Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JONES PONTOH CAPITAL ASSET PRICING MODEL ALLPPT.com _ Free PowerPoint Templates, Diagrams and Charts.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JONES PONTOH CAPITAL ASSET PRICING MODEL ALLPPT.com _ Free PowerPoint Templates, Diagrams and Charts."— Transcript presentasi:

1 JONES PONTOH CAPITAL ASSET PRICING MODEL ALLPPT.com _ Free PowerPoint Templates, Diagrams and Charts

2 PENDAHULUAN TENTANG CAPM Penentuan asset pricing suatu sekuritas individual dan/atau porto folio merupakan hal yang sangat penting bagi investor. Penentuan cost of capital (required rate of return) Pricing sekuritas/portofolio (undervalue/overvalue) Perlu Model Yang Parsimoni Dalam Menangkap Kompleksitas Pasar Modal Capital Asset Pricing Model (CAPM) (Sharpe,1964; Lintner 1965; dan Mossin,1966) 4/55

3 Sejarah (CAPM) Harry Markowitz 1952 “Portfolio Selection.” pemilihan dan men-diversifikasikan portofolio, yaitu “Portfolio Selection ” Franco Modigliani dan Merton Miller “The Cost of Capital, Corporation Finance, and Theory Investment. Jack Treynor 1958, “Market Value, Time, and Risk”, namun hasilnya tidak ia publikasikan.

4 William Sharpe John Lintner Membandingkan hasil tulisannya dengan Sharpe, yang merupakan sat u-satunya orang sebelum dirinya yang menulis mengenai CAPM. Men urut Lintner, model yang ia kembangkan berbeda dan jauh lebih umum dibandingkan dengan model yang ditulis oleh Sharpe.

5 Sejarah Capital Asset Pricing Model (CAPM) 1966 Jan Mossin adalah orang terakhir yang mempelopori teori CAPM. Pada bab terakhir dari disertasinya, Mossin m enyertakan CAPM dengan dasar analisisnya sendiri. Mossi n kemudian mempublikasikan hasil tulisannya mengenai d ua tahun lebih awal dari tesis yang ia kerjakan.

6 Konten (CAPM)

7 Ukuran risiko yang relevan dalam konteks CAPM adalah beta (β), yang didefinisikan sebagai c ovarians return sekuritas dengan return pasar yang distandardisasi dengan varians return pas ar.  iM = Korelasi antara sekuritas i dengan pasar  i = Standar deviasi sekuritas i  M = Standar deviasi pasar

8 Konten (CAPM) Parameter dari Capital Asset Pricing Model (CAPM) Tingkat pengembalian bebas risiko. CAPM memerlukan estimasi tingkat bunga bebas risiko (risk-free rate of inter est), estimasi return portofolio pasar yang diharapkan (expected return mark et portfolio), dan estimasi beta untuk tiap aset individual.

9 Konten (CAPM) Tingkat pengembalian pasar Sama dengan tingkat pengembalian bebas risiko, return pasar tidak m udah untuk diperkirakan. Hal ini biasanya diperkirakan dengan menggu nakan indeks bursa sebagai pengganti return pasar. Namun, ada perm asalahan mengenai indeks yang digunakan sebagai pengganti (2001:2 63 Harrington, Watson 1998:249)

10 Beta Bila nilai β = 1 artinya adanya hubungan yang sempurna dengan kinerja seluruh pasar seperti yang di ukur indek pasar (market index), contohnya nilai yang diukur oleh Dow-Jones Industrials dan Standar d and Poor’s 500-stock-index. β >1 = aset agre sif β =1 = aset agre sif β <1 = aset defensif Hubungan β, Ri-Rf, dan Rm -Rf

11 Asumsi-asumsi model CAPM: 1.Investor akan mendiversifikasikan portolionya dan memilih portofolio yang optim al sesuai dengan garis portofolio efisien 2.Semua investor mempunyai distribusi probabilitas tingkat return masa depan yan g identik. 3.Semua investor memiliki periode waktu yang sama. 4.Semua investor dapat meminjam atau meminjamkan uang pada tingkat return ya ng bebas risiko 5.Tidak ada biaya transaksi, pajak pendapatan, dan inflasi. 6.Terdapat banyak sekali investor, sehingga tidak ada investor tunggal yang dapat mempengaruhi harga sekuritas. Semua investor adalah price taker. 7.Pasar dalam keadaan seimbang (equilibrium).

