Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROGRAM STUDI TEKNIK PRODUKSI BENIH JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN POLITEKNIK NEGERI JEMBER 2016 Perbanyakan Benih Kacang Panjang (Vigna sinensis L.) Varietas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROGRAM STUDI TEKNIK PRODUKSI BENIH JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN POLITEKNIK NEGERI JEMBER 2016 Perbanyakan Benih Kacang Panjang (Vigna sinensis L.) Varietas."— Transcript presentasi:

1 PROGRAM STUDI TEKNIK PRODUKSI BENIH JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN POLITEKNIK NEGERI JEMBER 2016 Perbanyakan Benih Kacang Panjang (Vigna sinensis L.) Varietas Talisie di CV. Nasienie Seed Indonesia Pembimbing : Dr. Ir. Nurul Samsijah, MP Sekretaris : Dr. Ir. Rahmat Ali Syaban, M.Si Anggota : Ir. Suwardi, MP Rianti Latifah NIM. A

2 Kacang Panjang (Vigna sinensis L.) Dwifungsi Sayuran yang menyehatkan Menyuburkan tanah Peningkatan Produksi Kacang Panjang MKI

3 Tujuan Umum Meningkatkan wawasan serta pengetahuan dan pemahaman mahasiswa mengenai kegiatan – kegiatan yang ada di perusahaan atau industri yang layak dijadikan tempat Magang Kerja Industri (MKI). Meningkatkan keterampilan pada bidang keahliannya masing – masing agar mendapatkan cukup bekal untuk bekerja setelah lulus menjadi Sarjana Sains Terapan (SST). Melatih mahasiswa agar lebih kritis terhadap perbedaan dan kesenjangan yang ditemukan di lapangan dan di bangku perkuliahan. Dengan demikian mahasiswa diharapkan mampu untuk mengembangkan keterampilan yang tidak diperoleh di bangku perkuliahan. Tujuan Umum Meningkatkan wawasan serta pengetahuan dan pemahaman mahasiswa mengenai kegiatan – kegiatan yang ada di perusahaan atau industri yang layak dijadikan tempat Magang Kerja Industri (MKI). Meningkatkan keterampilan pada bidang keahliannya masing – masing agar mendapatkan cukup bekal untuk bekerja setelah lulus menjadi Sarjana Sains Terapan (SST). Melatih mahasiswa agar lebih kritis terhadap perbedaan dan kesenjangan yang ditemukan di lapangan dan di bangku perkuliahan. Dengan demikian mahasiswa diharapkan mampu untuk mengembangkan keterampilan yang tidak diperoleh di bangku perkuliahan.

4 Tujuan Khusus Menambah pemahaman kepada mahasiswa mengenai kegiatan perusahaan atau industri agar mendapatkan cukup bekal. Melatih mahasiswa mengerjakan pekerjaan lapang dan sekaligus melakukan serangkaian keterampilan yang sesuai dengan bidang keahliannya. Menambah kesempatan bagi mahasiswa memantapkan keterampilan dan pengetahuannya untuk menambah kepercayaan diri dan kematangan diri.Mahasiswa diharapkan memperoleh keterampilan yang tidak semata – mata bersifat psikomotorik, akan tetapi meliputi keterampilan fisik, intelektual, sosial dan managerial. Tujuan Khusus Menambah pemahaman kepada mahasiswa mengenai kegiatan perusahaan atau industri agar mendapatkan cukup bekal. Melatih mahasiswa mengerjakan pekerjaan lapang dan sekaligus melakukan serangkaian keterampilan yang sesuai dengan bidang keahliannya. Menambah kesempatan bagi mahasiswa memantapkan keterampilan dan pengetahuannya untuk menambah kepercayaan diri dan kematangan diri.Mahasiswa diharapkan memperoleh keterampilan yang tidak semata – mata bersifat psikomotorik, akan tetapi meliputi keterampilan fisik, intelektual, sosial dan managerial.

