Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Materi Pembelajaran : 1. Konsep Anggaran dan Penyusunan Anggaran di Organisasi Sektor Publik 2. Jenis-jenis Anggaran di Organisasi Sektor Publik Disusun.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Materi Pembelajaran : 1. Konsep Anggaran dan Penyusunan Anggaran di Organisasi Sektor Publik 2. Jenis-jenis Anggaran di Organisasi Sektor Publik Disusun."— Transcript presentasi:

1 Materi Pembelajaran : 1. Konsep Anggaran dan Penyusunan Anggaran di Organisasi Sektor Publik 2. Jenis-jenis Anggaran di Organisasi Sektor Publik Disusun oleh : 1.Putri Mahanani 2.Yuni Dwi Hastuti 3.Puji Merry Prihatin 4.Arta Pusdikawati

2 Anggaran Publik Konsep Anggaran Publik Penyusunan Anggaran Publik Jenis - jenis Anggaran Publik

3 Anggaran Sektor Publik Anggaran Sektor Publik adalah suatu rencana kerja yang dibuat dan digunakan oleh pemerintah, baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang dinyatakan dalam bentuk ukuran financial, yang memuat informasi mengenai pendapatan, belanja, aktivitas dan pembiayaan dalam satuan moneter.

4 Fungsi Anggaran Sektor Publik

5 Konsep Anggaran Publik Anggaran pada sektor publik merupakan instrumen akuntabilitas dan pengelolaan dana publik dan pelaksanaan program-program yang dibiayai dengan uang publik Pada sektor swasta anggaran merupakan bagian dari rahasia perusahaan yang tertutup bagi publik. Pada sektor publik anggaran merupakan hal yang harus diinformasikan kepada publik untuk dikritik, didiskusikan dan diberi masukan. Pada sektor swasta anggaran merupakan bagian dari rahasia perusahaan yang tertutup bagi publik. Pada sektor publik anggaran merupakan hal yang harus diinformasikan kepada publik untuk dikritik, didiskusikan dan diberi masukan. Penganggaran dalam OSP merupakan tahapan yang cukup rumit dan mengandung nuansa politik yang tinggi, berbeda dengan sektor swasta yang relatif lebih kecil nuansa politiknya. Anggaran merupakan pernyataan mengenai estimasi kinerja yang hendak dicapai selama periode tertentu yang dinyatakan dalam ukuran finansial Penganggaran adalah proses atau metode untuk menyiapkan anggaran.

6 Tujuan Proses penyusunan anggaran, yaitu : 1. Membantu pemerintah mencapai tujuan fiskal dan meningkatkan koordinasi antar bagian dalam lingkungan pemerintahan. 2. Membantu menciptakan efisiensi dan keadilan dalam menyediakan barang dan jasa publik melalui proses pemrioritasan. 3. Memungkinkan bagi pemerintah untuk memenuhi prioritas belanja. 4. Meningkatkan transparansi dan pertanggungjawaban pemerintah kepada DPR/DPRDdan masyarakat luas. Penyusunan Anggaran Publik

7 Faktor dominan penganggaran untuk mencapai tujuan organisasi Tujuan & target yang dicapai Ketersediaan Sumber Daya Waktu untuk mencapai tujuan dsb (peraturan pemerintah yang baru)

8 Tahap Penyusunan Anggaran Publik 1 Persiapan Anggaran 2 Tahap Ratifikasi 3 Tahap Implementasi 4 Tahap Pelaporan & Evaluasi

9 Pendekatan Perencanaan dalam Penyusunan Anggaran Publik Anggaran Tradisional New Public Management (NPM) Anggaran Kinerja (Performance budgeting) Zero Based Budgeting (ZBB) Planning, Programming, and Budgeting System (PPBS)

10 Jenis - jenis Anggaran Publik Anggaran Operasional merupakan Anggaran belanja rutin yang digunakan menjalankan pemerintahan untuk satu tahun anggaran. Anggaran Modal merupakan pengeluaran yang masa manfaatnmya lebih dari satu tahun anggaran dan akan menambah asset atau kekayaan pemerintah dan selanjutnya akan menambah anggaran rutin untuk biaya operasional dan pemeliharaannya.

11 Prinsip Anggaran Sektor Publik

12


Download ppt "Materi Pembelajaran : 1. Konsep Anggaran dan Penyusunan Anggaran di Organisasi Sektor Publik 2. Jenis-jenis Anggaran di Organisasi Sektor Publik Disusun."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google