Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANTARMUKA BERBASIS MENU

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANTARMUKA BERBASIS MENU"— Transcript presentasi:

1 ANTARMUKA BERBASIS MENU
Rani Susanto, M.Kom

2 Menu  sekumpulan pilihan yang ditampilkan pada layar, setiap menu mewakili sebuah perintah.
Pengguna memilih sebuah perintah dari sejumlah perintah yang disusun ke dalam sejumlah menu dan melihat pengaruhnya. Tujuan Menu  menciptakan organisasi menu yang pantas, mudah dipahami, mudah diingat dan tepat sesuai dengan tugas pengguna.

3 JENIS MENU Variasi Menu

4 Organisasi Menu Berbasis Tugas
Single Menu Sequential Linear Menu Simultaneous Menus Hierarchical or Sequential Menu Connected Menu Menu Tunggal Menu Biner Menu Tunggal Banyak Pilihan Menu Datar Menu Tarik Menu berbasis Ikon dan Toolbar Menu dengan Pilihan yang Panjang Menu dan Hotlink tertanam Menu breadcumb Kombinasi Banyak Menu Menu Linear Menu Serempak Menu berstruktur Pohon Peta Situs Jaring Menu tak berputar dan berputar

5 ORGANISASI MENU BERBASIS TUGAS
VARIASI MENU (STRUKTUR MENU) ORGANISASI MENU BERBASIS TUGAS

6 “Struktur menu mendefinisikan tingkat kendali pengguna dalam melaksanakan sebuah task (tugas).

7

8

9 Menu tunggal memungkinkan pengguna untuk memilih satu dari dua pilihan ataupun sejumlah pilihan

10 MENU BINER Hanya boleh memilih satu pilihan dari dua pilihan

11 MENU TUNGGAL DENGAN BANYAK PILIHAN

12 MENU DATAR Menu datar merupakan menu berbasis teks konvensional dengan semua menu yang tersedia ditampilkan pada layar. Contoh:

13 MENU TARIK (Pull Down Menu)
Menu yang memiliki banyak pilihan, tapi karena keterbatasan ruang pilihan yang ada hanya terlihat pada saat menu utamanya di klik. Pertama kali di kenalkan oleh Xerox Star, Apple Lisa dan Apple Macintosh

14 MENU BERBASIS IKON DAN TOOLBAR
Pada menu berbasis ikon dan toolbar, pilihan dinyatakan sebagai suatu ikon atau toolbar tertentu. Contoh:

15 MENU DENGAN PILIHAN YANG PANJANG
Jika menu memiliki pemilihan yang panjang dan tidak mungkin ditampilkan seluruhnya. Biasanya dikelompokkan menjadi beberapa kategori dan biasanya diimplementasikan dalam bentuk struktur pohon. Menu Gulung Kotak Kombo Menu Mata Ikan Penggeser Menu Dua Dimensi

16 Menu Gulung Sejumlah pilihan ditampilkan sesuai dengan ukuran daerah kerja tampilan yang dapat digunakan Diurutkan secara alfabetis

17 Kotak Kombo

18 Menu Mata Ikan Semua pilihan ditampilkan
Hanya untuk pilihan yang letaknya jauh dari posisi kursor akan ditampilkan dengan font/ikon berukuran kecil sementara yang dekat dengan kursor akan ditampilkan dengan font/ikon berukuran normal

19 Penggeser Digunakan jika harus memilih suatu nilai yang terletak diantara dua batas

20 Menu Dua Dimensi Pilihan yang tersedia disusun menjadi sejumlah baris dan kolom seperti sebuah tabel Biasanya digunakan untuk perancangan situs Web Untuk mengurangi proses penggulungan layar karena jumlah menu yang banyak.

21 MENU DAN HOTLINK TERTANAM
Menu tertanam adalah menu yang dapat ditambahkan sendiri oleh pengguna suatu aplikasi, misalnya Google Earth. Menu hotlink banyak dijumpai di situs Website yang tujuannya untuk membawa pengguna ke informasi tertentu.

22 MENU BREADCRUMB Untuk membantu pengguna menavigasi dirinya ke ruang informasi yang tersedia, seringkali digunakan menu breadcrumb

23 Pada sejumlah aplikasi, khususnya yang berbasis Web, biasanya dijumpai sejumlah ragam menu yang berbeda KOMBINASI BANYAK MENU

24 MENU LINEAR DAN MENU SEREMPAK
Menu disusun secara linear sehingga membantu pengguna dalam mengambil keputusan secara bertahap Contoh : Saat pengguna membeli Pakaian, harus memilih dulu ukuran, warna dll

25 MENU BERSTRUKTUR POHON
Menu disusun dan dikelompokan berdasarkan kriteria kriteria tertentu

26 PETA SITUS Digunakan untuk membantu pengguna mengetahui secara keseluruhan ruang informasi yang tersedia

27 CARA MENGORGANISIR PILIHAN
Untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi yang dibangun. Berupa pengelompokan dan pengurutan pilihan yang tersedia CARA MENGORGANISIR PILIHAN

28 PENGELOMPOKAN BERBASIS TUGAS
Satukan pilihan – pilihan yang secara logis serupa. Contoh : Kelompok Alamat Tingkat 1 : Nama Provinsi Tingkat 2 : Nama Kota Kelompokkan berdasar nilai tertentu. Contoh : Kelompok Umur 0 – 9 10 – 19 >20 Pastikan pilihan tidak saling tumpang tindih. Contoh : Penggunaan Kalimat “Hiburan” dan “Peristiwa” lebih membingungkan “Konser” dan “Olahraga” tidak membingungkan Gunakan istilah yang sederhana & pastikan antara pilihan harus berbeda. Contoh : Penggunaan istilah “Pagi” dan “Malam” diganti dengan istilah AM/PM

29 PENGURUTAN PENYAJIAN PILIHAN
Dasar pengurutan : Waktu (urutan kronologis) Urutan Numerik (secara Ascending – Descending) Sifat Fisik (co/ Panjang, Luas, Volume dll) Dasar kemungkinan pengurutan : Pilihan paling penting diletakkan sebagai pilihan pertama Pilihan paling sering digunakan diletakkan sebagai pilihan pertama Kelompok dari sejumlah pilihan terkait (dipisahkan dengan baris kosong dll) Urutkan secara alfabetis

30


Download ppt "ANTARMUKA BERBASIS MENU"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google