Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRINSIP-PRINSIP DESAIN

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRINSIP-PRINSIP DESAIN"— Transcript presentasi:

1 PRINSIP-PRINSIP DESAIN
Pertemuan 5 Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK

2 PRINSIP-PRINSIP DESAIN
Kesatuan (Unity) & Keselarasan (Harmony) Keseimbangan (Balance) Skala (Scale) & Proporsi (Proportion) Irama (Rhythm) Penekanan/fokus (Emphasis) Contrast & Variety Repetisi (Repetition)

3 KESATUAN (UNITY) Kesatuan merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat cerai-berai, kacau-balau yang mengakibatkan karya tersebut tidak nyaman dipandang. Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan.

4 KESATUAN (UNITY) & KESELARASAN (HARMONY)

5 KESATUAN (UNITY) & KESELARASAN (HARMONY)

6 KESATUAN (UNITY) & KESELARASAN (HARMONY)

7 KESATUAN (UNITY) & KESELARASAN (HARMONY)

8 KESEIMBANGAN (BALANCE)
Karya seni dan desain harus memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang dan tidak membuat gelisah. Seperti halnya jika kita melihat pohon atau bangunan yang akan roboh, kita merasa tidak nyaman dan cenderung gelisah. Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda jika semua daya yang bekerja saling meniadakan. Dalam bidang seni keseimbangan ini tidak dapat diukur tapi dapat dirasakan, yaitu suatu keadaan di mana semua bagian dalam sebuah karya tidak ada yang saling membebani.

9 KESEIMBANGAN (BALANCE)

10 KESEIMBANGAN (BALANCE)

11 KESEIMBANGAN (BALANCE)

12 SYMMETRICAL BALANCE

13 ASYMMETRICAL BALANCE

14 RADIAL BALANCE

15 SKALA (SCALE) & PROPORSI (PROPORTION)
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan-perbandingan yang tepat.

16 SKALA (SCALE) & PROPORSI (PROPORTION)

17 SKALA (SCALE) & PROPORSI (PROPORTION)

18 SKALA (SCALE) & PROPORSI (PROPORTION)

19 IRAMA (RHYTHM) Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk-bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk-bentuk unsur rupa.

20 IRAMA (RHYTHM)

21 IRAMA (RHYTHM)

22 IRAMA (RHYTHM)

23 PENEKANAN/FOKUS (EMPHASYS)
Dominasi merupakan salah satu prinsip dasar tatarupa yang harus ada dalam karya seni dan desain. Dominasi berasal dari kata Dominance yang berarti keunggulan. Sifat unggul dan istimewa ini akan menjadikan suatu unsur sebagai penarik dan pusat perhatian. Dalam dunia desain, dominasi sering juga disebut Center of Interest, Focal Point dan Eye Catcher. Dominasi mempunyai bebrapa tujuan, yaitu untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan, dan untuk memecah keberaturan.

24 PENEKANAN/FOKUS (EMPHASYS)

25 PENEKANAN/FOKUS (EMPHASYS)

26 PENEKANAN/FOKUS (EMPHASYS)

27 PENEKANAN/FOKUS (EMPHASYS)

28 CONTRAST & VARIETY

29 CONTRAST & VARIETY

30 CONTRAST & VARIETY

31 CONTRAST & VARIETY

32 CONTRAST & VARIETY

33 REPETISI (REPETITION)

34 REPETISI (REPETITION)

35 REPETISI (REPETITION)

36 REPETISI (REPETITION)

37 REPETISI (REPETITION)

38 REPETISI (REPETITION)

39 REPETISI (REPETITION)


Download ppt "PRINSIP-PRINSIP DESAIN"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google