Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perancangan Tampilan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perancangan Tampilan."— Transcript presentasi:

1 Perancangan Tampilan

2 Dokumentasi rancangan, dengan cara
Sketsa pada kertas Piranti prototipe GUI Tekstual Piranti Bantu

3 Kesesuaian User >< Aplikasi ?
Special purpose software General purpose software

4 Perkiraan calon user Kemampuan pengguna Ragam antarmuka akan digunakan

5 User Centered Design

6 Pengguna aktif memberi masukan pada perancang untuk menggambar interface (+ / -)

7 User Design User Menggambar sendiri “wajah” interface yang diinginkan

8 General Purpose Software
Menganggap aplikasi digunakan oleh user dengan beragam kepandaian & karakteristik.

9 Kondisi untuk “memaksa” user menggunakan antarmuka yang dirancang

10 customizing

11 PERANCANGAN DIALOG

12 1. Pemilihan Ragam Dialog
Dipengaruhi oleh Karakteristik Pengguna (Pemula, Menengah,Pengguna ahli) Tipe Dialog yang diperluka

13 2. Perancangan Struktur Dialog
Melakukan analisis tugas dan menentukan model pengguna

14 Analisis Tugas Proses menganalisis bagaimana manusia melaksanakan tugas dengan sistem yang ada

15 Pendekatan Analisis Tugas
Dekomposisi Tugas Untuk mengekspresikan aksi yang harus dilakukan Analisis Berbasis Pengetahuan Dimulai dengan mendaftar semua objek dan aksi yang terlibat dalam tugas dan kemudian membangun taksonominya

16

17 Perancangan Format Pesan
Tata letak tampilan & Keterangan tekstual secara rinci - Masukkan data mempertimbangkan efisiensi

18 4. Perancangan Penanganan Kesalahan
Validasi pemasukan data (mekanisme mengulang pemasukan) Proteksi pengguna  program memberi peringatan Pemulihan dari kesalahan  mekanisme membatalkan Penampilan pesan salah yang tepat,sesuai kesalahan

19 5. Perancangan Struktur Data
struktur internalnya = struktur data Struktur Data : cara penyimpanan dan pengorganisasian data-data padamemori komputer maupun file secara efektif sehingga dapat digunakan secaraefisien

20 Waktu Tanggap Pengguna menginginkan program aplikasi dapat memberikan waktu tanggap yang sependek-pendeknya. Aspek mempegaruhi : Ragam interaksi Kefasihan pengguna menjalnkan aplikasi

21 Penanganan Kesalahan Kesalahan bagi komputer berakibat fatal

22 Jenis Kesalahan Kesalahan Sintaksis terjadi saat program sedang dikompilasi, sebelum kesalahan diperbaiki maka tidak dapat dioperasikan Contoh: [1] var A, B, C1 : integer [2] begin [3] readln(A); readln(B); [4] C1 := A/B; seharusnya C1:=A div B

23 Jenis Kesalahan Kesalahan Logika Contoh: [1] var A, B, C1 : integer
[2] begin [3] readln(A); readln(B); [4] C1 := A div B; [5] writeln(C1) ; Jika memasukkan nilai 0 pada variabel B  ada pesan divide by zero (karena dalam operasi matematis pembagian dengan nol tidak akan dilaksanakan


Download ppt "Perancangan Tampilan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google