Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CONDUCTING INTERACTIVE SEQUEN FOR MULTIMEDIA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CONDUCTING INTERACTIVE SEQUEN FOR MULTIMEDIA"— Transcript presentasi:

1 CONDUCTING INTERACTIVE SEQUEN FOR MULTIMEDIA
Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio Kelompok Teknologi Informasi dan komunikasi Penyusun : Ahadiat,S.ST Dadang Abdurrakhman,S.Pd Drs.Liliek Julianto Taufan Adhiwiranto, S.sos Agus Nuryaman

2 CONDUCTING INTERACTIVE SEQUEN FOR MULTIMEDIA
Mengidentifikasi Sekuen Interaktif

3 Dasar-dasar Sekuen Interaktif
Di dalam sebuah sekuen interaktif terdapat komunikasi dua arah atau komunikasi interaktif, yang merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan dimana antara kedua belah pihak bisa saling berhubungan dengan langsung baik melalui media ataupun tidak melalui media dan saling terjadi feed back atau timbal balik di dalamnya.

4 Beberapa media Interaktif
Banyak media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi interaktif. Internet adalah salah satu media untuk melakukan komunikasi interaktif. Melalui , chatting ataupun mailist kita bisa berkomunikasi dengan orang lain walaupun kita tidak tahu dimana posisi orang yang kita ajak berkomunikasi itu berada.

5 Media televisi juga dapat dikatakan sebagai media komunikasi interaktif ketika dalam suatu acara talk show diadakan perbincangan anatara komunikator dan komunikan secara langsung. Misalnya ketika ada telepon interaktif.

6 Begitu juga dengan radio, radio juga dapat menjadi media komunikasi interaktif ketika adanya pendengar yang menelepon saat o air untuk request lagu ataupun berpendapat tentang suatu masalah apabila di radio tersebut sedang ada acara talk show.

7 Akhirnya dapat disimpulkan secara garis besar, sistem komunikasi dibutuhkan untuk jasa telekomunikasi (telepon, telegrap, telex, transmisi data) dan juga jasa penyiaran (berita, penerangan) dengan mengutamakan penyiaran yang dapat didengar melalui radio atau yang nampak mata dan dapat didengar melalui televisi.

8 Sekuen Interaktif terdapat dalam seluruh aspek komunikasi.
Kesimpulan Pengertian merupakan potongan adegan dalam suatu proses penyampaian pesan melalui media dimana terjadi hubungan timbal balik antara komunikan dan komunikator melalui media. Sekuen Interaktif terdapat dalam seluruh aspek komunikasi.

9 Perangkat Sekuen Interaktif
Diantara yang harus di perhatikan dalam sekuen interaktif adalah alat-alat yang dapat menunjang sekuen interaktif tersebut. Antara lain peralatan atau perangkat-perangkat yang menghubungkan sang komunikator dan komunikan. Antara lain alat-alat yang men

10 Telepon Merupakan Alat yang dipakai untuk komunikasi jarak jauh. Dapat menghubungkan Komunikator dan Komunikan dalam sekuen interaktif dalam multimedia.

11 Prinsip Dasar Prinsip dasar telepon adalah gelombang
suara diubah menjadi gelombang/ sinyal listrik oleh mikropon, yang diteruskan melalui kabel dan di tempat tujuan diubah kembali menjadi gelombang suara.

12 Faximile Mesin Faxsimile adalah mesin yang dapat meruba data
/tulisan/gambar yang ada di kertas menjadi data elektrik dengan proses scaning seperti pada mesin fotokopi. dapat digunakan sebagai fotokopi. Namun jarang di gunakan dalam multimedia Radio.

13 Proses Proses pengiriman dilakukan dengan cara menelpon nomor
telepon tujuan untuk memberitahukan bahwa akan mengirim fax. Nomor tujuan menghidupkan mesin fax dan menunggu sampai proses pengiriman selesai. Data tercetak di kertas sama persis dengan data yang dikirimkan oleh pengirim.

14 Teleprinter Teleprinter merupakan alat komunikasi tertulis elektronik jarak jauh yang dipergunakan pada jasa telekomunikasi dalam bentuk Telex (Teleprinter exchange).