12 Pengembangan model (CAPM) Pengembangan AsumsiPenemu dan Tahun 1.Memperbolehkan adanya tingkat pengharapan pen gembalian yang berbeda Lintner, 1969; Merton, Mengeliminasi kemungkinan meminjam atau mem injamkan uang pada tingkat return bebas risiko Black, Memiliki beberapa aset yang tidak dijual dipasar r eguler (nonmarketable) Mayers, Memungkinkan adanya kesempatan investasi lebih dari satu periode Merton, 1973; Breeden, Investasi internasional dalam CAPM Solnik, 1974; Stulz, 1981; Adler and Dumas, PT.Ross, 1976

13 Kritik terhadap Capital Asset Pricing Mo del (CAPM) 1.Asumsi yang mendasari CAPM tidak realistis 2.CAPM tidak menggambarkan semua faktor yan g mempengaruhi tingkat pengembalian saham 3.Tidak adanya portofolio pasar yang nyata, sehin gga tidak memungkinkan untuk menguji CAPM karena itu practical value terbatas.

14 Kelebihan (CAPM) 1.Persamaan CAPM dapat digunakan untuk menentukan apakah suatu sekurita s dinilai terlalu tinggi atau terlalu rendah dari yang seharusnya. 2.CAPM dapat berfungsi sebagai patokan untuk memahami fenomena pasar mo dal yang menyebabkan harga aset dan perilaku investor menyimpang dari mo del. 3.Persamaan CAPM memungkinkan kita untuk dapat menghitung secara obyekti f tingkat diskonto yang tepat untuk sekuritas individu berdasarkan asumsi tingk at diskonto pasar dan beta sekuritas individual dalam kaitannya dengan pasar. Ini menggambarkan harga efisien aset berisiko dalam keseimbangan terlepas dari resiko yang diinginkan investor. 4.Daya tarik dari CAPM adalah perhitungannya yang mudah untuk mendapatkan prediksi dalam mengukur resiko dan hubungan antara resiko dan ekspektasi p engembalian (keutungan).

15 Apakah CAPM masih relevan sampai sek arang? 1.survei Graham dan Harvey (2001) menyatakan sebesar 73,5% dari 392 CFO perusahaan AS masih tetap menggunakan CAPM pada s aat mengestimasi biaya modal. 2.Brounen et.al (2004) melakukan survei yang sama untuk 313 perus ahaan di kawasan Eropa dan menyatakan bahwa secara rata-rata 4 5% para CFO perusahaan masih tetap menggunakan CAPM

16 1.Capital Asset Pricing Model (CAPM) memberikan kemu dahan, namun penjelasan yang signifikan dari hubunga n yang ada antara risiko dan return di pasar yang efisie n. 2.CAPM efektif memberikan kontribusi kepada teori keua ngan dengan mengubah cara berpikir para akademisi d an investor.

17 Kesimpulan Capital Asset Pricing Model merupakan kontribusi fundamental bagi pemahama n kita tentang faktor-faktor penentu harga aset. Capital Asset Pricing Model adalah teori dengan implikasi yang mendalam untuk harga aset dan perilaku investor. Capital Asset Pricing Model (CAPM) digunakan untuk mengkalkulasi biaya mod al dan mengukur kinerja portofolio sejak era 70-an. Di tahun 1990-an. CAPM tel ah menjadi alat yang sering dipakai dalam bidang finance, untuk menentukan co st of capital, portfolio performance, diversifikasi portfolio, pemilihan strategi portf olio dan sebagainya. Model ini telah dikembangkan dengan berbagai cara untuk mengakomodasi beb erapa kompleksitas dalam dunia nyata.

18 Kesimpulan CAPM masih merupakan model yang dominan dan digunkan sebagai paradi gma untuk memahami keseimbangan antara risko dan tingkat pengembalia n.. Asumsi yang tidak realistis jelas tidak memiliki efek negatif yang signifikan p ada implikasinya. CAPM adalah model ekspektasi dan harusnya CAPM tidak dinilai berdasark an asumsi tersebut, tetapi lebih kepada seberapa baik CAPM menjelaskan hubungan antara variabel dan prediksi perilaku kedepannya (Pike dan Neal e 1996: 285). Radcliffe (1997:309) menyimpulkan bahwa validitas CAPM hanya dapat dini lai dengan menyelidiki seberapa baik CAPM dapat memprediksi fenomena dunia nyata, dan penilaian tersebut membutuhkan pengujian empiris.

19 Kesimpulan CAPM seharusnya dinilai berdasarkan pengetahuan yang terhadap hubungan risk dan return. Tanpa CAPM, pengetahuan kita tentang pasar modal dan kondisi pasar akan sangat terbatas (Karnosky 199 3:56). Investor harus berhati-hati ketika menerapkan CAPM untuk memper kirakan tingkat pengembalian saham dan mengevaluasi kinerja inv estasi karena CAPM tidak spesifik dan valid dalam penerapan aplika si praktis.


Download ppt "JONES PONTOH CAPITAL ASSET PRICING MODEL ALLPPT.com _ Free PowerPoint Templates, Diagrams and Charts."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google