Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh H.Massapeary, S.H., M.H..  Jika kita membaca dan memperhatikan buku pedoman pemberian beasiswa yang diterbitkan Departemen Pendidikan Nasional maka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh H.Massapeary, S.H., M.H..  Jika kita membaca dan memperhatikan buku pedoman pemberian beasiswa yang diterbitkan Departemen Pendidikan Nasional maka."— Transcript presentasi:

1 Oleh H.Massapeary, S.H., M.H.

2  Jika kita membaca dan memperhatikan buku pedoman pemberian beasiswa yang diterbitkan Departemen Pendidikan Nasional maka disana dikemukakan bahwa masih banyak lulusan jejang pendidikan menengah yang berprestasi dan merupakan calon mahasiswa yang potensial tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi karena berasal dari keluarga yang kurang mampu ekonominya.

3

4

5

6

7  Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi.  Meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi rakyat Indonesia yang berpotensi akademik tinggi dan kurang mampu secara ekonomi.  Menjamin keberlangsungan studi mahasiswa sampai selesai.  Meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang akademik/ kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra- kurikuler.  Menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi.  Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif, dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya memutus mata rantai kemiskinan.

8 a. Memberikan bantuan dana kepada mahasiswa untuk mendukung studinya agar mampu meningkatkan prestasi mereka, baik pada bidang akademik maupun dalam bidang ekstra-kurikuler. b. Meberikan bantuan dana kepada mahasiswa untuk meringankan beban ekonominya agar mereka mampu menyelesaikan studi tepat waktu.

9 A. Beasiswa dari KEMENDIKNAS 1. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), 2. Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) 3. Beasiswa Unggulan CIMB Niaga (BU-CIMB) 4. Beasiswa Mahasiswa UMPTN (BMU) 5. Beasiswa Bidik Misi (Memacu Prestasi- Memutus Mata Rantai Kemiskinan)

10

11 c. Beasiswa dari Perusahaan/Swasta 1. Eka Tjipta Sarjana 2. Komatsu 3.Yayasan Toyota Astra 4. VDMS ( Van Deventer Maas Stiching) 5. PT. Djarum 6. Yayasan Kalbe 7. Bank Central Asia (BCA)

12 1. Mahasiswa aktif (terdaftar sebagai mahasiswa Unhas, tidak sedang cuti) 2. Mempunyai IPK minimal 2,75 (transkrip nilai). 3. Keterangan Penghasilan orang tua. 4. Foto copy kartu keluarga, kartu mahasiswa, bukti pembayaran SPP terakhir 5. Pas Foto 4x6 1 lembar (berwarna). 6. Rekomendasi dari Pembantu Dekan III Fakultas. 7. Keterangan tidak sedang menerima beasiswa, dari Pembantu Dekan III fakultas 8. Keterangan berkelakuan baik dari Pembantu Dekan III fakultas. 9. Mempunyai rekening tabungan yang disesuaikan dengan kartu mahasiswa bagi mahasiswa baru. 10. Mempunyai rekening yang disesuaikan dengan rekening bendahara pengeluaran bagian keuangan UNHAS satu donatur yang memberi beasiswa. 11. Surat keterangan dokter.

13  Dari 27 jenis beasiswa tersebut ada 13 jenis yang hanya mempunyai persyaratan umum dan 14 jenis beasiswa di samping persyaratan umum juga mempunyai persyaratan khusus antara lain: 1. Beasiswa YAMPI - Mahasiswa Fakultas Pertanian setelah selesai studinya, wajib menyerahkan tesis/skripsi. - foto 1 lembar10 R. 2. Beasiswa BI - Foto copy akta kelahiran/umur maksimal 25 tahun. - SKS telah dicapai SKS. 3. Beasiswa PT Djarum Mengikuti Psikotes ringkas oleh PT. Djarum dan aktif kegiatan organisasi kampus. 4. Beasiswa Yayasan Kalbe Khusus mahasiswa kedokteran yang tugas akhir. 5. Beasiswa mahasiswa unggulan CIMB Niaga beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi Tingkat Nasional maupun Internasional. 6. Beasiswa BTN mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dibuktikan dengan sertifikat dan surat keputusan pengangkatan yang bersankutan.

14

15 Jadwal pengusulan beasiswa tersebut di atas tergantung pada donatur namun umumnya dilakukan pada awal tahun ajaran.

16 Berkas setiap mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan jenis beasiswa yang diminati disampaikan ke bagian kemahasiswaan masing- masing fakultas untuk selanjutnya secara kolektif dikirim ke Universitas Hasanudin /pemberi beasiswa untuk di lanjutkan ke donatur dan jika mendapat pengesahan/persetujuan dari donatur, maka selanjutnya pencairan dananya dengan mentransfer ke rekening masing-masing mahasiwa tersebut oleh Bagian Keuangan UNHAS.

17 Donatur Beasiswa Perguruan Tinggi (Rektor/P R 3) Fakultas melalui Dekan/PD 3 Seleksi pada tingkat fakultas Fakultas mengusul ke PR 3

18 TERIMA KASIH


Download ppt "Oleh H.Massapeary, S.H., M.H..  Jika kita membaca dan memperhatikan buku pedoman pemberian beasiswa yang diterbitkan Departemen Pendidikan Nasional maka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google