Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IMAMAH RUKUN IMAN ALA SYIAH

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IMAMAH RUKUN IMAN ALA SYIAH"— Transcript presentasi:

1 IMAMAH RUKUN IMAN ALA SYIAH
ABU AFNAN NURUL AZMI

2 DESCRIPTION SYIAH MEYAKINI BAHWA IMAMAH ADALAH RUKUN IMAN TERPENTING
TIDAK MEYAKININYA ADALAH : KEKAFIRAN TIDAK BERMANFAAT SEMUA AMALAN HALAL DARAH, HARTA DAN KEHORMATAN DISEBUT DENGAN ISTILAH NASHIBY

3 SEMUA KESESATAN SYIAH BERAWAL DARI KEYAKINAN IMAMAH ALI.
KONSKUENSINYA; KEKHALIFAHAN ABU BAKR, UMAR DAN UTSMAN TIDAK BERHAK DAN TIDAK SAH KARENA HAL TERSEBUT MAKA KETIGANYA KAFIR BEGITU JUGA SYIAH MENGKAFIRKAN SEMUA SHAHABAT

4 JUGA MENGKAFIRKAN SEMUA MUSLIM YANG MENCINTAI PARA SHAHABAT
JUGA MENOLAK PERIWAYATAN AL QUR’AN DARI SHAHABAT DAN MENOLAK SEMUA HADITS YANG DIRIWAYATKAN PARA SHAHABAT

5 KEISTIMEWAAN PARA IMAM
MA’SHUM DARI SEMUA DOSA DAN KESALAHAN MENGETAHUI HAL-HAL YANG GHAIB MENGATUR ALAM SEMESTA DERAJAT PARA IMAM LEBIH TINGGI DARI PARA NABI DAN MALAIKAT PALING BERHAK MENJADI PEMIMPIN ATAS SEMUA KAUM MUSLIMIN

6 NAMA-NAMA PARA IMAM ALI bin ABI THALIB AL MURTADHA
HASAN bin ALI AL MUJTABA HUSEIN bin ALI ASY SYAHID ALI bin HUSEIN AS SAJJAD MUHAMMAD bin ALI AL BAQIR (114 H) >< ZAID bin ALI (122 H) JA’FAR bin MUHAMMAD ASH SHADIQ (148 H) MUSA bin JA’FAR AL KADZIM (183 H) ALI bin MUSA AR RIDHA (203 H)

7 NAMA-NAMA PARA IMAM MUHAMMAD bin ALI AL JAWWAD (220 H)
ALI bin MUHAMMAD AL HADY (254 H) HASAN bin ALI AL ‘ASKARY (260 H) MUHAMMAD bin HASAN AL MAHDY/AL QHAIB ??? CATATAN; ULAMA DARI BANYAK ALIRAN SYIAH BERBEDA-BEDA TENTANG SIAPA SAJA IMAM SESUDAH ‘ALI, HASAN DAN HUSEIN, JUGA BERBEDA JUMLAH APAKAH 12 ATAUKAH 13???

8 IMAMAH ‘ALI bin ABI THALIB
AYAT THATHIR QS. AL AHZAB : 33 AYAT WILAYAH QS. AL MAIDAH : 55 AYAT IBTIHAL QS. ALI IMRAN : 61 HADITS GHADIR KHUM/TSAQALAYN HADITS MANZILAH

9 HADITSUL INDZAR YAUMAD DAAR
HADITS 12 KHALIFAH HADITS PERISTIWA HARI KHAMIS RIWAYAT PENGUTUSAN PASUKAN USAMAH bin ZAID RIWAYAT-RIWAYAT PALSU DIKITAB-KITAB SYIAH

10 DALIL MENURUT SYIAH MENURUT ULAMA SYIAH DALIL TERBAGI 2; JALIYY DAN KHAFIYY CONTOH DALIL JALIYY DALAM HAL IMAMAH ADALAH RIWAYAT “ALLAHUMMA A’THI ‘ALIYYAN UMUURAL MUSLIMIIN CONTOH DALIL KHAFIYY ADALAH AYAT AL WILAYAH

11 MAKA KITA BISA MENGAMBIL KESIMPULAN;
TIDAK ADA DALIL YANG JELAS/JALIYY TENTANG IMAMAH ‘ALI YANG BISA DITERIMA KEDUA-BELAH PIHAK DALIL JALIYY HANYA LAH RIWAYAT-RIWAYAT PALSU DARI SYIAH ADAPUN AYAT AL QUR’AN DAN HADITS SHAHIH AHLUS SUNNAH TERNYATA DIAKUI HANYALAH DALIL KHAFIYY

12 AYAT THATHIR, QS. AHZAB : 33 (421)
إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا Ayat diatas diclaim oleh Syiah bahwa Ahlul Bayt yang dimaksud hanyalah; Ali, Fathimah, Hasan dan Husein berdasarkan hadits Al Kisa’ riwayat Muslim Hal tersebut sangat jelas KELIRU kalau kita perhatikan rangkaian ayat sesudah dan sebelumnya.

