Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS 3 DI MTS AL-MAARIJ BOJONGGENTENG SUKABUMI • Allah akan mencintai hambanya yang patuh dan hormat pada orang tua….

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS 3 DI MTS AL-MAARIJ BOJONGGENTENG SUKABUMI • Allah akan mencintai hambanya yang patuh dan hormat pada orang tua…."— Transcript presentasi:

1 BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS 3 DI MTS AL-MAARIJ BOJONGGENTENG SUKABUMI • Allah akan mencintai hambanya yang patuh dan hormat pada orang tua…. Solihin

2 Monolog: • Ini adalah sebuah cerita, yang menceritakan tentang kerajaan semut yang sedang di gegerkan imformasi musuh bebuyutannya yaitu cacing. Mereka mencari informasi mengenai si cacing musuhnya....terutama dua anak semut yang penasaran akan informasi tersebut dan dua anak ini melakukan suatu kerjasama agar rasa penasaran jadi hilang • Ok ade-ade sekarang tenang dan simaklah ceritanya.... Solihin

3 Wahai rakyat ku ! Aku mengumpulkan kalian hanya untuk memberitahukan bahwa musuh kita cacing lebih rakus, kejam dari apa yang kita bayangkan Alah ma’ mampus kita…. dari mana baginda tau? Solihin

4 Saya kemarin telah mendengarnya dari seorang profesor pada anaknya di taman bercerita,....sudahlah bila kalian penasaran cari informasi sendiri ! Saya hanya memberi tahu,……….Bubar dan ajngan lupa ngingetin pda rakyatku yang tidak bersayap agar berhati-hati dengan kaki manusia.!

5 Kamu penasaran gak? Ok Ya sudah kita tanyakan Iya saya penasaran …. Solihin

6 sama sapa ? Sama ka solih Tapi dimana Cari kalieeeee Solihin

7 Ada apa... Solihin Mau tanya Iya...boleh kan !

8 Tentang apa? Cacing..... Oke dengar...penjelasan ana! Solihin

9 Cacing adalah sejenis aselomata. Aselomata merupakan hewan bilateral. Sekitar spesies cacing pipih hidup di perairan dan daratan lembab. Cacing pipih bersifat parasit. Cacing pipih berukuran mikroskopis ( m). Karakterisitik dan srtukturnya mereka memiliki lapisan mesoderm yang terdiri dari organ kompleks, sistem organ, dan jaringan otot sejati. Cacing pipih juga memiliki rongga gastrovaskuler. Adapun srtuktural cacing pipih lebih komplek dari hewan Cnidaria, atau Ctenophira. Solihin oh wajar kita sering menemukan mereka di daerah-daerah tersebut Parasit itu apa ya….? Oh..

10 Sekarang kalian pulang …..karena ka sol mau tidur siang karena tidur siang itu sehat. Ok! Tapi ka kita blum tau cacing apa itu. Kata ibu cacing bermacam-macam! Kalian tanya aja ama bu Rida …..dia ada di dekat sungai…… Solihin

11 Hati-hati....ada burung……. Solihin Siap bos

12 Solihin Dodi saya gak ikut ya saya sakit perut. ya...gimana dong...tapi ya sudah si..tidak pa-pa

13 Jangan lupa minum obat Solihin

14 Baginda ! Ya ada pa?

15 Saya hanya mau bilang anak-anak pada penasan dan mencari tau! Bagus itu yang saya harapkan, bukankah kerajaan yang maju memiliki pemuda – pemuda yang penuh kreatif dan punya rasa penasan Solihin

16 Ada gak ya ……..kata ka sol di tepi sungai ……ok ……cepet-cepet nch ah!

17 Solihin Eh itu dia …….bu Rida tunggu

18 Ya ada apa? Kata ka sol saya kalau bertanya tentang cacing ke ibu saja. Ceritakan sama saya ya bu Ya sudah dengar nih cerita ibu ya Solihin

