Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI NEGARA BERKEMBANG Oleh: Lalu Belik MadeLeni Lukita SariLia Dwi Kristanti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI NEGARA BERKEMBANG Oleh: Lalu Belik MadeLeni Lukita SariLia Dwi Kristanti."— Transcript presentasi:

1 KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI NEGARA BERKEMBANG Oleh: Lalu Belik MadeLeni Lukita SariLia Dwi Kristanti

2 Laswell (1970): Kebijakan sebagai suatu program pencapaian tujuan, nilai-nilai dan praktik yang terarah Anderson (1979): Kebijakan sebagai serangkaian tindakan yang mempunyai tujuan tertentu yang mesti diikuti dan diakukan para pelakunya untuk memecahkan suatu masalah.

3 Pengertian Kebijakan Pendidikan Carter V Good (1959) memberikan pengertian kebijakan pendidikan (educational policy) sebagai suatu pertimbangan yang didasarkan atas system nilai dan beberapa penilaian atas faktor-faktor yang bersifat situasional, pertimbangan tersebut dijadikan sebagai dasar untuk mengoperasikan pendidikan yang bersifat melembaga. Pertimbangan tersebut merupakan perencanaan yang dijadikan sebagai pedoman untuk mengambil keputusan, agar tujuan yang bersifat melembaga bisa tercapai.

4 Kriteria Kebijakan Pendidikan Memiliki Tujuan Pendidikan Memenuhi aspek legal – formal Memiliki konsep operasional Dibuat oleh yang berwenang Dapat dievaluasi Memiliki sistematika

5 Negara Berkembang sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga, sebuah istilah yang digunakan pada masa perang dingin.

6 Kebijakan Pendidikan di Negara- Negara Berkembang Kebijakan pendidikan di negara-negara berkembang umumnya berasal dari warisan kebijakan pendidikan kaum kolonial. Dikatakan demikian, oleh karena negara-negara berkembang pada saat baru pertama kali merdeka belum sempat membangun kebijakan pendidikannya sendiri berdasarkan kebutuhan realistik rakyatnya.

7 CIRI-CIRI KEBIJAKAN PENDIDIKAN YANG MERUPAKAN WARISAN KAUM KOLONIAL Sifatnya yang elastis Berorienta si sosio- ekonomik Liberal, rasional, individual, achievema noriented dan Sosial alienated Tidak berakar pada tradisi dan budaya setempat Berorienta si pada masyaraka t kota

8 Masalah Umum Pendidikan di Negara Berkembang Kurangnya guru yang berkualitas Kegagalan sekolah dalam memelihara siswa Keadaan kurikulum yang tidak sesuai Ketimpanga n kemajuan desa dan kota

9 THANKS FOR ATENTION


Download ppt "KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI NEGARA BERKEMBANG Oleh: Lalu Belik MadeLeni Lukita SariLia Dwi Kristanti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google