Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHASA CINTA UNTUK IBU DAN BAYI. Nama : TRI IMAWATI, S.ST Tempat/Tgl Lahir : GEDONG TATAAN,10 JULI 1980 Pekerjaan : Ibu rumah tangga,bidan,pns,doula,midwife.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHASA CINTA UNTUK IBU DAN BAYI. Nama : TRI IMAWATI, S.ST Tempat/Tgl Lahir : GEDONG TATAAN,10 JULI 1980 Pekerjaan : Ibu rumah tangga,bidan,pns,doula,midwife."— Transcript presentasi:

1 BAHASA CINTA UNTUK IBU DAN BAYI

2 Nama : TRI IMAWATI, S.ST Tempat/Tgl Lahir : GEDONG TATAAN,10 JULI 1980 Pekerjaan : Ibu rumah tangga,bidan,pns,doula,midwife keeper,praktisi hypno dan gentle birh Alamat Rumah : JL. HANAFIAH NO.64, IMOPURO. METRO PUSAT. LAMPUNG. Telp (0725) / PENDIDIKAN 1.Bidan, Lulus 2001 Pelatihan Klinis : 1. Asuhan Persalinan Normal (Semarang, 2006) 2. MU,CTU, MTBS,BBLR,APBK,SHK, Hepatitis dan HIV AIDS, dll Pengembangan Diri : 1.Certified Hypno Therapist, (Jakarta-2011) 2.Certified Basic & Advanced Hypnosis (2013) Dr Tb.Erwin Kusuma.SpKJ (Jakarta) 3. Mom & Baby Masage Spa and Holistic Care (Yogyakarta, 2015) 4.Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (Yogyakarta,2015) 5.Doula International Workshop ( Jakarta-2015 )

3 Pengalaman kerja : 1. Bidan Pelaksana Rumah Bersalin Wisma Rahayu (2001) 2. Bidan PTT (Tulang Bawang, ) 3. Bidan Pelaksana RSUD Pringsewu ( ) 4. Bidan Pelaksana Puskesmas Metro (2003- sekarang) 5. Bidan Pelaksana, Fasilitator, Owner di Klinik Azizah Metro 6. Mengembangkan Hypno-birthing di Lampung (2014-Sekarang

4 Motto : Mengubah Impian menjadi Cita-Cita dan Harapan menjadi Rencana atas izin ALLAH SWT

5 Cinta adalah bentuk komunikasi melalui spirit suci. Bahasa cinta adalah cara mengekspresikan perasaan cinta pada orang lain, dan bila cara tersebut dilakukan maka akan membuatnya merasa dicintai. BAHASA CINTA

6 1. Bahasa Cinta verbal Mengungkapkan cinta & kasih sayang melalui ucapan langsung. 2. Bahasa Cinta hadiah Hadiah dijadikan simbol bahwa kita mencintai suami / istri / anak. Orang cenderung akan merasa di cintai kalau di beri hadiah dari orang lain

7 3. Bahasa Cinta Sentuhan Bahasa cinta sentuhan yang di maksud ini lebih ke bentuk perhatian yang di tampak kan melalui sentuhan lembut, pelukan dan ciuman sederhana. 4. Bahasa Cinta pelayanan Mengungkapkan cinta dalam bentuk pelayanan. Ini lebih banyak di lakukan para suami. 5. Bahasa Cinta waktu yang berkualitas memanfatkan waktu yang berkualitas untuk melakukan banyak hal dengan keluarga.

8 CINTA MEMBUAT ORANG LEMAH MENJADI KUAT DAN ORANG KUAT MENJADI LEMAH 1.BERPIKIR POSITIF 2.DUKUNGAN EMOSIONAL

9 Seorang ibu hamil dapat menjalani kehamilannya dengan sehat dan bahagia, dengan berpikiran positif dan mendapat dukungan emosional dari semua orang disekitarnya. Pikiran positif membawa anda semangat dan bahagia, sementara pikiran negatif bisa membuat anda stres. Sebab pikiran dan perasaan sangat mempengaruhi sistem saraf dan selanjutnya memengaruhi fungsi tubuh.

10 Dukungan emosional dari suami sangatlah penting. Ibu, suami dan janinnya menjadi satu tim. Dukungan moral maupun psikologi yang diberikan suami dan orang sekitarnya dapat menjadi sebuah sugesti tersendiri bagi ibu dalam kehamilannya dan saat proses persalinan. Perasaan nyaman dan bahagia memiliki efek kelancaran dan penyembuhan. Dukungan dan pelayanan dari bidan yang ramah, sabar dan penuh kelembutan juga membantu.