5 Bagi Mahasiswa : Mendapat pengalaman kerja nyata yang terkait dengan aplikasi ilmu pertanian masyarakat di dunia kerja. Mendapat kesempatan mengaplikasikan teori yang diperoleh dari proses perkuliahan ke dalam dunia kerja. Bagi Mahasiswa : Mendapat pengalaman kerja nyata yang terkait dengan aplikasi ilmu pertanian masyarakat di dunia kerja. Mendapat kesempatan mengaplikasikan teori yang diperoleh dari proses perkuliahan ke dalam dunia kerja.

6 Bagi Jurusan Produksi Pertanian: Memperoleh informasi tentang kondisi nyata di dunia kerja yang berguna bagi peningkatan kualitas lulusan Jurusan Produksi Pertanian Program Studi Teknik Produksi Benih (D4). Menjalin kerjasama dengan institusi magang sehingga dapat mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bagi Jurusan Produksi Pertanian: Memperoleh informasi tentang kondisi nyata di dunia kerja yang berguna bagi peningkatan kualitas lulusan Jurusan Produksi Pertanian Program Studi Teknik Produksi Benih (D4). Menjalin kerjasama dengan institusi magang sehingga dapat mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

7 Bagi Institusi Magang Kerja Industri Institusi magang dapat memanfaatkan tenaga magang sesuai dengan kebutuhan di unit kerjanya. Institusi magang mendapatkan alternatif calon karyawan yang telah dikenal mutu, dedikasi dan kredibilitasnya. Laporan magang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber informasi mengenai situasi umum institusi tempat magang tersebut. Bagi Institusi Magang Kerja Industri Institusi magang dapat memanfaatkan tenaga magang sesuai dengan kebutuhan di unit kerjanya. Institusi magang mendapatkan alternatif calon karyawan yang telah dikenal mutu, dedikasi dan kredibilitasnya. Laporan magang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber informasi mengenai situasi umum institusi tempat magang tersebut.

8 Kegiatan Magang Kerja Industri (MKI) di CV. Nasienie Seed Indonesia dimulai pada tanggal 1 Maret 2016 sampai dengan 31 Mei Pelaksanaan Magang Kerja Industri (MKI) dilaksanakan di CV. Nasienie Seed Indonesia yang beralamat di Jl. Kalimantan dan Lahan Riset di Jl. Kegiatan Magang Kerja Industri (MKI) di CV. Nasienie Seed Indonesia dimulai pada tanggal 1 Maret 2016 sampai dengan 31 Mei Pelaksanaan Magang Kerja Industri (MKI) dilaksanakan di CV. Nasienie Seed Indonesia yang beralamat di Jl. Kalimantan dan Lahan Riset di Jl.

9 Dalam melaksanakan Magang Kerja Industri (MKI) terdapat beberapa metode yang digunakan untuk mendapatkan data sebagai bahan pembuatan laporan, yaitu dengan praktik lapang, wawancara, demonstrasi, dokumentasi dan studi pustaka.

10 KEADAAN UMUM CV. NASIENIE SEED INDONESIA Nasienie Indonesia adalah perusahaan lokal yang bergerak dalam bidang perbenihan. Nasienie sendiri berasal dari bahasa Polandia yang artinya “benih”. Nasienie adalah anak perusahaan dari PT. Manunggal Agro Sentosa yang bergerak dalam distribusi obat-obatan, pupuk dan produk-produk pertanian.

11 Visi : Menjadi produsen benih sayur yang bermutu baik dan mendukung perkembangan pertanian Indonesia. Misi : Menyediakan benih sayur yang bermutu baik. Mendukung peningkatan kemampuan industry petani sayur Melakukan inovasi untuk peningkatan pendapatan petani sayur KEADAAN UMUM CV. NASIENIE SEED INDONESIA

12 No Nama Penanggung Jawab PendidikanBidangJumlah StafPengalaman 1.Irawan Tri BasukiDiploma IIIPimpinan42 2.Noer HidayatullahDiploma IVLapang-1 3.Riskika Amalia T.ODiploma IQuality Control -1 4.Mohammad ErfanSMAProsesing & gudang -1 5.Lintang Yakut HSMAPacking-1

