Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Eko Budi Santoso JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA Struktur CPU.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Eko Budi Santoso JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA Struktur CPU."— Transcript presentasi:

1 Eko Budi Santoso JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA Struktur CPU

2 Apa itu CPU ?

3 Yang pasti CPU itu merupakan komponen terpenting dari sistem komputer CPU adalah komponen pengolah data berdasarkan instruksi – instruksi yang diberikan kepadanya (CPU nya sendiri)

4 CPU terdiri dari dua bagian utama CU = Control Unit (unit kendali) ALU = unit aritmatika dan logika

5 CPU = otak dari komputer

6 Terdapat empat komponen utama penyusun CPU  Arithmetic and Logic Unit (ALU)  Control Unit  Registers  CPU Interconnections

7 1. Arithmetic and Logic Unit (ALU) dalam bahasa Indonesia kira-kira berarti Unit Logika dan Aritmatika tugas utamanya untuk membentuk berbagai fungsi pengolahan data komputer

8 ALU sendiri juga masih terbagi menjadi dua komponen utama arithmetic unit (unit aritmatika), bertugas untuk menangani pengolahan data yang berhubungan dengan perhitungan, dan boolean logic unit (unit logika boolean), bertugas menangani berbagai operasi logika.

9 2. Control Unit (Unit Kendali) tugas utamanya untuk mengendalikan operasi dalam CPU dan juga mengontrol komputer secara keseluruhan untuk menciptakan sebuah sinkronisasi kerja antar komponen dalam melakukan fungsinya masing-masing

10 3. Registers  Media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.  Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.

11 JENIS REGISTER Register terbagi menjadi beberapa kelas: Register data, yang digunakan untuk menyimpan angka-angka dalam bilangan bulat (integer). Register alamat, yang digunakan untuk menyimpan alamat-alamat memori dan juga untuk mengakses memori. Register general purpose, yang dapat digunakan untuk menyimpan angka dan alamat secara sekaligus. Register floating-point, yang digunakan untuk menyimpan angka-angka bilangan titik mengambang (floating-point ).floating-point Register konstanta (constant register), yang digunakan untuk menyimpan angka-angka tetap yang hanya dapat dibaca (bersifat read-only), semacam phi, null, true, false dan lainnya. Register vektor, yang digunakan untuk menyimpan hasil pemrosesan vektor yang dilakukan oleh procesor SIMD.procesorSIMD Register special purpose yang dapat digunakan untuk menyimpan data internal procesor, seperti halnya instruction pointer, stack pointer, dan status register. Register yang spesifik terhadap model mesin (machine-specific register), dalam beberapa arsitektur tertentu, digunakan untuk menyimpan data atau pengaturan yang berkaitan dengan procesor itu sendiri. Karena arti dari setiap register langsung dimasukkan ke dalam desain procesor tertentu saja, mungkin register jenis ini tidak menjadi standar antara generasi procesor.

12

13 4. CPU Interconections CPU Interconnections merupakan sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU dengan bus- bus eksternal CPU. Sedangkan komponen eksternal CPU diantaranya :  sistem memori utama,  sistem masukan/keluaran (input/output),  dan sistem-sistem lainnya.

14 Contoh Kasus Suatu sistem memiliki tiga perangkat I/O : printer, disk dan saluran komunikasi, masing-masing prioritasnya 2, 4, dan 5. Bagaimana proses interupsinya ? Pada awal sistem melakukan pencetakan dengan printer, saat itu terdapat pengiriman data pada saluran komunikasi sehingga modul komunikasi meminta interupsi. Proses selanjutnya adalah pengalihan eksekusi interupsi modul komunikasi, sedangkan interupsi printer ditangguhkan. Saat pengeksekusian modul komunikasi terjadi interupsi disk, namun karena prioritasnya lebih rendah maka interupsi disk ditangguhkan. Setelah interupsi modul komunikasi selesai akan dilanjutkan interupsi yang memiliki prioritas lebih tinggi, yaitu disk. Bila interupsi disk selesai dilanjutkan eksekusi interupsi printer. Selanjutnya dilanjutkan eksekusi program utama.

15


Download ppt "Eko Budi Santoso JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA Struktur CPU."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google