Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1.1 Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat. Seni Rupa Adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang ditangkap oleh mata dan dirasakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1.1 Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat. Seni Rupa Adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang ditangkap oleh mata dan dirasakan."— Transcript presentasi:

1 1.1 Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat

2

3 Seni Rupa Adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang ditangkap oleh mata dan dirasakan dengan rabaan.

4

5

6 Sifat kreatif adalah kemampuan seseorang untuk mengubah sesuatu yang ada menjadi baru dan orisinil. Contoh: Batu yang diubah menjadi patung, tanah liat dapat menjadi keramik, suara diubah menjadi musik, gerakan menjadi sebuah tarian, dll..

7 adalah bahwa suatu karya seni memiliki ciri perseorangan dari penciptanya. Lagu-lagu yang diciptakan Ebit G. Ade, sangat berbeda dengan lagu-lagu Rhoma Irama, Titik Puspa, atau pun yang lainnya. Atau lukisan Afandi sangat berbeda dengan lukisan-lukisan Basuki Abdullah, Raden Saleh, Popo Iskandar, Piccaso, Van Googh, maupum pelukis lainnya. Ciri khas pribadi inilah yang merupakan identitas dari karya mereka..

8 Dalam membuat karya seni selalu melibatkan emosi dan jiwa. Oleh sebab itu, untuk dapat menikmati sebuah karya harus menggunakan kepekaan perasaan yang paling dalam. Sebuah lagu yang diciptakan melalui perasaan seorang seniman, kemudian dibawakan seorang penyanyi yang menjiwai isi lagu itu. Semua itu jika ada kesungguhan dalam menggunakan indera rasa seperti yang dilakukan pencipta dan penyanyinya

9 ARTINYA…. Karya seni yang dibuat bersifat abadi meskipun penciptannya sudah meninggal. Dengan demikian, jika karya seni rusak atau hancur, nilai keabadiannya tetap terjaga ARTINYA…. Karya seni yang dibuat bersifat abadi meskipun penciptannya sudah meninggal. Dengan demikian, jika karya seni rusak atau hancur, nilai keabadiannya tetap terjaga

10 ARTINYA…. seni tidak mengenal batasan waktu, bangsa, bahasa, dll. Sebagai contoh, semua orang yang berlainan bahasa akan tertawa terbahak-bahak ketika melihat tingkah laku badut sirkus yang sangat lucu. Atau seorang yang melihat gambar karikatur akan tersenyum tanpa mengetahui siapa pembuatnya.

11

12

13 APA ITU GARIS ? Yang merupakan batas limit dari suatu benda, bidang, ruang, texture, warna dll. Garis memiliki dimensi yang memanjang dengan arah tertentu, memiliki sifat seperti panjang, pendek, lurus, tipis, tebal, vertikal, horizontal, halus, melengkung, berombak, miring, putus-putus, dan masih banyak sifat-sifat lainnya. Garis ini memberikan kesan simbolik, gerak, ide dan lain sebagainya

14 Unsur ini merupakan perkembangan dari penampilan garis, yakni perpaduan antara garis- garis dalam kondisi tertentu. Bidang bisa diamati secara visual pada setiap benda alam & pada karya seni rupa yang dihasilkan. Berdasarkan bentuknya, bidang terdiri dari bidang biomorfis, geometris, bersudut, dan tak beraturan. Bidang terbentuk dari pertemuan ujung-ujung garisatau juga karena sapuan warna.

15 Bentuk merupakan wujud yang terdapat di alam dan terlihat nyata. Bentuk dapat berarti shape, yakni bentuk benda polos yang muncul tanpa penjiwaan atau hadir secara kebetulan, dapat dilihat hanya sekedar penyebutan sifatnya saja seperti :ornamental, bulat, panjang, tidak teratur, persegi dan lain sebagainya. Dan bentuk plastis atau dalam bahasa inggrisnya form yang berarti bentuk benda yang dapat dilihat dan dirasakan karena memiliki unsur nilai dari benda tersebut, seperti contoh: lemari.

16


Download ppt "1.1 Karya Seni Rupa Terapan Daerah Setempat. Seni Rupa Adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang ditangkap oleh mata dan dirasakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google