Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Karakteristik khusus Bahasa Indonesia. Oleh Eva Yunita Sari ( ) Firda Mayang Sari ( ) Gisela Indira Widuri ( ) Nanda Anita.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Karakteristik khusus Bahasa Indonesia. Oleh Eva Yunita Sari ( ) Firda Mayang Sari ( ) Gisela Indira Widuri ( ) Nanda Anita."— Transcript presentasi:

1 Karakteristik khusus Bahasa Indonesia. Oleh Eva Yunita Sari ( ) Firda Mayang Sari ( ) Gisela Indira Widuri ( ) Nanda Anita Sari ( )

2 Karakteristik khusus Bahasa Indonesia Keilmuan Karakteristik bahasa Indonesia keiluan yaitu; 1.Bentukan kata bentukan kata yang digunakan adalah kata standar yang tunduk pada kaidah tata bahasa Indonesia yang berlaku dan sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Bentukan kata terdiri dari a) Afiksasi atau imbuhan; Afiksasi atau pengimbuhan adalah proses pembentukan kata dengan mengimbuhkan afiks (imbuhan) pada kata dasar. Macam-macam akfiksasi yaitu; Prefiks (awalan) Sufiks (akhiran) Infiks (sisipan) Konfiks (awalan+akhiran)

3 b) Reduplikasi atau pengulangan Reduplikasi atau pengulangan adalah proses pengulangan kata atau unsur kata. Ada beberapa macam reduplikasi, sebagai berikut : Kata ulang penuh Dwipurwa Dwilingga salin suara Kata ulang berimbuhan Kata ulang semu

4 c) Pemajemukan atau penggabungan kata Kata majemuk ialah dua kata atau lebih yang menjadi satu dengan erat sekali dan menunjuk atau menimbulkan satu pengetian baru.

5 2. Pengembangan Kosakata keilmuan kosakata keilmuan bahasa Indonesia perlu dikembangkan dalam arti dimekarkan atau ditambah jumlah dan ditingkatkan mutu atau kualitasnya. Adapun cara mengembangkan kosakata keilmuan yaitu dengan; Penggalian Pemanfaatan kosakata bahasa daerah Penyerapan kosakata bahasa asing Pengembangan konsep

6 3. Diksi Keilmuan diksi adalah pemilihan kata dan atau gaya ekspresi seseorang, artinya setiap orang memiliki pemilihan kata, cara dan gaya dalam menyapaikan kata yang mereka ucapkan, tentu saja hal ini dapat mempengaruhi tata bahasa orang tersebut, termasuk saat seseorang membuat tulisan pada blog.

7 4. Kalimat Keilmuan Penggunaan kalimat dalam penulisan karya ilmiah perlu dilakukan secara efektif. Keefektifan kalimat tersebut dapat diukur dari dua sisi, yaitu dari sisi penulis dan pembaca. Kalimat dikatakan efektif jika memiliki ciri-ciri : gramatikal, a) logis, b)lengkap, c)sejajar, d)hemat, e)dan ada penekanan.

8 5. Paragraf Keilmuan Paragraf dalam penulisan karya ilmiah memiliki ciri hampir sama dengan paragraf pada umumnya. Yang membedakan adalah keketatan dalam pengembangan gagasan dan penyusunan kalimatnya. Gagasan dalam paragraph keilmuan dituntut pengembangannya secara utuh, dan lengkap. Berikut ini dicontohkan paragraf keilmuan, yakni: kesatuan; keutuhan, kebertalian, (koheren), dan kecukupan isi/kelengkapan gagasan.

9 6. Ciri Kewacanaan Dalam hal ini kesatuan kalimat sangat perlu diperhatikan kesatuan kalimat. Untuk menjadikan suatu paragraf memiliki makna maka harus disusun kalimat yang salingberkaitan satu sama lain


Download ppt "Karakteristik khusus Bahasa Indonesia. Oleh Eva Yunita Sari ( ) Firda Mayang Sari ( ) Gisela Indira Widuri ( ) Nanda Anita."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google