Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GINSENG TEMPAT ASAL Ginseng biasanya banyak ditemui di kawasan-kawasan alami berikut : - Semenanjung Korea - Bagian Timur Utara Cina - Pesisir Pantai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GINSENG TEMPAT ASAL Ginseng biasanya banyak ditemui di kawasan-kawasan alami berikut : - Semenanjung Korea - Bagian Timur Utara Cina - Pesisir Pantai."— Transcript presentasi:

1

2 GINSENG TEMPAT ASAL Ginseng biasanya banyak ditemui di kawasan-kawasan alami berikut : - Semenanjung Korea - Bagian Timur Utara Cina - Pesisir Pantai Rusia Pemindahan penanaman ginseng / transplantasi ginseng di luar tempat asalnya telah berhasil dilakukan hanya di Amerika Serikat, Jepang, dan Kanada (tidak ada tempat lain selain 3 negara tersebut). Kawasan penanaman Ginseng haruslah memenuhi syarat-syarat berikut : 1. Berada di dalam kawasan hutan daun luruh yang mempunyai iklim yang sejuk dan lembab. 2. Memiliki musim dingin (salju) yang cukup, dan 3. Memiliki curah hujan yang cukup dan suhu sekitar 20 derajat Celsius pada waktu pertumbuhan di musim panas

3 GINSENG PADA JAMAN KERAJAAN CINA •Ginseng adalah makanan kesehatan khusus para raja, dan diracik khusus oleh tabib kerajaan. •Ilmu pengobatan kuno pada jaman kerajaan Sung telah mencatat mengenai khasiat mujarab ginseng. Ginseng memiliki manfaat positif untuk memperkuat 5 organ utama tubuh manusia : Jantung, Hati, Ginjal, Paru-Paru, Limfa. •Selain itu juga dapat berfungsi sebagai untuk menenangkan emosi, menghilangkan stress, menerangkan mata, memperkuat otak dan daya ingat, membuat badan menjadi ringan, membuang angin dari dalam tubuh, meningkatkan daya tahan, memperlancar peredaran darah, menyeimbangkan chi tubuh, membuat panjang umur, dll.

4 GINSENG DITINJAU DARI SISI FARMASI MODERN •Secara ilmiah farmasi, ginseng sudah diuji dan tidak termasuk kategori obat perangsang pemberi tenaga dan juga bukanlah obat untuk menyembuhkan penyakit tertentu. •Ginseng adalah sebuah makanan alami yang membantu untuk menjaga dan memulihkan stamina, energi, serta metabolisme tubuh. “Walaupun memiliki khasiat pengobatan, ginseng adalah makanan kesehatan positif yang tidak memiliki efek samping atau komponen beracun”. •Riset modern menunjukkan ginseng bermanfaat untuk kasus kanker, alzheimer, kardiovaskuler, diabetes, kesuburan seksual, problem menopause, problem pernafasan, anti stress, kolesterol, daya ingat, menjaga keseimbangan PH tubuh manusia, dll.

5 •Diproduksi oleh Li-An Biotechnology Pharmaceutical Co. Ltd, sebuah perusahaan spesialis ginseng selama > 30 tahun •Mengandung 5 % Ling Tzi untuk kesehatan hati (liver). •Diproduksi pada suhu 28 derajat Celsius, diekstrak sebanyak 4 kali untuk diambil sari patinya, Suhu yang rendah memastikan semua nutrisi alami (> 160 jenis) di dalam ginseng tetap terjaga. •Serbuk Ginseng ini sangat alami dan mampu diserap secara maksimal oleh tubuh manusia,

6 NUTRISI : UNSURMANFAAT •Saponin (30 jenis)Anti kanker, mengurangi lemak, menguatkan badan, meningkatkan daya tahan, mengurangi rasa sakit,merendahkan tekanan darah dan kadar glukosa, melindungi otot jantung, mengatasi masalah pembekuan darah. •GermaniumMeningkatkan daya tahan, anti kanker, anti penuaan dini, memulihkan sel-sel tubuh yang rusak. •PolisakaridaMeningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan pertahanan terhadap serangan penyakit, anti Penuaan dini, anti kanker, anti hepatitis, anti TBC. •Minyak VolatileMenjaga metabolisme asam nukleat, glukosa dan energi sel-sel kanker untuk menahan pertumbuhan sel-sel tersebut. •Magnesium dan PotassiumMengaktifkan sel, menguatkan fungsi pankreas untuk mencegah diabetes, menjaga kadar kolesterol dalam darah untuk mencegah tekanan darah tinggi, menjaga produksi darah. •Vitamin (7 jenis)8 gram sehari dapat memperpanjang usia selama 10 tahun.