15 Tidak Semua program di dalam multimedia mengandung sekuen interaktif program-program ini dikhususkan secara teknis dan penyiaran nya. Adapun acara yang mengandung sekuen interaktif

16 Program Music ini program utama radio manapun kecuali radio
khusus berita. Biasanya berisi pemutaran lagu pilihan pendengar diselingi info ringan atau kuis, seusai pemutaran lagu biasanya diselingi juga komentar tentang lagu tersebut.

17 Program Talkshow biasanya mendatangkan nara sumber atau bintang tamu
untuk bincang-bincang tentang sebuah tema atau topik hangat. News Program, disebut juga acara berita.

18 Penyiar Sekuen Interaktif
Dalam sekuen interaktif ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang penyiar. Antara lain

19 Penyiar harus komunikatif dapat menyampaikan apa yang akan dia sampaikan pada pendengarnya.

20 Intinya sang penyiar harus dapat mensugestikan kepada sang pendengar apa yang dia suarakan.

21 Apabila penyiar telah dapat menyampaikan pesan nya secara komunikatif maka akan terjadi interaksi antara sang pendengar dan penyiar.

22 Membuat Sekuen Interaktif Untuk Multimedia
Menulis Sekuen Interaktif

23 Penulisan Sekuen Interaktif
Dalam penulisan sekuen interaktif terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

24 Awali dengan berpikir (think) apa yang akan ditulis (ingat tujuan tulisan, sudut pandang, dan dampak yang diharapkan). Ucapkan apa yang akan ditulis tersebut dengan keras. Baru tuliskan apa yang Anda ucapkan tadi. Baca lagi, apakah sudah enak didengar.

25 Tips-tips Penulisan Naskah
Gunakan Kalimat Tunggal / hindari kalimat majemuk. Gunakan kata-kata positif/ hindari kata-kata negatif. Gunakan kalimat aktif/ hindari kalimat pasif. Gunakan kalimat sekarang (present tense) Hindari terlalu banyak menggunakan angka. Hindari terlalu banyak menggunakan singkatan. Hindari terlalu banyak memakai istilah asing.

26 Ciri-ciri Naskah Radio
Bahasa Lisan – Tulisan (Audio Only) Singkat – Panjang (Half Ears Media) Deskriptif – Tidak (Theater of Mind)Pengulangan – Tidak (Clarity)Sesuai segmen /Dekatkan dgn pendengar –Tidak (Personal)Tidak ada judul – ada judul Kalimat tidak langsung – banyak kutipan Sejumlah perbedaan tidak mendasar…

27 Contoh Naskah Listener/ perhatian nih buat yang suka lewat jalur Kelapa Dua/ atau tinggal di wilayah sekitarnya// Baru saja saya mendapat kabar tentang kecelakaan lalulintas/ tabrakan beruntun// Tidak tanggung-tanggung yang tabrakan ada 10 kendaraan// Ada truk/ bis/ angkot dan juga sepeda motor// Akibatnya pasti fatal dong… 3 orang tewas/ serta puluhan lainnya luka berat dan ringan// Saksi mata di lokasi kejadian mengungkapkan/ kecelakaan akibat angkot yang berhenti mendadak// Blaar… bis dan truk pun tidak bisa menghindarinya// dst…

28 Penulisan Naskah Sekuen Interaktif(Talkshow)
OPENING : Sama seperti opening biasa, plus perkenalkan narasumber. Jika interaktif, jangan lupa mengundang narasumber dan sebutkan nomor telpon/sms. Setelah opening, biasanya langsung menyapa dan ngobrol dengan sang tamu.

29 Kalimat sebelum break/lagu
TEASING : Sebutkan topik apa lagi yang akan dibahas dengan si tamu, setelah break atau lagu. Buat pendengar penasaran dgn info paling menarik. Trik 1 – berikan pertanyaan menarik kepada tamu, lalu katakan pada pendengar, si tamu akan menjawabnya setelah break/lagu. Trik 2 – bila ada pertanyaan dari penelpon/sms, dan pertanyaannya menarik. Katakan akan dijawab setelah break. Trik 3 – potong penjelasan tamu pada saat sedang mengupas masalah menarik.

