Indonesia : a.Silsilah,asal-usul/keturunan. b.Kejadian dan peristiwa yang benar- benar terjadi pada masa lampau,riwayat,tambo. c.Pengetahuan atau uraian tentang peristiwa-peristiwa dan kejadian- kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.

9 PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA TOKOH 7.R.G.Collingwood “ History is a kind of study or a manipulation of events which has been done by people in the past “.

10 PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA TOKOH 8.Moh.Hatta. “Sejarah dalam wujudnya memberikan penger- tian tentang masa lampau (pemahaman masa lampau yang didalamnya mengandung dinami- ka,mungkin berisi problemantika pelajaran bagi manusia berikutnya)”.

11 MANFAAT SEJARAH Sejarah memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan,bahkan Bung Karno pernah berpesan : “Jas Merah” ( jangan sekali- kali melupakan Sejarah). Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat memahami sejarahnya sendiri,dan kalau tidak bangsa tersebut menjadi bangsa yang kecil,sehingga tidak mungkin menjadi bangsa yang berkembang dan maju.

12 ASSIGNMENT …! Based on the definitions of history according to scholars and the Indone- sians dictionary,draw a conclusion of your own about the meaning of history !

13 B.CIRI-CIRI UTAMA SEJARAH 1.Peristiwa tersebut hanya terjadi satu kali (Unik) dan tidak berulang secara khusus pada jaman waktu,tempat,pemimpin atau orang yang sama. 2.Peristiwa tersebut penting dan besar pengaruhnya 3.Peristiwa tersebut Abadi (tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa)

14 BAGAN CIRI UTAMA SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA PERISTIWA UNIK TERJADI SATU KALI TANGGAL 17 AGUSTUS 1945 PERISTIWA SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA PERISTIWA PENTING MOMENTUM KEMERDEKAAN INDONESIA DAN PERNYATAAN BERDIRINYA SUATU NEGARA PERISTIWA TERSEBUT TIDAK BISA DIUBAH LAGI

15 C.SEJARAH SEBAGAI PERISTIWA, KISAH,ILMU DAN SENI 1.SEJARAH SEBAGAI PERISTIWA Sejarah ditempatkan sebagai fakta kejadian dan kenyataan yang benar-benar terjadi pada masa lampau,kejadian tersebut kemudian dapat sebagai dasar untuk mengetahui dan merekontruksi kehidu- pan manusia pada masa tersebut.Suatu peristiwa harus dicari hubungannya satu dengan lainnya. Sejarah berusaha untuk memberi jawaban 5-W : a.What : apa wujud kejadian itua b.Who : siapa yang bersangkutan dg kegiatan itu c.Where: dimanakah peristiwa itu terjadi d.Why : mengapa peristiwa itu terjadi e.When : kapan peristiwa itu berlangsung

16 2.SEJARAH SEBAGAI KISAH Adalah hasil karya atau hasil ciptaan sejarawan, Penulis atau orang-orang yang menulisnya.Dalam Kisah atau cerita sejarah,terdapat proses seleksi yang harus dilakukan berdasarkan kesiapan dan Kesanggupan untuk menyusun. Secara garis besar ada 2 bentuk kisah sejarah : a.Bentuk Umum : yaitu penyusunan fakta-fakta menurut babakan waktu dengan memberikan tafsiran berdasarkan suatu pandangan sejarah tertentu. b.Bentuk Khusus : yaitu bentuk biografi yang merupa- kan riwayat hidup tokoh-tokoh sejarah yg penting.

17 3.SEJARAH SEBAGAI ILMU  Menurut Burry : sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan tidak kurang tidak lebih.  Menurut York Powel: sejarah bukanlah sekedar suatu cerita yang indah dan mengasyikkan,tetapi merupakan cabang ilmu pengetahuan.  Menurut Dithley : sejarah merupakan cabang ilmu yang bersifat khusus.

18  Menurut Kuntowijoyo : sejarah sebagai ilmu mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : a.Sejarah berhubungan dengan hal-hal yang berkaitan dgn pengalaman manusia. b.Sejarah mempunyai Obyek. c.Sejarah mempunyai teori pengalaman. d.Sejarah mempunyai generalisasi. e.Sejarah mempunyai metode.  Sejarah dikatakan sebagai ilmu apabila memiliki syarat : a.memiliki obyek b.memiliki metode c.tersusun secara sistematis d.kebenarannya bersifat obyektif

19 4.SEJARAH SEBAGAI SENI  George Macauly Trevelyan, berpendapat bahwa sejarah sebagai seni memiliki 3 fungsi yang berbeda : a.Fungsi Ilmiah : yaitu pengumpulan ilmiah dan penyangan bukti-bukti. b.Fungsi Imajinatif/spekulatif : karena sejarawan harus menyeleksi,mengklasifikasi data-data,fakta-fakta,kemudian menarik kesimpulan. c.Fungsi sastra:yaitu penyajian hasil ilmu dan imajinasi dalam bentuk yang menarik (seni sastra).


Download ppt "PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU SEJARAH Oleh : Drs. Marmayadi SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google