7 Manfaat Matsuwura Ginseng Powder : i)Menjaga fungsi 5 organ utama tubuh manusia (Jantung, Hati, Paru- paru, Ginjal, Limfa) ii)Menjaga keseimbangan PH tubuh manusia iii)Meningkatkan kekuatan dan keelastisitasan tulang. iv)Mengembalikan fungsi organ pencernaan. v)Meningkatkan jumlah sel darah merah, memulihkan anemia serta membersihkan darah. vi)Mencegah dan mengatasi penumpukan plak kolesterol dalam pembuluh darah. vii)Mencegah pengentalan darah. viii)Meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh. ix)Meningkatkan oksidasi sel sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan penyerapan gizi menjadi optimal. x)Menjaga dan meningkatkan fungsi hati, sehingga hati dapat menjalankan proses detoksifikasi dengan sempurna. xi)Memulihkan tubuh dari kelelahan, penyembuhan penyakit serta pasca operasi. xii)Anti stress. xiii)Menjaga kestabilan gula darah, baik untuk penderita diabetes. xiv)Membantu pemulihan dari stroke xv)Menghaluskan kulit.

8 4 tahap cara kerja Ginseng : 1)TAHAP ‘BULAN MADU’ Karena tubuh mendapat asupan nutrisi yang seimbang serta perbaikan fungsi organ-organ tubuh, maka metabolisme pun akan berjalan lebih lancar, sehingga kita akan merasakan : semangat yang meningkat, kondisi tubuh yang lebih bertenaga, tidak mudah lelah, penampilan lebih segar dan kulit lebih cerah. 2)TAHAP PERBAIKAN METABOLISME DAN DETOKSIFIKASI Faktor-faktor seperti pola makan yang berlebihan, kurang olahraga, BAB yang tidak lancar, stress dan sering mengkonsumsi obat-obatan, akan menyebabkab penumpukan toksin di dalam tubuh. Toksin merupakan salah satu penyebab utama penyakit-penyakit kronis. Sebagai contoh, toksin yang terkumpul di hati akan menyebabkan cirrhosis atau pengerasan hati; pengumpulan toksin dalam paru-paru akan menyebabkan pengeluaran dahak yang berlebihan; pengumpulan toksin di dalam pembuluh darah akan menyebabkan arteriosclerosis, tekanan darah tinggi dan stroke. Detoksifikasi adalah langkah yang paling utama dalam penyembuhan penyakit. Tanda-tanda berikut akan muncul terutama jika detoksifikasi bertindak secara mendalam: Suhu badan meningkat, masalah kulit, sariawan (sembuh dalam beberapa hari saja), jerawat (detoksifikasi melalui kulit), masalah gusi, ketombe, demam ringan sesaat dan rasa kantuk. Catatan : Tidak setiap orang akan mengalami reaksi tersebut, bergantung kepada kondisi tubuh yang bersangkutan. Reaksi positif ini pun berbeda-beda bergantung pada kondisi tubuh dan kesehatan si individu dan akan hilang pada hari ke 3 hingga ke 7.

9 4 tahap cara kerja Ginseng : 3)TAHAP MELANCARKAN PEREDARAN DARAH Pada tahap ini, bagian pembuluh darah yang bermasalah (seperti memar atau lebam) akan mengalami rasa nyeri. Rasa nyeri ini akan berlangsung selama beberapa hari dan akan berangsur hilang secara bertahap. 4)TAHAP PEMULIHAN SEL Tujuan utama dari makanan kesehatan alami adalah untuk merangsang daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan pembentukan sel yang sehat untuk mengganti sel-sel yang mati. Dalam jangka waktu ini, nutrisi dan oksigen akan disimpan dalam jumlah yang cukup besar, dan akan menyebabkan rasa kantuk kepada beberapa individu. Pada akhirnya, kita perlu memahami dengan jelas bahwa 4 tahap reaksi ini : i)mungkin saja tidak terjadi secara berurutan kepada setiap individu ii)mungkin saja terjadi secara berurutan tetapi dengan jangka waktu yang berbeda-beda untuk setiap individu.

10 BEBERAPA REAKSI POSITIF YANG MUNGKIN MUNCUL PADA SAAT MENGKONSUMSI SERBUK GINSENG : 1.Mengantuk berlebihan mungkin akibat : - Organ hati tidak berfungsi dengan sempurna. - Sensitif terhadap alergi, sehingga tubuh menghasilkan antihistamine yang menyebabkan rasa kantuk. - Individu menderita anemia - Individu meminum obat tertentu (obat tekanan darah tinggi, diabetes) - Sedang tidak enak badan - Dan lain-lain. 2.Rasa tidak nyaman pada perut, mungkin menunjukkan tanda-tanda berikut :- - Sakit perut : Ginseng melancarkan peredaran darah, merangsang otot untuk bergerak, hal ini dapat menimbulkan rasa pegal di sekitar perut. Rasa ini juga dapat disebabkan oleh karena adanya proses adaptasi beberapa organ pencernaan terhadap serbuk ginseng ini. - Mual dan kembung: Serbuk ginseng ini amat bermanfaat untuk mengaktifkan kinerja sel, detoksifikasi dan pembuangan toksin. Juga memudahkan fungsi pemecahan partikel makanan sehingga lebih mudah diserap oleh usus-usus kecil. Pada proses ini, sangat mungkin timbul rasa mual yang mungkin disebabkan oleh sejumlah besar monosakarida atau nutrisi yang tidak tercerna. Pecahan kimia oleh enzim dalam makanan menghasilkan sejumlah gas yang banyak dan menimbulkan rasa mual tersebut.