30 Kalimat setelah break atau lagu
­ Opening setelah break biasa – plus sebutkan lagi nama narasumber dan topik yang dibahas. Undang pendengar dan sebutkan lagi nomor telpon/sms.

31 ­ Closing seperti biasa, plus: - Kesimpulan talkshow (kalau ada)
Kalimat penutup ­ Closing seperti biasa, plus: Kesimpulan talkshow (kalau ada) Sebutkan tema yang telah dibahas (kadang2) Sebutkan nama narasumber Say thank to him/her/them Say thank to audiens yg berpartisipasi

32 Contoh Naskah Sekuen Interaktif(Musik)
OPENING : Sama seperti opening biasa Setelah opening, biasanya langsung menyapa dan memutar lagu

33 Kalimat sebelum break/lagu TEASING :
Sebutkan topik apa lagi yang akan dibahas setelah break atau lagu. Buat pendengar penasaran dgn info paling menarik. Triknya sama seperti acara Talkshow.

34 Kalimat setelah break atau lagu
­ Opening setelah break biasa – plus sebutkan lagi topik yang dibahas. Undang pendengar dan sebutkan lagi nomor telpon/sms.

35 ­ Closing seperti biasa, plus: - Kesimpulan talkshow (kalau ada)
Kalimat penutup ­ Closing seperti biasa, plus: Kesimpulan talkshow (kalau ada) Sebutkan tema yang telah dibahas (kadang2) Say thank to audience yang berpartisipasi

36 Kesimpulannya tulisan ini dibuat untuk mempermudah sang penyiar untuk mengendalikan dan menghangatkan suasana.

37 B.KK.SK.17.Membuat Sekuen Interaktif Untuk Multimedia
Mengadaptasi Ulang Sekuen Interaktif

38 Dasar-dasar Sekuen Interaktif
Di dalam sebuah sekuen interaktif terdapat komunikasi dua arah atau komunikasi interaktif, yang merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan dimana antara kedua belah pihak bisa saling berhubungan dengan langsung baik melalui media ataupun tidak melalui media dan saling terjadi feed back atau timbal balik di dalamnya.

39 Beberapa media Interaktif
Banyak media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi interaktif. Internet adalah salah satu media untuk melakukan komunikasi interaktif. Melalui , chatting ataupun mailist kita bisa berkomunikasi dengan orang lain walaupun kita tidak tahu dimana posisi orang yang kita ajak berkomunikasi itu berada.

40 Media televisi juga dapat dikatakan sebagai media komunikasi interaktif ketika dalam suatu acara talk show diadakan perbincangan anatara komunikator dan komunikan secara langsung. Misalnya ketika ada telepon interaktif. Pemirsa televisi ingin bertanya atau berkomentar tentang suatu masalah yang sedang dibahas dalam acara televisi. Atau mungkin ketika pemirsa menelpon dan mengikuti kuis interaktif yang ada di televisi.

41 Begitu juga dengan radio, radio juga dapat menjadi media komunikasi interaktif ketika adanya pendengar yang menelepon saat on air untuk request lagu ataupun berpendapat tentang suatu masalah apabila di radio tersebut sedang ada acara talk show.

42 Akhirnya dapat disimpulkan secara garis besar, sistem komunikasi dibutuhkan untuk jasa telekomunikasi (telepon, telegrap, telex, transmisi data) dan juga jasa penyiaran (berita, penerangan) dengan mengutamakan penyiaran yang dapat didengar melalui radio atau yang nampak mata dan dapat didengar melalui televisi.

43 Sekuen Interaktif terdapat dalam seluruh aspek komunikasi.
Kesimpulan Pengertian merupakan potongan adegan dalam suatu proses penyampaian pesan melalui media dimana terjadi hubungan timbal balik antara komunikan dan komunikator melalui media. Sekuen Interaktif terdapat dalam seluruh aspek komunikasi.

44 Perangkat Sekuen Interaktif
Diantara yang harus di perhatikan dalam sekuen interaktif adalah alat-alat yang dapat menunjang sekuen interaktif tersebut. Antara lain peralatan atau perangkat-perangkat yang menghubungkan sang komunikator dan komunikan. Antara lain alat-alat yang men


Download ppt "CONDUCTING INTERACTIVE SEQUEN FOR MULTIMEDIA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google