Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya"— Transcript presentasi:

1 Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
pertemuan 3: Modelling Oleh: Moh. Zikky, M.T Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

2 Polygon Merupakan pembentuk dasar bangun 3 dimensi
Polygon tidak selalu berbentuk bidang geometri misalnya kubus, kerucut atau lainnya, tetapi merupakan penyusun dasar bidang- bidang dalam objek Terdiri panjang dan lebar

3 Polygon (lanj) Face / sisi Edge / garis tepi
Vertex / point / titik penghubung Origin Point

4 Mesh Origin Point = Vertices Edges Faces

5 A triangle, a quad, and an n-gon
Polygon (lanj) A triangle, a quad, and an n-gon

6 Modelling pada Blender
Direct mesh editing  pengeditan berdasarkan vertex, edge dan face Sculpting  membentuk objek, “memahat” objek

7 Modelling pada Blender (lanj)
Edit Mode  Tab key

8 Modelling Pada Blender (lanj)
Vertex Mode Face Mode Edge Mode

9 Edit mode Limit selection

10 Modelling pada Blender (lanj)
Lakukan experiment pada object primitive pada Blender Anda Klik kanan untuk memilih bidang seleksi yang akan di edit/modifikasi

11 Tool Mesh Editing Extrude  penebalan bidang seleksi  E
Fill  isi bidang  F

12 Tool Mesh Editing (lanj)
Edge loop  pengeditan pada sekumpulan vertice dihubungkan dalam sebuah garis atau lingkaran.  ctrl + r

13 The Edges Menu Ctrl+E : Edge Slide: This allows the selected edgeloop (or part of an edgeloop) to be moved from side to side. Edge Loop: If you have one edge selected, this option will continue the line to select the rest of the edgeloop until it comes to a fork in the edgeflow or a dead end. Edge Ring: If one edge is selected, using this option selects a parallel ring running perpendicular to the selected edge. In other words, two edgeloops are selected, running through the vertices of the selected edge.

14 Delete Edgeloop Simply select the edgeloop (you can use the Edges menu’s Edge Loop option to do this), press the X key, and choose Edgeloop from the pop-up menu

15 Tool mesh editing (lanj)
Penggabungan vertice/merging vertice  menggabungkan vertice menjadi satu titik  Alt+M

16 Tool mesh editing (lanj)
Penggabungan  ctrl + J Pemisahan object mesh  membuat potongan mesh dari objek yang dipilih  P  loose part

17 Adding a Multiresolution Modifier
Click the Modifiers tab (the wrench) in the main Properties panel to the right of the screen. You should see a button labeled Add Modifier. On pressing this you will be confronted with an extensive list of possible modifiers. In the leftmost column (under Generate), choose Multiresolution.

18 Adding a Multiresolution Modifier

19 Latihan Editlah objek monkey (Shift+A  Monkey) dengan vertex dan sculpt Buatlah Objek seperti Gambar dibawah ini: Kursi dan Meja Rak b) Lowpoly Human


Download ppt "Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google