Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 8: 1. NUR AFNI M. NENTO 2. SRI NILAWATI KALUKU 3. NURUL PRATIWI KARIM SMK KESEHATAN BAKTI NUSANTARA GORONTALO XI FARMASI TUGAS SWAMEDIKASI (LUKA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 8: 1. NUR AFNI M. NENTO 2. SRI NILAWATI KALUKU 3. NURUL PRATIWI KARIM SMK KESEHATAN BAKTI NUSANTARA GORONTALO XI FARMASI TUGAS SWAMEDIKASI (LUKA."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 8: 1. NUR AFNI M. NENTO 2. SRI NILAWATI KALUKU 3. NURUL PRATIWI KARIM SMK KESEHATAN BAKTI NUSANTARA GORONTALO XI FARMASI TUGAS SWAMEDIKASI (LUKA BAKAR)

2 A. DEVINISI LUKA BAKAR Luka bakar adalah kerusakan pada kulit yang sering disebabkan oleh panas dan bisa sangat menyakitkan hingga mengakibatkan gejala seperti: Kulit memerah Kulit mengelupas Luka melepuh Kulit hangus Pembengkakan

3 SALAH SATU CONTOH LUKA BAKAR

4 B. PENYEBAB PENYAKIT LUKA BAKAR Berikut ini adalah beberapa penyebab luka bakar yang sering terjadi: Suhu panas. Biasanya disebabkan oleh api, uap, cairan, atau benda yang panas. Listrik. Ini bisa disebabkan karena terkena arus listrik atau pun petir. Sinar matahari. Kondisi ini disebabkan karena pajanan terhadap sinar matahari. Beberapa alat untuk menggelapkan warna kulit juga bisa mengakibatkan luka bakar. Kimia. Biasanya disebabkan karena bersentuhan dengan bahan kimia rumah tangga maupun industri. Radiasi. Peralatan seperti X-ray dan terapi radiasi untuk penderita kanker juga bisa mengakibatkan luka bakar pada kulit.

5 C. PENGOBATAN PENYAKIT LUKA BAKAR Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menangani luka bakar sebagai pertolongan pertama: Langkah pertama adalah mendinginkan luka bakar yang terjadi dengan air biasa kira-kira selama menit. Pastikan tidak memakai es, air es, atau bahan yang berminyak untuk mendinginkan luka bakar. Es atau pun air es yang diterapkan secara langsung, bisa membuat luka makin parah. Singkirkan pakaian atau pun aksesoris yang menutupi kulit yang terbakar. Jika pakaian atau pun aksesoris yang ada sudah menempel pada kulit yang terbakar, usahakan untuk tidak mengangkatnya.

6 Pastikan orang yang mengalami luka bakar tetap merasa hangat. Bisa menggunakan selimut untuk menutupi tubuhnya, tapi jangan sampai menggores bagian kulit yang mengalami luka bakar. Luka bakar bisa ditutupi dengan plastik atau perban steril. Dan terakhir, penderita disarankan untuk minum obat pereda rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen jika sakit mengganggu atau terasa tidak tertahankan. Bacalah petunjuk dan peringatan yang terkandung di bungkus obat sebelum mulai mengonsumsinya.

7 D. CONTOH KASUS PENYAKIT LUKA BAKAR Ibu “M” berumur 40 tahun, datang ke apotek karena mengalamai luka bakar pada lengan atas kanan terkena air panas. Ibu “M” mengatakan, “lengan saya nyeri sekali, apalagi kalo digerakkan. Ketika diperiksa lengan atas kanan pasien kelihatan merah dan bengkak. Apa Swamedikasi yang tepat untuk ibu tesrsebut?

8 JAWABAN Kami sebagai seorang farmasis segera menyarankan untuk meminum obat pereda rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen. Selain itu kami memberikan obat topikal untuk kulit, agar luka tersebut tidak semakin parah, contoh obatnya salep bioplan

9 THANK YOU


Download ppt "KELOMPOK 8: 1. NUR AFNI M. NENTO 2. SRI NILAWATI KALUKU 3. NURUL PRATIWI KARIM SMK KESEHATAN BAKTI NUSANTARA GORONTALO XI FARMASI TUGAS SWAMEDIKASI (LUKA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google