11 Kehamilan dan persalinan adalah reaksi berantai yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan wanita dan terjadi secara alami. Proses kehamilan dan persalinan dapat berlangsung dengan aman, lancar dan nyaman jika dipersiapkan secara menyeluruh (body, mind, dan spirit).

12 Tubuh, jiwa (pikiran), dan ruh saling bekerja dan mempengaruhi satu sama lain. Ketiganya harus selaras untuk mencapai kesehatan lahir dan batin. Oleh sebab itu, proses persalinan-sebelum dan selama kehamilan sangat penting karena mecegah timbulnya trauma pada ibu dan bayinya

13 1.Konsentrasi Cara tes konsentrasi :  Tes pendulum  Tes mata terpejam  Tes tangan menggenggam  Tes buku dan balon  Tes lemon  Tes badan berayun

14 2. Relaksasi Relaksasi membuat ibu hamil lebih tenang selama masa kehamilan sampai proses persalinan. Oleh karena itu, belajar rileks adalah langkah positif melatih pikiran ibu hamil untuk menjadi lebih peka dan mampu dengan tenang mengatasi problem sehingga akan terbebas dari rasa takut dan belajar menggunakan naluri alami untuk kelahiran yang tenang dan nyaman.

15 ENDORPHIN MASSAGE 3. ENDORPHIN MASSAGE Endorphin massage merupakan teknik sentuhan serta pemijatan ringan yang dapat menormalkan denyut jantung dan tekanan darah, serta meningkatkan kondisi rileks dalam tubuh ibu hamil dengan memicu perasaan nyaman melalui permukaan kulit.

16 Kegel adalah latihan untuk menguatkan otot dasar panggul. Kekuatan otot-otot dasar panggul penting bagi ibu hamil. Otot-otot ini bertugas untuk menyangga organ-organ penting seperi rahim, kandung kemih, dan rektum agar tetap berfungsi dengan baik. Jika otot-otot kuat, bukan saja dapat menyangga kehamilan yang terus berambah besar, tetapi juga dapat memegang peranan dalam kelancarannya proses persalinan. 4. Latihan senam Kegel

17 5. Dukungan dari orang-orang yang penuh cinta dan kelembutan Proses kehamilan dan persalinan yang lembut berarti mendapat sentuhan yang lembut, dan suara yang menenangkan. 6. Berdoa Doa yang mengandung makna energi positif memang sangat dipercaya dapat menghalau energi-energi negatif, membebaskan dari rasa takut serta menciptakan harmoni bayi lahir dalam suasana yang tenang dan nyaman.

18 7. Percaya pada kekuatan tubuh dan alam Sesungguhnya alam ini memiliki caranya sendiri dalam menata siklus kehidupan, sebagaimana proses kelahiran. Dalam proses kelahiran manusia, wanita sudah diberi kuasa oleh tuhan dan alam untuk memegang peran sebagai ibu. Oleh karena itu, percayalah dengan kekuatan dan energi dalam tubuh anda sendiri. 8. Bergeraklah bebas Seorang ibu selama proses kehamilan dan persalinannya diberi kebebasan bergerak yang membuatnya nyaman. Bergeraklah bebas, mengikuti ritme tubuh. Dengan kebebasan bergerak dan posisi persalinan yang bebas memungkinkan terjadinya gerakan gravitasi bumi dan memberikan ruang bagi bayi bergerak ke bawah melalui panggul dan menuju jalan lahir.

19 Ketika seorang ibu sudah mempersiapkan diri secara baik selama masa kehamilan dan menyambut kelahirannya dengan tenang dan bahagia, maka proses persalinannya pun akan berjalan dengan tenang, damai, minim trauma, dan penuh cinta.

20 KEPUSTAKAAN Kuswandi, Lanny Hypnobirthing “A Gentle Way to Give Birth”. Jakarta : Pustaka Bunda.


Download ppt "BAHASA CINTA UNTUK IBU DAN BAYI. Nama : TRI IMAWATI, S.ST Tempat/Tgl Lahir : GEDONG TATAAN,10 JULI 1980 Pekerjaan : Ibu rumah tangga,bidan,pns,doula,midwife."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google