Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Center of ICT For Education Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia setjen.kemdikbud.go.id/pustekkom Pusat Teknologi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Center of ICT For Education Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia setjen.kemdikbud.go.id/pustekkom Pusat Teknologi."— Transcript presentasi:

1 Center of ICT For Education Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia setjen.kemdikbud.go.id/pustekkom Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan

2 Tugas Pustekkom Melaksanakan pengembangan, pembinaan dan evaluasi kegiatan di bidang teknologi pendidikan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan

3 Layanan Pustekkom saat ini KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

4 Rumah Belajar Rumah Belajar adalah portal pendidikan yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi dan interaksi antar komunitas pendidikan. Pemanfaatan Rumah Belajar ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas.

5 Fitur Rumah Belajar Kelas Maya Pengembangan Profesi Berkelanjutan Sumber Belajar Sosialisasi Kurikulum 2013 Wahana Jelajah Angkasa

6 Kelas Maya Kelas Maya merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran virtual antara siswa dan guru kapan saja dan di mana saja. Pada waktu tertentu yang terjadwal oleh guru, siswa dapat mengikuti pembelajaran virtual dengan guru melalui tool komunikasi sinkronous (chat, video conference, audio conference, desktop sharing, whiteboard, dll). Strategi pembelajaran yang dikembangkan di Kelas Maya yaitu strategi pembelajaran lebih bersifat konstruktivistik yang menuntut pembelajaran aktif dan berpusat pada siswa untuk mendorong keterampilan siswa.

7 Sarana pembelajaran online bagi siswa dan guru Belajar kapan saja, dimana saja, dengan siapa saja

8 Virtual Classroom

9 Proses Pembelajaran Asinkronous Mempelajari materi terstruktur •Kegiatan awal •Kegiatan inti •Kegiatan penutup Sinkronous Tutorial maya terjadwal •Video conference •Chatting •Whiteboard •Desktop sharing kapan saja di mana saja di mana saja, tapi pada saat bersamaan

10 Pengembangan Profesi Berkelanjutan Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PPB) merupakan salah satu fasilitas yang tersedia pada Portal Rumah Belajar. PPB mencakup kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dapat diambil oleh guru secara online. Seorang guru dapat mengambil pelatihan, yang terdiri dari rangkaian diklat sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya. Setiap pengguna dapat mengakses aplikasi melalui web

11 Seluruh aktivitas belajar, mencakup membaca ataupun mendownload bahan belajar, mengikuti forum diskusi, tutorial, chatting, mengerjakan tugas, latihan, ujian on line, dll dapat dilakuan melalui komputer yang terhubung ke internet Pembelajaran dikelola dalam sebuah sistem aplikasi LMS, yang dapat mencatat dan mengolah seluruh aktitas peserta dalam mengikuti diklat.

12 Sarana Pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh Online bagi penyelenggara pendidikan dan pelatihan di lingkungan Kemdikbud maupun non Kemdikbud untuk pendidik dan tenaga kependidikan dan kebudayaan dan tenaga profesi lainnya

13 Fasilitas e-learning untuk persekolahan Pusat repositori bahan belajar digital Fasilitas e-learning untuk pelatihan dan pengembangan profesi berkelanjutan Fitur Utama

14 Guru Pratama •Penata Muda Gol III/a; •Penata Muda Tingkat I Gol III/b Guru Muda •Penata Gol III/c •Penata Tingkat I Gol III/d Guru Madya •Pembina Gol IV/a •Pembina Tingkat I Gol IV/b •Pembina Utama Muda Gol IV/c Guru Utama •Pembina Utama Madya Gol IV/d •Pembina Utama Gol IV/e PEDAGOGIPROFESIKEPRIBADIANSOSIAL INTEGRASI DENGAN TIK

15

16 Proses Pembelajaran AsinkronousSinkronous kapan saja di mana saja di mana saja, tapi pada saat bersamaan Mempelajari materi terstruktur •Mempelajari materi •Mengikuti forum diskusi •Mengerjakan tugas •Mengerjakan tes online Tutorial maya terjadwal •Video conference •Chatting •Whiteboard •Desktop sharing

17 Sumber Belajar RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Guru dapat mendownload dan mengupload materi rancangan pembelajaran (RPP) BAHAN BELAJAR Guru dapat mendownload multimedia pembelajaran seperti:materi pokok, modul online, animasi, simulasi, video, audio, buku elektronik. AKTIVITAS BELAJAR (FORUM – KELAS MAYA – BIMBINGAN BELAJAR) Forum interaktivitas pembelajaran, mencakup; forum guru mata pelajaran, forum siswa, forum bimbingan belajar baik sinkronus maupun asinkronus.

