Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 03 KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM Standar Kompetensi 5.1 Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan. Kompetensi Dasar 5.4 Menerapkan keselamatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 03 KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM Standar Kompetensi 5.1 Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan. Kompetensi Dasar 5.4 Menerapkan keselamatan."— Transcript presentasi:

1 BAB 03 KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM Standar Kompetensi 5.1 Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan. Kompetensi Dasar 5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam. Indikator Kompetensi  menggunakan alat dan bahan secara aman.  Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit.  Memperlakukan bahan-bahan berbahaya dengan hati- hati.  Mengidentifikasi simbol-simbol dalam laboratorium.

2 Berikut ini beberapa tips untuk keselamatan kerja di laboratorium: Bahan kimia cair yang akan digunakan harus diukur volumenya terlebih dahulu. Jangan mengambil terlalu banyak, melainkan ambil sedikit-sedikit agar tidak ada yang terbuang percuma. Gunakan pipet ukur agar volume larutan yang diambil dapat tepat. Bahan kimia cair yang akan digunakan harus diukur volumenya terlebih dahulu. Jangan mengambil terlalu banyak, melainkan ambil sedikit-sedikit agar tidak ada yang terbuang percuma. Gunakan pipet ukur agar volume larutan yang diambil dapat tepat. Bahan kimia berbentuk padat atau bubuk dapat diambil menggunakan spatula. Bahan kimia berbentuk padat atau bubuk dapat diambil menggunakan spatula. Jika bahan kimia tidak kalian pakai, letakkan di tempat aman agar tidak mudah jatuh. Jika bahan kimia tidak kalian pakai, letakkan di tempat aman agar tidak mudah jatuh. Berapa bahan kimia disimpan dalam wadah gelas yang gelap, karena sangat mudah bereaksi jika terkena cahaya. Jadi, jauhkan bahan kimia seperti ini dari cahaya matahari langsung. Berapa bahan kimia disimpan dalam wadah gelas yang gelap, karena sangat mudah bereaksi jika terkena cahaya. Jadi, jauhkan bahan kimia seperti ini dari cahaya matahari langsung.

3 Pakailah sarung tangan dan masker ketika bekerja dengan bahan yang bereaksi menjadi gas, atau jika mungkin bekerjalah di lemari asam yang dapat menyedot gas asam berbahaya. Pakailah sarung tangan dan masker ketika bekerja dengan bahan yang bereaksi menjadi gas, atau jika mungkin bekerjalah di lemari asam yang dapat menyedot gas asam berbahaya. Jauhkanlah pembakar spiritus atau korek api dari bahan kimia yang mudah terbakar. Jauhkanlah pembakar spiritus atau korek api dari bahan kimia yang mudah terbakar. Jika kamu terkena bahan kimia segeralah bilas dengan air dan jika perlu segeralah pergi ke dokter. Jika kamu terkena bahan kimia segeralah bilas dengan air dan jika perlu segeralah pergi ke dokter. Setelah melakukan praktikum menggunakan bahan kimia, disarankan untuk meminum susu, karena susu dapat menetralkan racun. Setelah melakukan praktikum menggunakan bahan kimia, disarankan untuk meminum susu, karena susu dapat menetralkan racun.


Download ppt "BAB 03 KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM Standar Kompetensi 5.1 Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan. Kompetensi Dasar 5.4 Menerapkan keselamatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google