11 BEBERAPA REAKSI POSITIF YANG MUNGKIN MUNCUL PADA SAAT MENGKONSUMSI SERBUK GINSENG : - Rasa lapar: Keinginan untuk makan yang berlebihan mungkin mengganggu rencana untuk berdiet. Disarankan untuk memakan sayur yang direbus. Sayur seperti lobak mengandung kalori yang rendah tetapi kaya akan serat. Ini akan membantu dalam proses penurunan berat badan karena tubuh akan memerlukan tenaga untuk proses pencernaan tapi tidak dapat menyerap kalori dari makanan berkalori rendah tersebut. Sebaliknya bagi individu yang ingin menambah berat badan disarankan untuk memakan makanan berkalori tinggi. 3.Pilek dari hidung mungkin disebabkan : - Hidung yang sensitif - Alergi - Paru-paru yang tidak bersih misalnya, perokok - Menderita sinus - Menderita penyakit pada saluran pernafasan, dll. 4. Bercak kemerahan pada kulit, mungkin disebabkan : - Hati tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak mampu melakukan fungsi detoksifikasi dengan optimal atau sedang mengkonsumsi obat-pbatan. - Mempunyai penyakit kulit, Amat sensitif pada alergi - Daya tahan tubuh yang kurang baik - Kekurangan vitamin C - Mereka yang ‘vegetarian’ - Kekurangan vitamin A atau provitamin A (karotena), dll.

12 BEBERAPA REAKSI POSITIF YANG MUNGKIN MUNCUL PADA SAAT MENGKONSUMSI SERBUK GINSENG : 5.Kesemutan atau rasa nyeri, mengkin disebabkan : - Pernah mengalami rasa nyeri ini sebelumnya - Pekerja keras - Penderita penyakit tekanan darah tinggi, diabetes dan neuralgia - Aliran darah menjadi lancar dan pembuangan toksin dari dalam tubuh akan dibuang secara bertahap. Sistem saraf yang telah lumpuh atau tidak sensitif akan memperoleh tenaga kembali, dan akan menimbulkan perasaan nyeri seperti kesemutan. Apabila toksin telah dikeluarkan, rasa nyeri ini akan hilang. Jika nyeri ini disebabkan oleh cedera olahraga atau hal lain, maka diperlukan waktu istirahat secukupnya untuk penyembuhan pada cedera tersebut. 6.Sembelit, mungkin disebabkan : - Efek samping menkonsumsi obat-obatan (contohnya, obat sakit perut yang mengandungi garam aluminium yang selalu mengakibatkan sembelit). - Minum telalu sedikit air setelah mengkonsumsi serbuk ginseng atau jarang berolahraga. - Individu yang sulit tidur - Sering makan makanan yang digoreng dan pedas yang berlebihan - Menderita penyakit usus.

13 BEBERAPA REAKSI POSITIF YANG MUNGKIN MUNCUL PADA SAAT MENGKONSUMSI SERBUK GINSENG : 7.Tidak ada reaksi sama sekali atau sebaliknya, reaksi positif yang lebih berat, mungkin menunjukkan ciri-ciri berikut : - Sedang dalam kondisi yang amat lemah (sakit) - Merokok dan sering minum minuman beralkohol. - Pola konsumsi serbuk ginseng yang tidak teratur. - Dan lain-lain 8.Timbulnya jerawat yang serius: - Gangguan pada hati yang tidak berfungsi dengan baik - Toksin di dalam tubuh sedang dikeluarkan melalui kulit - Kurang tidur atau menjalani pola tidur yang di luar kebiasaan - Reaksi seperti ini akan timbul dalam waktu seminggu tetapi akan hilang dalam waktu 2 hingga 3 minggu berikutnya. Dalam tempo ini, disarankan minum air putih dengan jumlah yang cukup. 9.Rasa dahaga Mereka yang merasa dahaga, mudah marah, atau merasa panas di jantung atau hati, minumlah air putih lebih banyak untuk memperlancar metabolisme dan pengeluaran toksin. Reaksi ini akan hilang dalam waktu 1 hari hingga 2 minggu

14 Cara Penggunaan : •Waktu terbaik mengkonsumsi adalah 30 hingga 60 menit sebelum makan. Jika dikonsumsi sebelum makan, akan meningkatkan metabolisme dan penyerapan gizi oleh organ tubuh. •Sediakan gelas berisi air hangat. Taburkan serbuk ginseng secara perlahan ke dalam gelas. Biarkan sampai tenggelam seluruhnya, baru aduk secara merata. •Mulailah dengan dosis 2 sendok (terdapat dalam kemasan), minumlah di pagi hari. Secara bertahap, tingkatkan sampai dengan 3-4 sendok per sekali konsumsi. •Konsumsi 2-3 kali / hari amat disarankan jika perlu. •Perbanyak minum air putih untuk mengoptimalkan proses detoksifikasi.


Download ppt "GINSENG TEMPAT ASAL Ginseng biasanya banyak ditemui di kawasan-kawasan alami berikut : - Semenanjung Korea - Bagian Timur Utara Cina - Pesisir Pantai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google