Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARMY ROTC ( Sebuah pengantar untuk bahan studi banding dalam rangka mempersiapkan konsep rekrutmen calon perwira melalui jalur akademis non-militer ) Oleh:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARMY ROTC ( Sebuah pengantar untuk bahan studi banding dalam rangka mempersiapkan konsep rekrutmen calon perwira melalui jalur akademis non-militer ) Oleh:"— Transcript presentasi:

1 ARMY ROTC ( Sebuah pengantar untuk bahan studi banding dalam rangka mempersiapkan konsep rekrutmen calon perwira melalui jalur akademis non-militer ) Oleh: Tino Ardhyanto A.R. ( Mantan Anggota Batalyon-I Resimen Mahasiswa Mahawarman )

2 PENDAHULUAN  Merupakan pengalaman pribadi sebagai siswa tamu selama dua tahun pada program Army ROTC “Oredigger Battalion”, Colorado School of Mines (CSM).  Salah satu tujuan mengikuti program adalah untuk dapat mempelajari bagaimana US Army melakukan recruitment para calon perwira melalui jalur akademis non-militer.  Kesempatan untuk mengikuti kegiatan diperoleh melalui ajakan dari pimpinan program pada saat itu yang juga perwira US Army dengan latar belakang penugasan di wilayah Asia Tenggara, terutama Malaysia.

3 ARMY ROTC DI CSM  Merupakan program kerjasama antara CSM dengan US Army/DoD di dalam usaha merekrut para calon perwira (officers) yang dapat diharapkan untuk bergabung (active duty) langsung setelah menyelesaikan studi.  Program terdiri dari 2 tahapan yang berlangsung selama empat tahun, yaitu: – Dua tahun pertama melalui kelas “Adventures and Leaderships” – Dua tahun berikutnya melalui kelas “Military Sciences”  Pendidikan dan pelatihan tingkat lanjut selama mengikuti program serta proses rekrutmen untuk posisi active duty dilakukan secara bersamaan.  Pada saat wisuda, siswa yang telah memenuhi syarat berhak menggunakan seluruh atribut dan simbol kesatuan dengan pangkat Letnan Dua.

4 PESERTA PROGRAM  Warga Negara Amerika Serikat yang telah lulus tes fisik (APFT) dan memiliki nilai akademis minimal B. Untuk siswa tamu (bukan warga negara) hanya diperkenankan untuk mengikuti kelas Adventures and Leaderships saja.  Selama mengikuti program, siswa diberikan tunjangan biaya sekolah (tuition) dan tambahan tunai bulanan. Seluruh perlengkapan disediakan oleh program.  Selama mengikuti program, siswa tidak diperkenankan untuk memperoleh nilai akademis kurang dari B dan diwajibkan untuk mengikuti seluruh acara yang diadakan.

5 ADVENTURES & LEADERSHIP  Kegiatan dipusatkan pada penyiapan dan pemantapan fisik, serta pengenalan pada dasar-dasar kepemimpinan di dalam pergerakan-pergerakan regu, kompi, atau batalyon sesuai dengan standar yang digunakan oleh US Army melalui buku-buku panduan.  Siswa diwajibkan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diadakan di kampus (sesuai dengan jadwal perkuliahan) dan di luar kampus (pada saat liburan musim panas).  Selama dua tahun siswa dipanggil dengan sebutan ‘cadet private’.

6 MILITARY SCIENCES  Kegiatan dipusatkan pada penyiapan dan pemantapan ideologi, dan strategi pertahanan negara, serta pengenalan pada kesatuan-kesatuan dimana siswa dapat bergabung pada saat mendaftarkan diri untuk menjadi calon perwira. Khusus Army ROTC di CSM lebih memfokuskan pada kesatuan corps of engineers dengan kemungkinan alternatif lain yaitu infantry, armor, field artillery, dan transportation corps.  Siswa terpilih diwajibkan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan di sekolah calon perwira (OCS, Officers Candidate School) bersama-sama dengan siswa dari akademi militer. Proses rekrutmen dilakukan pada tahun keempat.  Memasuki tahun ketiga, siswa sudah mulai dipanggil dengan pangkat yang disandangnya, mulai dari cadet corporal, cadet sergeant, sampai dengan cadet lieutenant.

7 CADET CREED I am an Army Cadet. Soon I will take an oath and become an Army Officer committed to DEFENDING the values which make this Nation great. HONOR is my touchstone. I understand MISSION first and PEOPLE always. I am the PAST: the spirit of those WARRIORS who have made the final sacrifice. I am the PRESENT: the scholar and apprentice soldier enhancing my skills in the science of warfare and the art of leadership. But above all, I am the FUTURE: the future WARRIOR LEADER of the United States Army. May God give me the compassion and judgment to lead and gallantry in battle to WIN. I WILL do my DUTY.


Download ppt "ARMY ROTC ( Sebuah pengantar untuk bahan studi banding dalam rangka mempersiapkan konsep rekrutmen calon perwira melalui jalur akademis non-militer ) Oleh:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google