13

14 Karena semua kata panggil dan dhamir dirujukan kepada isteri-isteri Nabi.
Pada ayat ke-33 dhamir menjadi jama’ karena masuk didalamnya Rasulullah ‘alaihish sholatu wat taslim Aayat tathir adalah dalil bahwa semua isteri Nabi adalah ahlul bayt Hadits Kisa’ adalah tambahan keterangan tentang siapa Ahl Bayt

15 Sebagaimana hadits ghadir khum adalah tambahan keterangan tentang siapa ahlul bayt (bahwa keluarga ‘Uqail, keluarga Ja’far dan keluarga ‘Abbas merupakan ahlul bayt) Ma’na ar rijs pada ayat diatas adalah asy syakk sebagaimana yang dikatakan oleh Ja’far Ash Shadiq dan Muhammad bin Ali Al Baqir. Jaminan akan mendapat kesucian dari Alloh setelah melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan

16 Dan juga sebagaimana ayat;
Ayat tathir sebagaimana ayat yang lain, bukanlah jaminan ushmah apalagi imamah, contohnya ayat; إِذْ يُغَشِّيكُمُ النُّعَاسَ أَمَنَةً مِّنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُم مِّن السَّمَاء مَاء لِّيُطَهِّرَكُم بِهِ وَيُذْهِبَ عَنكُمْ رِجْزَ الشَّيْطَانِ (QS. Al Anfaal : 11) Dan juga sebagaimana ayat; وَلَـكِن يُرِيدُ لِيُطَهَّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (QS. Al Maidah : 06)

17 AYAT WILAYAH QS. AL MAIDAH : 55/117
AYAT TERSEBUT ADALAH; إِنَّمَا وَلِيُّكُمُ اللّهُ وَرَسُولُهُ وَالَّذِينَ آمَنُواْ الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلاَةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ رَاكِعُونَ TAFSIR ULAMA SYIAH; KALIMAT WALIYYU-KUM PADA AYAT DIATAS ADALAH PEMIMPIN/HAKIM ‘ALI ADALAH SATU-SATUNYA YANG BERZAKAT DALAM KONDISI RUKU’ KARENA ITULAH ‘ALI ADALAH KHALIFAH YANG TELAH DITENTUKAN OLEH ALLOH DAN RASUL-NYA

18 KALAU KITA LIHAT AYAT DIATAS PENGERTIANNYA UMUM, TIDAK ADA PENYEBUTAN IMAMAH DAN WASHIYYAH
KALIMAT WALIYY PADA AYAT MA’NANYA BUKANLAH HAKIM AKAN TETAPI MA’NANYA ADALAH PENOLONG (ATH THABARY) ADAB SHOLAT WAJIB KHUSU’ BERDASARKAN AL QUR’AN DAN HADITS ALI BIN ABI THALIB ADALAH SHAHABAT YANG MISKIN DAN TIDAK WAJIB ZAKAT

19 JIKALAU DIFAHAMI DENGN PEMAHAMAN SYIAH MAKA BERSEDEQAH LEBIH UTAMA SAAT RUKU’
DHAMIR PADA AYAT TERSEBUT ADALAH DHAMIR JAMA’ DIAYAT TEERSEBUT TIDAK ADA PENEGASAN IMAMAH ‘ALI KALAU KALIMAT “INNAMA” ADALAH PEMBATASAN, LALU BAGAIMANA IMAMAH HASAN, HUSEIN DAN LAIN-LAIN

20 PARA MUFASSIRIN MENOLAK PEMAHAMAN SYIAH BAIK IBNU KATSIR, ATH THABARY, AR RAZIY, AL ALUSIY DAN MUFASSIR YANG LAIN MEREKA RATA-RATA BERPENDAPAT; HADITS TENTANG ALI LEMAH HADITS TERSEBUT UMUM YAITU SEMUA KAUM MU’MININ BERDASARKAN HADITS UBADAH BIN SHAMIT KALAUPUN “RAAKI’UUN” ADALAH HAAL MAKA ARTINYA “KHUDU’ DAN TADHARRU” ATAU HAAL BAGI DUA FI’IL SEBELUMNYA


Download ppt "IMAMAH RUKUN IMAN ALA SYIAH"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google