Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) PRESENTASI PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) PRESENTASI PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL."— Transcript presentasi:

1 Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) PRESENTASI PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL

2 Contoh sederhana penapis digital

3 berikut merupakan contoh gambaran penting dari suatu penapis digital. •Satuan penguat penapis Dimana masing-masing nilai keluaran yn adalah sama persis dengan nilai masukan xn ; yo = xo y1 = x1 y2 = x2 ……etc. ini adalah suatu kasus sederhana di mana saringan tidak punya efek dengan sinyal.

4 •Penguat penapis sederhana Dimana hanya menggunakan suatu penguat faktor K untuk masing-masing nilai masukan ; yo = Kxo y1 = Kx1 y2 = Kx2 ……etc. K>1 dapat digunakan untuk penapis amplifier, sedangkan 0

5 •Penapis penunda Dimana nilai keluaran pada saat waktu t = nh merupakan nilai masukan pada saat waktu t = (n-1 )h, maksudnya adalah sinyal tersebut ditunda selama waktu h ; y0 = x-1 y1 = x0 y2 = x1 y3 = x2 ……etc. Catatan bahwa contoh sederhana tersebut diasumsikan untuk memulai pada t = 0, nilai masukan x-1 pada t = -h yang digambarkan. Contoh ini adalah gambaran umum yang diambil ( dan nilai yang lain dari x lebih dulu untuk t = 0 ) sama dengan nol.

6 •Dua masukan penapis yang berbeda Nilai keluaran pada t = nh sama dengan perbedaan antara arus masukan xn dan masukan sebelumnya xn-1 ; y0 = x0 - x-1 y1 = x1 - x0 y2 = x2 - x1 y3 = x3 - x2 ……etc. Merupakan keluaran yang dapat berubah didalam masukan dengan interval h, dampak dari suatu penapis tersebut adalah sama halnya dengan analog differentiator sirkit.

7 •Dua masukan rata-rata penapis Merupakan keluaran rata-rata ( aritmatika mean ) pada arus dan masukan sebelumnya ; y0 = ( x0 + x-1 ) / 2 y1 = ( x1 + x0 ) / 2 y2 = ( x2 + x1 ) / 2 y3 = ( x3 + x2 ) / 2 ……etc. Ini merupakan contoh sederhana dari penapis lolos rendah ( low pass filter ) dimana rata-rata tersebut untuk memudahkan keluaran frekuensi tinggi yang bermacam-macam didalam sinyal. ( kami akan melihat pada beberapa gambaran tentang penapis lolos rendah tersebut nanti ).

8 •Tiga masukan rata-rata penapis Merupakan suatu persamaan pada contoh sebelumnya, dengan rata-rata yang diambil atau diberikan pada arus dan dua masukan sebelumnya ; y0 = ( x0 + x-1 + x-2 ) / 3 y1 = ( x1 + x0 + x-1 ) / 3 y2 = ( x2 + x1 + x0 ) / 3 y3 = ( x3 + x2 + x1 ) / 3 ……etc. Sebelumnya, nilai x-1 dan x-2 diberikan nilai nol.

9 •Pusat penapis yang berbeda Merupakan suatu persamaan dari hasil pada contoh ( 4 ). Dimana keluaran tersebut sama dengan setengah perubahan didalam sinyal tersebut diatas pada dua interval sederhana yang sebelumnya ; y0 = ( x0 - x-2 ) / 2 y1 = ( x1 - x-1 ) / 2 y2 = ( x2 - x0 ) / 2 y3 = ( x3 - x1 ) / 2 ……etc.

10 Terima Kasih


Download ppt "Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) PRESENTASI PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google