Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARRAY. Array merupakan koleksi data dimana setiap elemen memakai nama yang sama dan bertipe sama dan setiap elemen diakses dengan membedakan index array-nya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARRAY. Array merupakan koleksi data dimana setiap elemen memakai nama yang sama dan bertipe sama dan setiap elemen diakses dengan membedakan index array-nya."— Transcript presentasi:

1 ARRAY

2 Array merupakan koleksi data dimana setiap elemen memakai nama yang sama dan bertipe sama dan setiap elemen diakses dengan membedakan index array-nya.

3 L INEAR A RRAY Linear Array (biasa disebut Array) adalah salah satu bentuk struktur data yang bersifat Linear (continue). Nilai data Array harus homogen (bertipe data sama).

4 ARRAY BERDIMENSI SATU Representasi (Pemetaan) di memori Memori komputer untuk pemetaan linear array dibentuk secara linear pula. Memori memiliki alamat (address), ibarat suatu komplek perumahan. Sebagai identifikasi, maka rumah- rumah tsb diberi nomor yang urut dalam pola yang tertentu (misalnya dari kecil ke besar). Pemetaan di memori juga berfungsi sebagai identifikasi letak data, agar kelak data tsb dapat diambil kembali, maka akan dengan tepat ditemui data tersebut.

5 A RRAY D IMENSI S ATU Banyaknya alamat di memori tergantung dari jenis komputer yang digunakan, misalnya dari alamat hingga FFFFFF (dalam sistem bilangan Hexadesimal). Setiap alamat dapat ditempati oleh data sebesar satu byte. Ketika kita memasukkan data baru, maka komputer akan mencatat dimana data itu disimpan. Elemen data pertama yang disimpan dalam alamat memori disebut dengan Base Address (B). ***

6 A RRAY D IMENSI S ATU Jika kita memiliki 20 nilai data dalam variabel ber- subscript A yang masing-masing memerlukan 8 byte data dan base addressnya di 1000 berada di alamat berapakah mulainya nilai data A yang ke-18 disimpan?

7 A RRAY D IMENSI S ATU Berikut gambaran pemetaan data A di memori Lihat gambar di bawah ini, nilai data A (18) disimpan mulai dari alamat 1136 di memori.

8 F ORMULA P ERHITUNGAN A LOKASI M EMORY A RRAY Keterangan: AD = Posisi alamat awal dari nilai data yang akan dicari B = Base Address SK = Subscript keberapa yang akan dicari LD = Lebarnya data yang dapat disimpan disetiap alamat memori AD = B + (SK-1) * LD AD = (18-1) * 8 AD = * 8 AD = AD = 1136

9 A RRAY DENGAN J AVA DEKLARASI ARRAY DENGAN C++ Perlu diperhatikan bahwa Java secara otomatis akan menyediakan lokasi memori sesuai dengan yang dideklarasikan, dimana nomor indeks selalu dimulai dari 0. Berikut adalah contoh variabel bernama C yang mempunyai 5 (lima) lokasi memori yang semuanya bertipe int. •Masing-masing nilai dalam setiap lokasi mempunyai identitas berupa nama (‘C’) dan nomor indeks yang dituliskan di dalam tanda kurung siku ‘[ ]’ •Sebagai contoh: 72 adalah nilai dari C[3]. •Nilai indeks merupakan suatu ekspresi.

10 Variabel array dideklarasikan dengan mencantumkan tipe dan nama variabel yang diikuti dengan banyaknya lokasi memori yang ingin dibuat. Dengan demikian, deklarasi untuk variabel array C di atas adalah: intC[5] Perlu diperhatikan bahwa java secara otomatis akan menyediakan lokasi memori sesuai dengan yang dideklarasikan, dimana nomor indeks selalu dimulai dari 0. Nilai suatu variabel array dapat juga diinisialisasi secara langsung pada saat deklarasi, misalnya: intC[5] = { -45, 0, 6, 72, 1543 } Berarti setiap lokasi memori dari variabel array C langsung diisi dengan nilai-nilai yang dituliskan di dalam tanda kurung kurawal.


Download ppt "ARRAY. Array merupakan koleksi data dimana setiap elemen memakai nama yang sama dan bertipe sama dan setiap elemen diakses dengan membedakan index array-nya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google