Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH: AAN SRI ANALIAH SMA NEGERI 1 PAMULANG, KAB. TANGERANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH: AAN SRI ANALIAH SMA NEGERI 1 PAMULANG, KAB. TANGERANG."— Transcript presentasi:

1 OLEH: AAN SRI ANALIAH SMA NEGERI 1 PAMULANG, KAB. TANGERANG

2 Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang. Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi, dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial.

3 Perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi, dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial.

4 ►M►Mendeskripsikan paham-paham dan peristiwa- peristiwa penting di Eropa pada masa imperialisme kuno sampai awal perkembangan imperialisme modern. ►M►Mendeskripsikan hubungan merkantilisme, revolusi industri, dan kapitalisme di Eropa dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia.

5 Paham-paham yang berkembang di Eropa : IMPERIALISME KOLONIALISME Peristiwa penting yang terjadi : MERKANTILISME KAPITALISME REVOLUSI INDUSTRI REVOLUSI PERANCIS

6 IMPERIALISME Kata imperialisme berasal dari kata “imperator” yang artinya memerintah jadi imperialisme dapat diartikan : sebagai sebuah kerajaan besar dengan memiliki daerah jajahan yang amat luas. KOLONIALISME Kata koloni berasal dari bahasa latin “colonia” yang artinya tanah pemukiman jadi koloni dapat diartikan : sebagai sebuah pemukiman di daerah jajahan.

7 CIRI-CIRI NEGARA MERKANTILISME : Berusaha memiliki logam mulia sebanyak-banyaknya Meningkatkan kegiatan industri Meningkatkan perdagangan luar negeri Negara mengawasi perkembangan perekonomian dan ikut campur bila dianggap perlu.

8 KAPITALISME ADALAH : Suatu bentuk dari kegiatan organisasi perekonomian dalam usaha penanaman modal atau kekayaan yang dipergunakan untuk menghasilkan modal yang lebih besar dengan harapan mendapatkan keuntungan

9 REVOLUSI INDUSTRI PERTAMA KALI TERJADI DI INGGRIS DISEBABKAN : Inggris kaya akan barang tambang Inggris mempunyai modal yang besar dan keamanan yang terjamin Banyak dilakukan penelitian ilmiah oleh para ahli Ditemukannya mesin uap oleh james watt DLL

10 REVOLUSI PERANCIS :

11 Meletusnya revolusi Perancis tidak dapat dilepaskan dari praktek pemerintahan yang absolut yang berlangsung hampir di seluruh Eropa. Absolutisme yang berarti seorang raja boleh bertindak/berkuasa tanpa batas terhadap negara, harta dan rakyatnya asalkan untuk kejayaan negara tersebut. Ciri raja absolut di Perancis adalah memerintah tanpa - Konstitusi (UUD) - Di awasi oleh DPR - Anggaran hukum bagi rakyatnya

12 Berkembanganya politik merkatilisme, kapitalisme dan revolusi industri di negara Eropa ternyata membawa akibat yang sangat besar dalam kehidupan bangsa Indonesia ini dimulai ketiga bangsa Portugis berhasil menemukan sumber rempah-rempah di kepulauan Maluku sejak itu pula bangsa-bangsa Eropa lainnya berdatangan ke Indonesia. Kira – kira apa ya pengaruhnya bagi bangsa Indonesia ???

13

14

15

16 JAWABLAH SOAL – SOAL DIBAWAH DENGAN TEPAT..! 1. JELASKAN PENGERTIAN DIBAWAH INI MENURUT PEMIKIRAN KAMU a. Imperialisme b. Kolonialisme 2. JELASKAN PENGERTIAN DIBAWAH INI SECARA SINGKAT a. Merkantilisme b. Kapitalisme 3. URAIKAN SEDIKITNYA 4 AKIBAT DARI ADANYA REVOLUSI INDUSTRI 4. URAIKAN LATAR BELAKANG KEDATANGAN ORANG – ORANG EROPA KE INDONESIA 5.CERITAKAN BAGAIMANA KEADAAN MASYARAKAT INDONESIA DENGAN DATANGNYA BANGSA-BANGSA EROPA BAIK DARI SEGI POSITIF MAUPUN SEGI NEGATIFNYA MASING-MASING 3 ALASAN.

17


Download ppt "OLEH: AAN SRI ANALIAH SMA NEGERI 1 PAMULANG, KAB. TANGERANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google