Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Assalamualaikum wr.wb. ISLAM di BENUA ASIA dan EROPA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Assalamualaikum wr.wb. ISLAM di BENUA ASIA dan EROPA."— Transcript presentasi:

1 Assalamualaikum wr.wb

2 ISLAM di BENUA ASIA dan EROPA

3 PERKEMBANGAN ISLAM di BENUA ASIA PERKEMBANGAN ISLAM di BENUA EROPA PERKEMBANGAN ISLAM di BENUA EROPA

4 Perkembangan Islam di India  Setelah agama islam lahir yang mengenalkan islam ke India adalah Khalifah Umar bin Khattab  Pada tahun 16 H (636 M) Khalifah Umar mengirimkan pasukan ke Persia di bawah pimpinan Saad bin Abi Waqas. Beliau berjuang selama 16 tahun, akhirnya dapat menguasai seluruh Persi kemudian diperluas ke Khurasan kemudian diteruskan ke India.  Pada masa Khalifah Usman, dikirim lah Hakim bin Jabalah ke India, untuk menjelajahi mengenal negeri India yang luas itu.  Pada masa Khalifah Ali bin Abi Thalib, tahun 38 H (659 M) Al Harrits Murrah Al Abdi ke India untuk mengyelidiki jalan-jalan India, ilmu pengetahuan dan adat istiadat India.  Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa agama Islam masuk ke India pada abad ke-7. kemudian agama Islam dapat berkembang dengan pesatnya di India, dan pedagang-pedagang Islam India atau Gujarat yang membawa Islam ke negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaka, Singapura, dan sebagainya

5 Perkembangan Islam di Afghanistan Agama Islam masuk ke Afganistan, yaitu sejak masuknya Asim bin Umar Affamini pada masuk Khalifah Umar bin Khattab. Pada masa Khalifah Usman bin Affan, Islam telah masuk ke Kabul, dan pada tahun 870 M Islam telah mengakar di seluruh negeri Afganistan. Perkembangan Islam di Afganistan selanjutnya berjalan dengan pesat, tidak ada hamnbatan- hambnatan, dengan bukti penduduk Afganistna 99 % beragama Islam.

6 Perkembangan Islam di Negara Asia Lainnya  Brunei : Agama Islam di Brunei dapat berkembang dengan baik tanpa ada hambatan-hambatan. Bahkan, agama Islam di Brunei merupakan agama resmi negara.  Singapura : Perkembangan Islam di singapura boleh dikatakan tidak ada hambatan, baik dari segi politik maupun birokratis.Muslim di Singapura ± 15 % dari jumlah penduduk, yaitu ± orang Islam.

7  RRC :Agama Islam masuk ke Wilayah Cina sekitar abad ke-10, yaitu langsung dari bangsa Arab dan para saudagar yang datang dari India. Agama Islam masuk ke Cina dengan melalui perdagangan darat dan laut yang disebut jalan sutera. Adapun pertama kali terjadinya penyebaran Islam di Cina yaitu pada masa Dinasti Tang.  Rusia : Agama Islam masuk ke Rusia pada waktu Dinasti Yuan. BACK

8 Periode Andalusia berkuasa di beberapa pulau diantaranya : Perancis selatan dan italia seltan selama ± 8 abad. Periode ini berakhir setelah penguasa kristen memaksa untuk menyerah dengan tiga pilihan : 1. masuk kristen 2. keluar dari spanyol 3. dibunuh

9 Penyebaran tentara Mongol pada abad ke-13. Dinasti Khan (Islam), kekuasaanyan terpusat di sebelah utara Laut Kaspia dan Laut Tengah. Mereka menyebar ke berbagai wilayah kekaisaran Rusia.

10 Periode Ekspansi kekhalifahan Turki Usmani sekitar abad ke-14 dan 15 ke wilayah Balkan dan Eropa Tengah. Akibat dari Ekspansi itu, sekarang terdapat kaum muslimin keturunan Turki. Terutama di Albania, Islam merupakan penduduk mayoritas.

11 Periode kaum imigran Muslim memasuki Benua Eropa setelah perang dunia ke-2, terutama ke negara-negara industri seperti : Prancis, Jerman, Inggris, Belanda, dan Belgia.

12 SPANYOL Kaum imigran pencari kerja yang bertempat tinggal sementara di Spanyol dan kaum imigran yang menetap. Jumlah mereka ± orang pada tahun Pada tahun 1992 ada kesepakatan antara pemerintah spanyol dan Comission Islamica Eropana, yang isinya :  Kaum Muslimin diizinkan untuk memberikan pengajaran agama di sekolah negeri maupun swasta.  Diberi izin untuk membangun sekolah yang dikelola sendiri  Izin melaksanakan ibadah di angkatan bersenjata, rumah sakit, penjara  Memperoleh keringanan pajak  Izin meryakan hari raya keagaaman dan difasilitasi untuk memperoleh makanan halal.

13 PRANCIS Jumlah penduduk di Pranci cukup banyak. Mereka berasal dari Aljazair,Maroko,Tunisia,dll. Organisasi- organisasi kaum Muslim Prancis cukup banyak. Salah satunya Federation Nationale des Muslumans de France = Federasi Nasional Muslim Prancis. Dan juga CORIF = Dewan Keagaaman Islam di Prancis yang berada di bawah naungan Departemen Dalam Negeri

14 Perkembangan Islam di beberapa negara lainnya 1. Di Belgia, berdiri pula gedung Islamic Center sebagai pusat kegiatan dakwah Islam. Jumlah umat Islam disana sekitar orang. 2.Di Austria, pada awala abad 15 H. Pada tahun 1979 dibuka Islamic Center di kota wina yang dapat menampung jamaah, dilengkapi masjid jami’, perpustakaan Muslim’s Social Service, madrasah dan perumahan imam. 3. pusat kota London dibangun Central Mosque (Masjid Agung) yang selesai pembangunannya pada tahun 1977 terletak di Regents park, dan mampu menampung 4000 jamaah, dilengkapi perpustakaan dan ruang administrasi serta kegiatan sosial. 4.Roma, sejak tahun 1984 umat Islam berhasil meletakkan batu pertama pembangunan masjid di taman Morst Antene di Pariali, yakni suatu daerah yang tertib di roma. Selama ini umat Islam di Italia baru memiliki mesjid di kota Catania Sicilia, dan pertengahan tahun 1995 mesjid bantuan Arab Saudi itu telah diresmikan pemakaiannya. Jumlah umat Islam di Roma sekitar orang, sedang di Italia (selain Roma) berjumlah jamaah.

15 Wassalamualaikum wr.wb


Download ppt "Assalamualaikum wr.wb. ISLAM di BENUA ASIA dan EROPA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google