13 Letak Geografis Secara geografis CV. Nasienie Indonesia terletak di Dusun Krajan, RT RW. 005 Ds. Petung, Kec. Bangsalsari, Kab. Jember-Jawa Timur- Indonesia. Ketinggian Tempat Areal CV. Nasienie Indonesia memiliki ketinggian ±63 meter diatas permukaan laut. Komoditi Benih yang Diusahakan Komoditas yang diusahakan di CV. Nasienie Indonesia adalah komoditas tanaman Hortikultura. KEADAAN UMUM CV. NASIENIE SEED INDONESIA

14 Gambar (a) Pengukuran Lahan Gambar (b) Sumber Air Lahan yang akan digunakan untuk produksi kacang panjang yaitu 26 x 17. Sumber air yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lahan sekitar 9 meter dari lahan produksi.

15 Sejarah Lahan bekas lahan produksi kacang panjang dari varietas yang sama, yang telah diistirahatkan selama 3 (tiga) bulan, untuk memutus siklus hama dan penyakit pada tanaman produksi kacang panjang sebelumnya.

16 Isolasi Terdapat lahan produksi tanaman hortikultura lain yaitu tanaman sawi dan gambas, serta tanaman pangan yaitu padi jaraknya ± 2 meter dan letak lahan produksi kacang panjang lebih tinggi dibanding lahan produksi lainnya.

17 Iklim Ketinggian tempat Curah hujan Suhu Cahaya, dan Kelembaban udara.

18 Saluran Irigasi dan Drainase Sudah terdapat saluran irigasi dan drainase, sehingga lahan produksi sudah memenuhi syarat karena mempunyai sistem irigasi yang lancar dan drainase yang baik.

19 Persiapan Lahan Pembersihan lahan Pembajakan Pembuatan Bedengan Pemupukan Dasar Pembuatan Lubang Tanam

20 Pemeraman Pemeraman benih kacang panjang dilakukan 2 hari sebelum tanam menggunakan kertas buram

21 Penanaman Metode tanam kacang panjang menggunakan sistem Tabela (Tanam Benih Langsung). Setelah benih dikecambahkan dan diperam di dalam kertas merang selanjutnya benih yang akan ditanam adalah benih yang sudah muncul akar sepanjang ± 2 cm. Masukan benih kedalam lubang tanam yang telah dibuat setelah itu tutup dengan tanah disekitarnya.

22 Perawatan Pemasangan Lanjaran dan Tali Penguat Penyiangan Pembumbunan Penyulaman Pengikatan Tanaman Perambatan Pemupukan susulan Pengairan

23 Pengendalian Hama & Penyakit Hama : Kutu Daun (Aphids croccivora) Ulat (Spodoptera litura) Penyakit : Karat Daun (Uromyces sp.) Bercak Daun (Cescospora sp.)

24 Pemanenan Pemanenan pertama pada saat tanaman berumur 58 hari setelah tanam dan untuk pemanenan selanjutnya interval 2-3 hari. Panen dapat dilakukan apabila keadaan buah sudah berwarna hijau kekuningan, biji terlihat lebih menonjol, kulit buah keriput, dan apabila bijinya dipencet dapat pindah dari tempatnya.

25 Penanganan Pasca Panen Kacang akan mengalami kondisi siap panen jika polong sudah terisi semua dan juga berwarna kehijauan, biasanya ketika kacang berumur 45 hari setelah tanam. Pengeringan polong Perontokan / Pengambilan biji Sortasi Penjemuran benih kacang panjang

26

27 Kandungan gizi kacang panjang adalah protein, karbohidrat, lemak, serat, kalsium, besi, fosfor, potasium, sodium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, dan niasin. Kandungan senyawa- senyawa di dalam kacang panjang ini berperan dalam proses proliferasi, diferensiasi, dan sintesis protein di sel target yang berbeda-beda.

28


Download ppt "PROGRAM STUDI TEKNIK PRODUKSI BENIH JURUSAN PRODUKSI PERTANIAN POLITEKNIK NEGERI JEMBER 2016 Perbanyakan Benih Kacang Panjang (Vigna sinensis L.) Varietas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google