Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING"— Transcript presentasi:

1 Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
PROGRAM STUDI KEAHLIAN (SKILL DEPARTEMEN PROGRAM) : TEKNIK BANGUNAN (BUILDING TECHNOLOGY) KOMPETENSI KEAHLIAN (SKILL COMPETENCE): TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (DRAWING BUILDING TECHNOLOGY)

2 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
Siswa memahami dasar-dasar gambar teknik. Siswa mampu mengidentifikasi peralatan gambar teknik. Siswa mampu menggambar macam-macam garis. Siswa mampu menggambar proyeksi benda. Siswa mampu menggambar menggunakan perangkat lunak untuk gambar teknik. Teknologi dan Rekayasa

3 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
Memahami macam-macam sudut A. Menggambar Sudut 1. Buat garis lurus AB sembarang A B Teknologi dan Rekayasa

4 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
2. Buat garis miring AC, dengan kemiringan sembarang A C Teknologi dan Rekayasa

5 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
3. Gabungkan garis horizontal AB dengan garis miring AC, sehingga terbentuk sudut BAC A B C Teknologi dan Rekayasa

6 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
B. Memindahkan Sudut Dari sudut BAC yang sudah terbentuk buat busur lingkaran dengan A sebagian pusat, dengan jari-jari sembarang r yang memotong kaki-kaki sudut AB dan AC di n dan m B C A R n m Teknologi dan Rekayasa

7 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
2. Buat pula busur lingkaran dari A1 dengan jari-jari R1 (R = R 1) yang memotong kaki sudut A1 C1 di m1 C1 A1 R1 m1 Teknologi dan Rekayasa

8 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
3. Buat busur lingkaran dari titik m dengan jari-jari r = nm B C A R n m r Teknologi dan Rekayasa

9 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
4. Buat pula busur lingkaran dengan jari-jari r1 = r dari titik di m1 busur ini memotong busur yang pertama( jari-jari R1) di titik n C1 A1 R1 m1 n1 r1 Teknologi dan Rekayasa

10 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
5. Tarik garis A1 n1 yang merupakan kaki sudut A1 B1 n1 R1 r1 m1 A1 C1 Teknologi dan Rekayasa

11 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
6. Sudut B1 A1 C1 C1 A1 R1 m1 n1 r1 B1 Teknologi dan Rekayasa

12 hasil pemindahan dari sudut BAC
TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik 7. Maka sudut B1 A1 C1 = sudut BAC C1 A1 R1 m1 n1 r1 B1 B C A R n m sudut BAC sudut B1 A1 C1 hasil pemindahan dari sudut BAC Teknologi dan Rekayasa

13 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
C. Menggambar Segi Tiga dengan Sudut Untuk dapat menggambar segitiga minimal harus ada 3 buah yang sudah ditentukan,agar segitiga dapat dibuat sesuai yang dengan yang dikehendaki. Adapun unsur- unsur yang dapat dipakai sebagai pedoman dalam menggambar Segitiga, bila ditentukan: Teknologi dan Rekayasa

14 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
Tentukan panjang garis AB dan AC, dengan menggunakan jangka sebagai alat ukurnya A C B 1 2 Teknologi dan Rekayasa

15 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
Tentukan sudut yang diinginkan. - caranya buat busur lingkaran dengan titik pusat di A - buat pula busur lingkaran kedua dengan titik pusat di m, perpotongan antara garis AB dengan busur lingkaran yang bertitik pusat di A 2 6 A B m 3 4 n 5 Teknologi dan Rekayasa

16 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
2. Gambar garis AB, dengan panjang sesuai dengan yang ditentukan. A B Teknologi dan Rekayasa

17 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
3. Buat busur lingkaran yang sudah ditentukan, titik pusat di A, beri nama titik m pertemuan antara garis AB dengan busur lingkaran A B m Teknologi dan Rekayasa

18 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
4. Buat busur lingkaran kedua dengan titik pusat di m, perpotongan antara dua buah busur lingkaran tersebut diberi nama titik n A B m n Teknologi dan Rekayasa

19 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
5. Buat busur lingkaran di titik A, dengan jari-jari AC, untuk memindahkan garis AC melalui titik n A B m n Teknologi dan Rekayasa

20 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
5. Buat garis AC di titik A melalui titik n, sampai berpotongan dengan busur C A B m n C Teknologi dan Rekayasa

21 TEKNIK GAMBAR BANGUNAN Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik
5. Buat garis dari titik B ke titik C, untuk dijadikan sebuah segi tiga A B m n C ABC adalah segi tiga yang sudah ditentukan panjang garis AB, AC dan sudutnya Teknologi dan Rekayasa


Download ppt "Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google