Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dasar dasar GUI programming di Java ratnokustiawan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dasar dasar GUI programming di Java ratnokustiawan."— Transcript presentasi:

1 Dasar dasar GUI programming di Java ratnokustiawan

2 Getting Started with Swing  Pelajaran ini memberikan pengenalan singkat untuk menggunakan Java Foundation Classes (JFC) dan Swing. Setelah bercerita tentang JFC dan Swing, membantu Anda mendapatkan perangkat lunak yang diperlukan dan menuntun Anda melalui cara mengkompilasi dan menjalankan program yang menggunakan paket Swing.

3 About JFC JFC adalah singkatan dari Jawa Kelas Foundation, yang mencakup sekelompok fitur untuk membangun antarmuka pengguna grafis (GUI) dan menambahkan fungsionalitas yang kaya grafis dan interaktivitas ke aplikasi Java. Hal ini didefinisikan sebagai berisi fitur ditunjukkan dalam tabel di bawah ini.

4 Menggunakan Komponen Swing package latihan; import javax.swing.*; public class HelloWorldSwing { private static void createAndShowGUI() { //Create and set up the window. JFrame frame = new JFrame("HelloWorldSwing"); frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); JLabel label = new JLabel("Hello World"); frame.getContentPane().add(label); //Display the window. frame.pack(); frame.setVisible(true); } public static void main(String[] args) { createAndShowGUI(); }

5 Cara compile dan running  Compile ◦ javac latihan/HelloWorldSwing.java  Running ◦ java latihan.HelloWorldSwing

6 Layout Manager  Manajemen Layout adalah obyek yang mengimplementasikan antarmuka menentukan ukuran dan posisi komponen dalam sebuah wadah.Meskipun komponen dapat memberikan petunjuk ukuran dan perataan.

7 Grid Layout  Layout manager ini mengatur komponen dalam bentuk baris dan kolom dengan ukuran sama, dengan kata lain layout ini memperlakukan komponen sebagai sel di suatu tabel

8  Buat kelas HelloGridLayout yang merupakan turunan Jframe  public class HelloGridLayout extends JFrame{ }  Tambahkan import javax.swing.*;  Deklarasikan objek berikut private Jlabel,lblJarak,lblWaktu,lblKecepatan; private JTextField txtJarak,txtWaktu,txtKecepatan; private JButton btnBersih,btnHitung;

9  Buat konstruktor public HelloGridLayout(){ }  Atur agar layout menjadi GridLayout setLayout(new GridLayout(4,2));

10 Inisialisasi komponen  Tambahkan inisialisasi berikut di konstruktor lblJarak=new JLabel("Jarak : "); lblWaktu=new JLabel("Waktu : "); lblKecepatan=new JLabel("Kecepatan : "); btnBersih=new JButton("Bersih"); btnHitung=new JButton("Hitung"); txtJarak=new JTextField(); txtWaktu=new JTextField(); txtKecepatan=new JTextField();

11 Tambahkan komponen ke Container add(lblJarak);add(txtJarak); add(lblWaktu);add(txtWaktu); add(lblKecepatan);add(txtKecepatan); add(btnBersih);add(btnHitung);

12 Agar ketika program di close keluar setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);

13 Method main public static void main(String[] args){ HelloGridLayout helloGrid=new HelloGridLayout(); helloGrid.setVisible(true); }

14 Tambahkan interface ActionListener  Digunakan untuk menangkap event ketika tombol di klik implements ActionListener{

15 Implementasi method public void actionPerformed(ActionEvent e){ }

16 Isi kode program dari actionPerformed if(e.getSource().equals(btnBersih)){ txtJarak.setText(""); txtWaktu.setText(""); txtKecepatan.setText(""); } else if(e.getSource().equals(btnHitung)){ float jarak=Float.parseFloat(txtJarak.getText()); float waktu=Float.parseFloat(txtWaktu.getText()); float kecepatan=jarak/waktu; txtKecepatan.setText(String.valueOf(kecepatan)); }


Download ppt "Dasar dasar GUI programming di Java ratnokustiawan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google