Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Abd. Shamad Nur Khalimatus Sa’diyah.  Ibnu Rusyd adalah Abu al-Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Muhammad ibnu Rusyd.  Lahir di Cordova, Andalusia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Abd. Shamad Nur Khalimatus Sa’diyah.  Ibnu Rusyd adalah Abu al-Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Muhammad ibnu Rusyd.  Lahir di Cordova, Andalusia."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Abd. Shamad Nur Khalimatus Sa’diyah

2  Ibnu Rusyd adalah Abu al-Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Muhammad ibnu Rusyd.  Lahir di Cordova, Andalusia (sekarang Spanyol) pada tahun 520 H/1126 M dan wafat pada tahun 595 H/1199 M  Dari keluarga terpandang dan memiliki posisi penting di pemerintahan  Tumbuh dan besar di lingkungan para ilmuwan

3  Belajar berbagai macam keilmuan mulai dari fikih, hadis, Alquran, matematika, fisika, filsafat dan banyak lagi disiplin keilmuan yang ditekuninya . Pada usia 18 tahun Ibn Rusyd pergi ke Maroko dan belajar pada Ibn Thufail  menyelidiki dan mengoreksi karya-karya Aristoteles agar lebih mudah dipahami dan dikonsumsi masyarakat.  mendamaikan filsafat dan agama

4  Komentator besar Arestoteles  Guru besar dan pemimpin perguruan  Hakim pengadilan dan mahkamah agung,  Dokter filosof, sebagai penasehat politik dan sebagai pengarang besar  Teolog  Dll

5  dua kelompok yang berbeda pendapat dalam menyikapi perkembangan intelektual khususnya filsafat Yunani yang diterjemahkan besar-besaran. Ada kelompok yang menyenangi filsafat sebagai sebuah keilmuan, dan sebagian lagi menolaknya terpengaruh pendapat para Ulama sebelumnya khususnya Al-Ghazali

6  Tahafutul-Tahafut.  Risalah fi Ta’alluqi ‘Ilmillahi ‘an ‘Adami Ta’alluqihi bil-Juziyat.  Tafsiru ma ba’dath-Thabiat.  Fashlul-maqal fi ma Bainal-himaah wasy-Syirah Minal-Ittishal.  Al-Kasyfu ‘an Manahjil ‘Adilag fi ‘aqaidi Ahli Millah.  Naqdu Nadhrariyat Ibnu Sina ‘Anil-Mukmin Lidzatihi wal-Mukmin Ligharihi.  Bidyatul-Mujtahid (ilmu fiqh).

7  mendahulukan akal dari perasaan  Mengawinkan akal dengan wahyu  justisifikasi dari agama lewat Alquran sebagi rujukan kaum muslimin.  Menyatukan kembali hubungan agama dan filsafat yang sedang retak

8  Metafisika Ibnu Rusyd  Kosmologi  Epistemologi  Ilmu Tuhan  Hukum Kausalitas

9  Tuhan adalah penggerak yang tidak bergerak  Tiga wujud: 1. wujudnya karena sesuatu yang lain dan dari sesuatu, dengan wujudnya ada pencipta dan diciptakan dari benda serta didahului oleh zaman. 2. wujudnya tidak karena sesuatu, tidak pula dari sesuatu dan tidak didahului oleh zaman. Dia lah yang menciptakan dan memeliharanya (Allah). 3. wujud tengah-tengah antara kedua jenis sebelumnya, yaitu wujud yang tidak berasal dari sesuatu, tidak didahului zaman, tetapi terjadinya karena sesuatu.

10  ‘Inayah (pemeliharaan)  Ikhtira’ (Penciptaan)  Harakah (gerak)

11  Tuhan tidak mengetahui apa yang terjadi di alam, yang selalu dalam perubahan. Karena hal ini akan mengakibatkan perubahan pada pengetahuan Tuhan yang qadim.  Tuhan memang tidak mengetahui hal yang kecil sebagaimana pengetahuan manusia. Tetapi pengetahuan Tuhan itu azali, jauh sebelumnya dan tidak tergantung pada perubahan peristiwa objek pengetahuan.  ketika alam yang baharu menjadi objek pengetahuan Tuhan sebagai akibat dari perubahan alam, maka bisa dikatakan bahwa alam yang baru menjadi sebab dari adanya (illat) pengetahuan Tuhan.  realitas tertinggi mengharuskan adanya objek ilmu yang setara agar ada persesuaian antara yang diketahui dan yang mengetahui

12  Alam dan seluruh benda yang ada di alam bersifat partial dan tersusun dari dua elemen yang saling berlawanan, yakni materi dan bentuk.  Alam qadim sebagaimana Tuhan

13  akal sebagai penghasil pengetahuan yang bersifat Universal, yang mempunyai tindakan untuk menyerap gagasan, konsep yang bersifat universal dan hakiki  Dua sifat akal 1. akal reseptif adalah akal fikiran yang berkuasa dalam kehidupan sehari-hari pada manusia 2. sifat teoritis disebut dengan akal aktif karena akal yang menjadi sumber dari segala akal manusia yang bersifat satu dan universal

14  hukum sebab akibat atau kausalitas merupakan suatu keniscayaan  suatu benda atau segala sesuatu yang ada di alam ini memiliki sifat dan ciri tertentu yang disebut dengan sifat zatiyah  semua yang maujud tidak dapat dipahami kecuali dengan mengenali sebab-sebab zatiyat ini  tanpa sebab zatiyat tidak dapat dibedakan antara maujud yang satu dengan yang lain. Misalnya api, sifat zatiyatnya membakar, air membasahi dan lainnya  dalam tiap-tiap sesuatu memilki sebab (illat) yang mempengaruhi aada apa yang datang sesudahnya dan terpengaruh apa yang datang sebelumnya., dan begitu seterusnya sampai pada sebab pertama (Tuhan).

15  Berjasa besar dalam menjembatani orang- orang Barat dalam mempelajari kembali filsafat Yunani secara orisinil setelah lama terkubur di abad pertengahan  menemukan benang merah pertentangan agama dan filsafat.  Komentator besar Arestoteles

16  Pengaruh besar Ibnu Rusyd di Eropa ditandai dengan lahirnya gerakan Averroisme yang menghidupkan dan mengembangkan pemikiran filosofis Ibnu Rusyd  Rujukan pemikiran arestotelian  Perdamaian agama dan filsafat

17 Good Luck AFSEL SUPEL

18  Sifat Tuhan  Qadimnya alam  Karya tentang apa  Kausalitas melihat manusia dengan alam


Download ppt "Oleh : Abd. Shamad Nur Khalimatus Sa’diyah.  Ibnu Rusyd adalah Abu al-Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Muhammad ibnu Rusyd.  Lahir di Cordova, Andalusia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google