Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengenal Bilangan Bulat Multimedia Presentations Tugas Tindak Lanjut Kelas 7 KD dan Tujuan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengenal Bilangan Bulat Multimedia Presentations Tugas Tindak Lanjut Kelas 7 KD dan Tujuan."— Transcript presentasi:

1

2 Mengenal Bilangan Bulat Multimedia Presentations Tugas Tindak Lanjut Kelas 7 KD dan Tujuan

3 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: KD dan TUJUAN 2.1. Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah 2.2. Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar 3.1. Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi. Menuliskan anggota bilangan cacah Menuliskan anggota bilangan asli Menuliskan anggota bilangan bulat Menuliskan anggota bilangan bulat pada garis bilangan Membandingkan dua buah bilangan bulat Tujuan Pembelajaran Kompetensi Dasar: 2’

4 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: Sikap Sosial yang Dikembangkan Contoh bentuk tanggung jawab pada diri siswa: Melaksanakan tugas dengan baik Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat Mengembalikan barang yang dipinjam Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan Contoh bentuk percaya diri pada diri siswa: Berani presentasi di depan kelas Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu Mampu membuat keputusan dengan cepat Tidak mudah putus asa/pantang menyerah

5 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: 3’ Membandingkan Bilangan Bulat Bilangan bulat A terdiri dari 10 digit. SOLUSI Diketahui dua bilangan bulat A = dan B = , bagaimana cara kalian membandingkan kedua bilangan bulat tersebut? Jelaskan. Bilangan bulat B terdiri dari 10 digit. Digit ke-1 bilangan A dan B sama, yaitu 6. Digit ke-2 bilangan A = 5. Digit ke-2 bilangan B = 4. Dengan demikian bilangan bulat A lebih dari bilangan bulat B.

6 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: Mengenal Bilangan Bulat Baca Buku Paket halaman ’ Pembagian zona waktu dunia berdasarkan GMT (Greenwich Meredian Time) menjadistandar acuan waktu dunia. Jika sekarang di Greenwich pukul pukul berapakah di Jakarta dan di Kalimantan? Untuk menetapkan waktu Jakarta tambahkan waktu Greenwich sebesar 7 satuan, mk waktu Jakarta GMT. Posisi Kalimantan berada pada +8 thd waktu Greenwich jadi: waktu di Kalimantan, pukul GMT.

7 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: Mengenal Bilangan Bulat Baca Buku Paket halaman Sepanjang bulan Januari 2014, suhu di Eropa berubah naik turun secara drastis. Saat siang hari bisa mencapai 10° C (baca 10 derajat Celsius) di atas titik beku (0° C), sedangkan pada malam hari turun hingga 15° C di bawah titik beku. Ungkapan 10 di atas titik beku, dan 15 di bawa titik beku, secara berurutan bisa ditulis sebagai bilangan bulat “+10” (baca positif sepuluh) dan“- 15” (baca negatif lima belas). Untuk bilangan “+10” cukup ditulis “10”.

8 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: Mengenal Bilangan Bulat Baca Buku Paket halaman Bilangan bulat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu bilangan bulat negatif, nol, dan bilangan bulat positif. Pada garis bilangan, bilangan bulat positif terletak di kanan bilangan nol. Sedangkan bilangan bulat negatif terletak di kiri nol. Anggota himpunan bilangan bulat negatif adalah -1, -2, -3, -4, -5,... Anggota himpunan bilangan bulat positif atau bilangan asli adalah 1, 2, 3, 4, 5,... Anggota himpunan bilangan cacah adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5,...

9 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: Lawan Bilangan Setiap anggota himpunan bilangan bulat positif mempunyai lawan di himpunan bilangan bulat negatif. Lawan yang di maksud tersebut adalah dua bilangan yang jarak terhadap nol adalah sama. Jumlah dari setiap pasangan bilangan yang berlawanan tersebut adalah nol. Bilangan-bilangan yang saling berlawanan tersebut antara lain : 1 dengan -1, 2, dengan -2, 3 dengan -3, dan seterusnya.

