Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TERRY IRENEWATY, M.Hum Pendidikan sejarah. •Nasib Bangsa Afrika tidak di tangan Bangsa Afrika sendiri, tetapi ditentukan oleh bangsa kulit putih. Pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TERRY IRENEWATY, M.Hum Pendidikan sejarah. •Nasib Bangsa Afrika tidak di tangan Bangsa Afrika sendiri, tetapi ditentukan oleh bangsa kulit putih. Pada."— Transcript presentasi:

1 TERRY IRENEWATY, M.Hum Pendidikan sejarah

2 •Nasib Bangsa Afrika tidak di tangan Bangsa Afrika sendiri, tetapi ditentukan oleh bangsa kulit putih. Pada umumnya Negara Barat (imperialis) mendapatkan daerah di Afrika melalui jalan damai, baik melalui perjanjian dengan Bangsa Barat maupun dengan Kepala Suku. •Pada zaman kuno, hubungan Roma dengan Afrika daerah Sahara dan Afrika Barat sangat sedikit – lebih ke dunia timur, Jazirah Arab dan Suku-suku di Afrika Timur.

3  Pax Romana (penguasa Roma) di Afrika Utara berakhir pada abad 7 karena adanya invasi orang Islam dimulai pada tahun 640 dengan menguasai Mesir.  Hubungan Negara-negara Eropa dengan Afrika di daerah Sub. Sahara dimulai pada abad 15 oleh orang Portugis dengan merebut Ceuta dari orang-orang Islam, yaitu Tanjung Bojador, Tanjung Verde, Tanjung Palmas, dan pantai-pantai di Afrika Barat.

4  Spanyol berusaha masuk tetapi terhalang perjanjian Tordesillas (1494), yang isinya “ Spanyol tidak diperkenankan menanamkan pengaruhnya di Afrika.”  Adanya pengaruh tersebut Portugis di Afrika semakin kuat. Benteng Portugis didirikan di pantai barat yang disebut ELMINA.  Tahun 1579, Portugis mendirikan koloni di Angola selama kira-kira 75 tahun dan kekuasaan Portugis aman.

5  Pada awal abad 17, Portugis terdesak oleh bangsa Eropa lainnya, seperti Belanda, Inggris, Perancis, dan Negara Eropa lain. Mereka memberi nama sesuai dengan hasilnya, seperti :  Pantai Mas  Pantai Gading  Pantai Budak  Pantai Minyak

6  Inggris mendirikan Benteng di Gambia.  Perancis mencapai Senegal.  Belanda pun terdesak oleh Inggris dan Perancis, kemudian menyingkir ke Afrika Selatan.  Tahun 1652 meraka mencapai Table Bay (Cape Town sekarang) dibawah pimpinan Jan Van Riebeek.

7  Belanda mendirikan koloni tempat penyedia sayur-mayur, buah-buahan, dan sebagainya dan kelak menjadi bangsa Boer (petani) di Afrika Selatan.  Pada awal abad 19 (1814), datang pula orang Inggris ke Afrika Selatan.

8  Eksplorasi dimulai pada abad 18 dengan dibentuknya AFRICAN ASSOCIATION yang didirikan oleh Joseph Banks. Beberapa penjelajah dikirim tetapi dibunuh oleh pribumi.  RENE CAILLE (Perancis) ke Maroko dilanjutkan oleh RICHARD LANDER menemukan delta Sungai Niger.  Penjelajah Jerman pada abad 19 0leh HEINRICH BARTH. Ia mengunjungi Sudan dan mempelajari berbagai Sejarah, Geografi, dan Etnologi.

9  Penjelajah ke Afrika Timur dilakukan oleh orang-orang Inggris, yaitu John Speke dan Grant. Mereka menemukan Danau Tanganyika. Kemudian ke pedalaman UGANDA.  James Bruce ( ) menjelajah Mesir dan Ethiopia.  Gaspard Mollien (Perancis) ke Senegal dan Sungai Gambia.

10  Krapf (Jerman) ke pegunungan Kenya pada tahun  Rebman ke Gunung Kilimanjaro  David Livingstone dan H.M. Stanley berhasil membuka “Benua Gelap”. Sejak saat itu dimulailah Exploitasi oleh orang-orang Barat.

11


Download ppt "TERRY IRENEWATY, M.Hum Pendidikan sejarah. •Nasib Bangsa Afrika tidak di tangan Bangsa Afrika sendiri, tetapi ditentukan oleh bangsa kulit putih. Pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google