19 Cacing pipih terbagi dalam empat kelas yaitu kelas Turbellaria, Monogenia, Tremtoda dan Cestoidea atau cacing pita. Cacing pipih berperan penting dalam ekosistem. Hampir semua Turbellaria parasit,turbellaria dikenal sebagai planaria. Planaria atau cacing pipih tidak berorgan penukaran gas dan sirkulasi. Planaria termasuk karnivora. Cacing pipih memiliki perkakas ekskretoris yang relative sederhana dan sel api atau flame cell. Oh baru mengerti saya... Solihin

20 Cacing planaria memiliki silia, dan kepalanya memiliki sepasang bintik mata yang berfungsi untuk mendeteksi cahaya. penjuluran lateralnya berfungsi untuk penciuman. Sistem saraf planaria lebih kompleks dan terpusat. Planaria dapat bereproduksi secara aseksual dan seksual. Planaria bersifat hemaprodit tetapi ada pasangan yang mengadakan pembuahan silang. Sekarang kita bicara tentang trematoda dan monogenia Monogenia dan trematoda. Mereka memiliki penghisap fungsinya untuk menempelkan diri ke organ internal inang Pada umumnya Monogenia dan trematoda menginfeksi vertebrata.vertebrata OH begitu rakus ya tapi alhamdulilah tidak memangsa kita! Solihin

21 Vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang contohnya manusia....ibu termasuk hewan vertebrata tidak?......ko diam...cari tau yach....

22 Solihin Sekarang temui pak Dikman di dekat ulu sungai….. Untuk apa? Ok…..terimakasi h sebelumnya yach bu! Untuk melanjutka cerita dari ibu…wong ibu dari dia ko’ taunya

23 Wah ada daun tuh….sekalian aja ikutin ah biar gak di lihat burung…. Solihin

24 Dimana ya …numpang ah capek dari tadi terbang terus

25 Solihin Nikmat nya...

26 Wah dia ada asik saya harus menghampirinya cepet-cepet…… Solihin

27 Pak Dikman ….saya mau mendengar cerita tenteang cacing dong……manusia terinfeksi dengan cara apa yach…? Dari mana kamu tau kalau saya mengetahui semua tentang cacing Dari bu rida... Ya sudah dengerkan nich dengan baik-baik…..!

28 Manusia yang terinfeksi Schistosoma menderita nyeri badan, anemia dan disentri. Monogenia merupakan parasit eksternal pada ikan. Telur cacing pita berkembang menjadi larva dalam sista otot hewan. Manusia dapat terinfeksi dengan menutrisi daging yang kurang matang dan terkontaminasi. Cacing pita besar menyebabkan penyumbatan usus dan defisiensi nutrisi. Begitulah ceritanya dech manis….. Oh begitu ya …. Serem juga ya cacing itu Begitulah jadi berhati- hatilah …..dalam menutrisi makanan itu …..cuci dulu, atau bagi yang harus di masak dulu harus sampai matang ….ok! Solihin

29 Sudah ya teman- teman, jangan lupa rajin belajar ya....

30 • Apa yang di maksud dengan aselomata? • Terbagi berapa kelompokkah cacing? • Bagaimana struktur dan karakteristik cacing yang kamu tangkap dari cerita tadi! • Kenapa cacing planaria di sebut sebagai hewan parasit! • bagaimana ciri-ciri cacing planaria itu? • Apa fungsi penghisap pada cacing monogenia dan trematoda? • Bagaimana manusia terinfeksi cacing ? • Apa yang dapat kamu simpulkan dari cerita tadi? Solihin

31

32 Parasit itu hewan yang suka memakan zat- zat makanan yang berada pada inangnya, inang adalah organisme yang di tumpangi hewan tersebut.


Download ppt "BAHAN AJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS 3 DI MTS AL-MAARIJ BOJONGGENTENG SUKABUMI • Allah akan mencintai hambanya yang patuh dan hormat pada orang tua…."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google