18 BANK SOAL Sarana evaluasi belajar berisi kumpulan soal, yang terbagi ke dalam dua kategori, yakni; 1.Soal-soal latihan interaktif di mana siswa dapat memilih materi atau topik tertentu yang diminatinya. 2.Soal-soal ujian, try out sesuai dengan bidang studi KATALOG MEDIA pembelajaran, terdiri dari; teks, grafis, foto, video, audio, dan animasi yang dapat dimanfaatkan langsung dalam proses pembelajaran dengan cara di unggah ataupun di buka langsung dari portal rumah belajar.

19 Sumber Belajar bahan belajar digital GRATIS! cetak, image, audio, video, animasi, simulasi, game, latihan, untuk semua jenjang dan jenis pendidikan Telah tersedia lebih dari

20 Wahana Jelajah Angkasa

21 Merupakan kumpulan konten yang ada di rumah belajar dan TV serta Radio Edukasi, Jenis media yang ada : • Buku Sekolah Elekteronik (Pdf) • Teks • Gambar • Video • Audio • Animasi • Simulasi Informasi Konten Offline

22 DATA KONTEN Ada judul : Pokok Penunjang SD : judul SMP : judul Buku Sekolah Elektronik (BSE) –Teks AudioAnimasi – Simulasi - Gambar Video SMA : judul SMK : 940 judul PAUD : 6 judul Pokok Penunjang Pokok Penunjang Video Umum Penunjang : 809 Judul

23 Tahap ke 1 Buka Folder “KONTEN”

24  Double Klik File “Konten SD” atau “Konten SMP” atau “Konten SMA” untuk membuka konten interaktif Cara Penggunaan Konten Offline Tahap ke 2

25  Klik Jenjang Pendidikan misalnya, SD Tahap ke 3

26  Klik Kelas yang diinginkan, misal : Kelas 4, Kelas 5 atau 6 Tahap ke 4

27  Klik Mata Pelajaran, misal : Pkn, Matematika, atau Bahasa Inggris Tahap ke 5

28 RUMAH BELAJAR OFFLINE Rumah Belajar Offline Panduan Penggunaan

29 RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. Guru dapat mendownload dan mengupload materi rancangan pembelajaran (RPP) BAHAN BELAJAR. Guru dapat mendownload multimedia pembelajaran seperti:materi pokok, modul online, animasi, simulasi, video, audio, buku elektronik. AKTIVITAS BELAJAR (FORUM – KELAS MAYA – BIMBINGAN BELAJAR) Forum interaktivitas pembelajaran, mencakup; forum guru mata pelajaran, forum siswa, forum bimbingan belajar baik sinkronus maupun asinkronus.

30 BANK SOAL. Sarana evaluasi belajar berisi kumpulan soal, yang terbagi ke dalam dua kategori, yakni; 1.Soal-soal latihan interaktif di mana siswa dapat memilih materi atau topik tertentu yang diminatinya. 2.Soal-soal ujian, try out sesuai dengan bidang studi KATALOG MEDIA pembelajaran, terdiri dari; teks, grafis, foto, video, audio, dan animasi yang dapat dimanfaatkan langsung dalam proses pembelajaran dengan cara di unggah ataupun di buka langsung dari portal rumah belajar.

31 RPP Interaktif

32 Bahan Belajar Interaktif

33 Katalog Media - Animasi

34 Video

35 Audio

36 Buku

37 PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKAS I Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Penggunaan Rumah Belajar Offline

38 Hardware •Memory 512 MB Software •Web Browser (Firefox) •Flash Player •Reader (Acrobat Reader) •Windows Media Player/Winamp Requirement Minimal

39 Tahap ke 1 Buka Folder “WEB RUMAH BELAJAR”

40 Tahap ke 2 Klik dua kali file “usbwebserver”

41 Tahap ke 3 Klik pada menu “localhost”

42 Tahap ke 4 Rumah Belajar Offline sudah siap digunakan

43 Any Questions? setjen.kemdikbud.go.id/pustekkom Facebook : twitter : Helpdesk Pustekkom


Download ppt "Center of ICT For Education Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia setjen.kemdikbud.go.id/pustekkom Pusat Teknologi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google