10 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: Menanya 1. Jika di Greenwich pukul 00.00, pukul berapakah di Lampung? 2. Bagaimana menyatakan suhu 25 0 C di bawah 0 0 C? 3. Bagaimana cara menyatakan ketinggian sebuah tempat? 4. Berapakah banyak anggota himpunan bilangan bulat B antara -5 dan 5? 5. Bagaimana gambar garis bilangan yang memuat bilangan antara -6 dan 6? 12’ 1. Untuk mendapatkan waktu Lampung, tambahkan 7 satuan, sehingga pukul GMT. 2. Suhu 25 0 C di bawah 0 0 C dinyatakan dengan C. 3. Dinyatakan dengan satuan meter dengan acuan permukaan laut sebagai titik 0 meter. 4. B = {-4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4}. Maka banyak anggota B adalah 9 buah. 5. Gambarnya sebagai berikut. Susunlah pertanyaan yang jawabannya telah disediakan dalam kotak kuning!

11 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: Mengasosiasi 7’ Pak Yogi berencana menjual rumahnya karena akan ditinggalkan pergi ke luar negeri.Penawar pertama menawar harga rumah Pak Yogi dengan harga Rp ,00. Sedangkan penawar kedua menawar harga rumah Pak Yogi dengan harga Rp ,00. Jika Pak Yogi ingin menjual dengan harga setinggi mungkin, maka penawar yang manakah yang seharusnya diterima oleh Pak Yogi? Untuk membandingkan kedua harga yang ditawarkan oleh kedua penawar tersebut, kita bisa melihat angka-angka penyusun bilangan tersebut. Pada posisi puluh jutaan nilai angka 6 lebih dari nilai angka 5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lebih besar dari Jadi, penawar yang seharusnya diterima oleh Pak Yogi adalah penawar kedua. Latihan 1.1 Alternatif Penyelesaian:

12 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: Menalar Diketahui bilangan bulat positif M dan bilangan bulat negatif N. Bilangan M tersusun dari dua angka, sedangkan bilangan N tersusun dari lima angka.Manakah bilangan yang lebih besar? Jelaskan. 6’ Masalah 1 Alternatif Solusi Pada garis bilangan, bilangan bulat positif terletak di sebelah kanan bilangan bulat negatif. Sembarang bilangan bulat positif selalu akan lebih besar dibandingkan dengan sembarang bilangan bulat negatif. Contoh M = 13 dan N = Dengan demikian M lebih besar dari N.

13 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: Menalar Diketahui bilangan bulat positif X dan Y. Bilangan X = 5abcdef. Bilangan Y = 45abcde. Jika setiap huruf pada bilangan tersebut mewakili suatu angka, bilangan manakah yang lebih besar? Jelaskan. 5’ Masalah 2 Alternatif Solusi Bilangan X dan Y masing-masing tersusun dari 7 digit angka. Bilangan X memiliki digit pertama 5 dengan nilai jutaan, dan bilangan Y memiliki digit pertama 4 dengan nilai jutaan, dengan demikian jelas bilangan X lebih dari Y.

14 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: Isilah titik-titik dengan tanda “>”, “<“ atau “=“ sehingga menjadi pernyataan yang benar. Menalar 5’ 1.2 … … … … … … … … … … … … … …. -5 < > < > < < > = < > < < < > Petunjuk. Klik di tempat kosong untuk Check Jawaban

15 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: Mengkomunikasikan Buka buku paket halaman 9, kerjakan Latihan 1.1 nomor 1 – 5, kemudian presentasikan. 45’ Tugas Kelompok

16 MengamatiMenanya Mengasosiasi Mengolah Mengkomunikasikan TugasTindak Lanjut Surel: Tindak Lanjut 1. Buka buku paket halaman 9, kerjakan Latihan 1.1 nomor 6 – 7 di buku PR secara individu. 5’ Tugas Individu/PR 2. Tulislah perbaikan proses pembelajaran yang diperlukan supaya kalian lebih paham.


Download ppt "Mengenal Bilangan Bulat Multimedia Presentations Tugas Tindak Lanjut Kelas 7 KD dan Tujuan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google