Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelahiran Rasulullah SAW Oleh: H. Zaenal Asyikin, Lc.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelahiran Rasulullah SAW Oleh: H. Zaenal Asyikin, Lc."— Transcript presentasi:

1 Kelahiran Rasulullah SAW Oleh: H. Zaenal Asyikin, Lc.

2 Kata Maulid ((مولد atau dalam bentuk lain Milad ((ميلاد menurut Bahasa maknanya adalah Hari kelahiran

3 Pengertian Maulid menurut Istilah adalah: عبارة عن ذكر الأخبار الواردة Sebuah gambaran berupa penyebutan Informasi-informasi yang tertulis dalam berbagai referensi kitab sejarah,

4 في مبدأ أمر النبي tentang awal kelahiran Rasulullah SAW, ونشأته pertumbuhannya sampai beliau diangkat menjadi Rasul,

5 والأرهاصات الدالة علي نبوته Irhashat (kejadian-kejadian luar biasa yang terjadi pada Rasulullah sebelum beliau diangkat menjadi Rasul),

6 وماوقع في مولده Apa yang terjadi dari bukti-bukti kebesaran Allah ketika beliau dilahirkan, والمعجزات Serta Mu’jizat yang diberikan Allah kepadanya.

7 Imam Mutawali As Sya’rawi berkata: “Apabila tumbuh-tumbuhan, binatang,benda-benda mati, bebatuan bergembira menyambut kehadiran Rasulullah SAW, maka apa hak kalian melarang kami ummat islam bergembira mensyukuri kehadirannya…?!

8 Diantara Keterangan Dalil tentang Maulid : ماثبت في الصحيحين : قَدِمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ ، فَوَجَدَ الْيَهُودَ يصومون يَوْمَ عَاشُورَاءَ, فسألهم فقالوا : هو يوم أغرق الله فرعون ونجى موسى, فنحن نصومه شكرا لله تعالى. “Ketika Rasulullah SAW tiba di Kota Madinah, Beliau mendapatkan Orang- orang Yahudi sedang berpuasa, lalu bertanya kepada mereka, Mereka menjawab: Hari ini adalah hari dimana Allah menenggelamkan Fir’aun dan menyelamatkan Nabi Musa, oleh karena itu Kami berpuasa sebagai rasa Syukur kepada Allah.”

9 Apakah Orang yang memuliakan Rasulullah beserta kelahirannya akan mendapat Pahala? Iya. Karena hal tersebut merupakan bagian dari Perintah Allah SWT.

10 Firman-Nya: وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ الحج:٣٢ “Dan barang siapa yang mengagungkan Syi’ar-syi’ar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.”

11 Mengapa kita harus bergembira dengan kelahiran Rasulullah SAW? Karena Kelahiran Rasulullah itu awal kehadirannya di Dunia.Dan kehadirannya menjadi awal adanya Agama Islam.

12 قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ يونس ٥٨ “Katakanlah: Dengan karunia Allah dan rahmatnya hendaklah mereka bergembira. Karena karunia Allah dan rahmatnya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”.

13 Sanggahan terhadap yang melarang memuji Rasulullah Allah SWT berfirman: لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik. (Al Ahzab : 21)

14 Esensi makna pujian adalah menyebut kebaikan dan kelebihan yang dimiliki oleh seseorang.

15 Diantara sahabat yang pernah memuji Rasulullah dalam bentuk Sya’ir adalah Paman Rasulullah sendiri, Abbas bin Abu Thalib… أنت الذي لماولدت أشرقت الارض أنت الذي لماولدت أشرقت الارض وبنورك ضاءت الأفق وبنورك ضاءت الأفق Engkaulah yang ketika dilahirkan bumi menjadi bersinar, Dan dengan Cahayamu Alam menjadi terang benderang.

16 Ibnu Bathutah berkata: “Pada abad ke Delapan,ketika di Mekkah,Beliau menyaksikan tepat pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal,Para Imam empat madzhab beserta Para Muftinya, Para penguasa serta Gubernurnya berkumpul di Mesjidil Haram.Setelah Shalat Shubuh,mereka berdzikir dan bershalawat kepada Nabi.Ketika naik,memasuki waktu Dhuha,semua keluar bersama dengan ribuan orang menuju rumah tempat dilahirkannya Rasulullah SAW.Kemudian Gubernur yang menjabat saat itu memberikan sambutan yang isinya himbauan syukur kepada Allah atas kehadiran Nabi Sallahu ‘alaihi wasallam,lalu disusul oleh pidato Ulama-ulama besar empat madzhab dan terakhir ditutup dengan doa oleh seorang mufti dari madzhab Syafi’e.Beliau pun menyaksikan sepanjang jalan, rumah-rumah di kota Mekkah dipenuhi oleh hiasan lampu-lampu“.

17 Dan disebutkan bahwa Para sahabat selalu mengajarkan kepada Putra-putrinya kisah kehidupan Rasulullah sebagaiman mereka mengajarkan Al Qur’an. كنا نعلم مغازي رسول الله إلى أولادنا كما يعلم أحدنا أولاده القرآن يعلم أحدنا أولاده القرآن

18 Sekian … وصلي الله علي سيدنا محمد وعلي آله وصحبه وسلّم


Download ppt "Kelahiran Rasulullah SAW Oleh: H. Zaenal Asyikin, Lc."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google