Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GLOBALISASI PENDIDIKAN PANCASILA &. MEA DAN GLOBALISASI APA ITU GLOBALISASI ??? APA ITU GLOBALISASI ??? APA ITU MEA ??? APA ITU MEA ???

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GLOBALISASI PENDIDIKAN PANCASILA &. MEA DAN GLOBALISASI APA ITU GLOBALISASI ??? APA ITU GLOBALISASI ??? APA ITU MEA ??? APA ITU MEA ???"— Transcript presentasi:

1 GLOBALISASI PENDIDIKAN PANCASILA &

2 MEA DAN GLOBALISASI APA ITU GLOBALISASI ??? APA ITU GLOBALISASI ??? APA ITU MEA ??? APA ITU MEA ???

3 MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN ) ASEAN Economic Community atau Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah hasil kesepakatan antara kepala negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu pasar tunggal di kawasan ekonomi ASEAN agar negara-negara ASEAN mampu bersaing menghadapi negara-negara lain seperti Cina atau negara lainnya dalam hal perdagangan. Namun dengan adanya ASEAN Economic Community tersebut menimbulkan berbagai dampak bagi negara, pemerintah, masyarakat, pemuda, bahkan para akademisi. Di Indonesia sendiri kesiapan pemerintah dan masyarakat masih sering dipertanyakan mengingat Indonesia masih dalam tahap negara berkembang.

4 TUJUAN Tujuan dibentuknya ASEAN Economic Community sendiri adalah untuk mempermudah memperjualbelikan barang atau jasa di seluruh Asia Tenggara sehingga menimbulkan persaingan yang ketat antar negara. Untuk itu menyelidiki dan mengetahui factor yang terpengaruh oleh adanya ASEAN Economic Community oleh pemerintah sangat penting guna mempersiapkan masyarakat menghadapi kebijakan ekonomi dengan adanya pasar tunggal Asean tersebut.

5 Globalisasi merupakan perkembangan kontemporer yang mempunyai pengaruh dalam mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Tidak ada negara yang mampu menutup diri dari perkembangan yang terjadi, mau tidak mau setiap negara harus mampu menghadapi derasnya arus globalisasi, walaupun arus globalisasi memberikan berbagai dampak dalam kehidupan. GLOBALISASI

6 Era globalisasi dewasa ini menjadi kenyataan yang harus dihadapi oleh setiap negara, tidak terkecuali Indonesia sebagai anggota masyarakat dunia yang tentunya tidak dapat dan tidak akan mengasingkan diri dari pergaulan internasional. Walaupun globalisasi memberikan efek ataupun dampak positif dan dampak negatif bagi semua negara. Oleh karena itu diperlukan suatu antisipasi agar keadaan ekonomi politik Indonesia mengalami stabilitas serta tidak mengalami kemunduran yang lebih jauh.

7  Secara keseluruhan Indonesia merasa optimis dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Sehingga pemerintah berusaha memajukan semua sector yang mendukung perekonomian Indonesia agar mampu bersaing dengan sesama negara ASEAN. Antara lain dengan memperhatikan tenaga kerja, petani, pengusaha, serta mendorong perekonomian daerah.  Triple helix adalah sinergi antara kalangan akademik, kalangan bisnis atau pengusaha dan pemerintah. Triple helix bertujuan mendorong ketiga kalangan tersebut untuk dapat bekerja secara bersama-sama membangun perekonomian Indonesia agar siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

8  Dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN, diyakini akan menguntungkan Indonesia terkait hubungannya dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Karena Indonesia akan memiliki pasar yang lebih luas dan transaksi ekonomi yang dipermudah.

9  Globalisasi Ekonomi merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang, dan jasa. Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara sudah tidak akan berpengaruh lagi dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat.

10  Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif, sebaliknya globalisasi perekonomian juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik. Contoh nyata dari pengaruh globalisasi ini adalah adanya pasar bebas, yaitu dengan tumbuhnya produk-produk luar negeri yang membuat produk Indonesia kalah saing di pasaran. Ini merupakan akibat dari orang-orang Indonesia yang berpikir bahwa produk-produk luar negeri lebih berkualitas baik daripada produk dalam negeri.


Download ppt "GLOBALISASI PENDIDIKAN PANCASILA &. MEA DAN GLOBALISASI APA ITU GLOBALISASI ??? APA ITU GLOBALISASI ??? APA ITU MEA ??? APA ITU MEA ???"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google