Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKONOMI MIKRO KELOMPOK 7 AKBAR DARMAWAN _ 11.6524 / 02 AMALIA T _ 11.65 / FANNISA DH _ 11.6 / FRISKA S_ 11.6 / TIARA S _ 11.6 /

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKONOMI MIKRO KELOMPOK 7 AKBAR DARMAWAN _ 11.6524 / 02 AMALIA T _ 11.65 / FANNISA DH _ 11.6 / FRISKA S_ 11.6 / TIARA S _ 11.6 /"— Transcript presentasi:

1 EKONOMI MIKRO KELOMPOK 7 AKBAR DARMAWAN _ / 02 AMALIA T _ / FANNISA DH _ 11.6 / FRISKA S_ 11.6 / TIARA S _ 11.6 /

2 Efek Pendapatan dan Subtitusi: Barang Normal ( Gambar 4.6 ) Konsumen ditunjukkan di titik A, pada Budget Line RS. Ketika harga makanan turun, konsumsi meningkat dari F 1 ke F 2 dan konsumen berpindah ke titik B. Sehingga perubahan yang terlihat secara nyata adalah perubahan dari titik A ke titik B. Tetapi sebenarnya, perubahan dari A ke B tersebut disebabkan oleh Substitution Effect dan Income Effect.

3 Efek Pendapatan dan Subtitusi: Barang Normal ( Gambar 4.6 ) substitution effect yaitu perubahan dari titik A ke titik D (konsumsi meningkat dari F 1 ke E) dapat dilihat dengan menarik budget line yang baru (RT) ke belakang hingga menyinggung utility yang lama pada budget line RS. Dalam hal ini kuantitas konsumsi makanan meningkat dari F 1 ke E disebabkan karena perubahan harga makanan, sedangkan harga pakaian dan income tetap dan tetap mempertahankan utility yang lama ( titik A dan D masih berada dalam satu Indifference curve)

4 Efek Pendapatan dan Subtitusi: Barang Normal ( Gambar 4.6 ) Income effect yaitu perubahan dari titik D ke titik B (konsumsi meningkat dari E ke F 2 ), harga tetap tetapi daya beli meningkat. Total Effect = Substitution Effect + Income Effect Dari gambar dapat terlihat bahwa Makanan merupakan barang normal karena income effect positif

5 Efek Pendapatan dan Subtitusi: Barang Inferior ( Gambar 4.7 ) • Konsumen mula-mula berada pada garis anggaran (Budget Line) RS, dan pada tingkat kepuasan pada titik A. • Dengan penurunan harga makanan, konsumen bergerak ke titik B. • Hasil perubahan pada pembelian makanan dapat dibagi menjadi efek substitusi F 1 E yang dihubungkan dengan gerakkan dari A ke D) dan efek pendapatan EF 2 (yang dihubungkan dengan gerakan dari D ke B).

6 Efek Pendapatan dan Subtitusi: Barang Inferior ( Gambar 4.7 ) • Dalam kasus ini, makanan merupakan barang inferior karena efek pendapatannya negatif (income effect negative). • Namun, karena efek substitusi melebihi efek pendapatan, penurunan harga makanan memicu peningkatan jumlah permintaan makanan.

7 Efek Pendapatan dan Subtitusi: Barang Giffen ( Gambar 4.8) • Budget line awal yaitu garis warna biru tua pada gambar diatas. Saat Price food turun, maka seseorang akan cendrung membeli food lebih banyak dengan budget line yang sama dilihatkan pada garis biru putus-putus • sesuai dengan teori efek substitusi menunjukkan bahwa harga suatu barang turun akan mempengaruhi konsumen untuk membeli lebih banyak barang tersebut pada tingkat kepuasan maksimum pada utilitas yang sama maka kita bisa tarik garis sejajar yaitu garis biru muda hingga menyinggung garis utility pada U1, dan kita namakan titik D. Dari A ke D merupakan efek substitusi.

8 Efek Pendapatan dan Subtitusi: Barang Giffen ( Gambar 4.8) • Ketika makanan adalah barang inferior dalam hal ini maka ketika efek pendapatan cukup besar untuk mendominasi efek substitusi, maka kurva permintaan akan naik-miring. • Ketika harga food turun, konsumen akan bergerak ke B untuk mengkonsumsi jauh lebih sedikit makanan. karena efek pendapatan F1F2 lebih besar dan bernilai negative daripada efek substitusi EF2, penurunan harga pangan menyebabkan jumlah permintaan terhadap food jauh berkurang sedangkan untuk pakaian sebaliknya

9 Efek Pendapatan dan Subtitusi: Contoh Efek dari Pajak Gasoline ( Gambar 4.9) • Pajak bensin dikenakan ketika konsumen membeli bensin sebanyak 1200 galon (pada titik C). setelah efek pajak pahan bakar, budget line bergeser dari AB ke AD dan konsumen memaksimalkan preferensinya dengan memilih titik E (pada indifference curve 1), dengan konsumsi bensin sebanyak 900 galon. • Namun, ketika peghasilan dari pajak dibayarkan kembali pada konsumen, konsumsi bensin naik menjadi 913,5 galon pada titik H. meskipun ada program pembayaran kembali, konsumsi bensin telah turun, sebagaimana dengan tingkat kepuasan.

10 SOAL LATIHAN

11 Soal 1 An individual sets aside a certain amount of his income per month to spend on his two hobbies, collecting wines and collecting books. Given the information below, illustrate both the price-consumption curve associated with changes in the price of wine and the demand curve for wine. Price Wine Price Book Quantity Wine Quantity Book Budget $10 78$150 $12$1059$150 $15$1049$150 $20$10211$150

12 Quantity Of Books Quantity Of wine D C B A U4 U3 U2 U1 Price Quantity Of wine $20 $15 $12 $ E F G H Price-Consumption Curve Demand Curve Perubahan harga wine, di mana pendapatan dan harga buku tetap Titik A,B,C, dan D menunjukkan tingkat kepuasan maksimum akibat perubahan harga. (a) (b)

13 Quantity Of Books Quantity Of wine D C B A U4 U3 U2 U1 Price Quantity Of wine $20 $15 $12 $ E F G H Price-Consumption Curve Demand Curve Perubahan harga wine, di mana pendapatan dan harga buku tetap Titik A,B,C, dan D menunjukkan tingkat kepuasan maksimum akibat perubahan harga. (a) (b) -Grafik (a) menunjukkan kombinasi konsumsi wine dan buku, di mana harga buku dan income tetap, dan harga wine berubah. Titik A, B, C dan D menunjukkan tingkat kepuasan maksimum akibat perubahan harga wine. Jika keempat titik tersebut dihubungkan maka akan tercipta ‘Price-Consumption Curve (PCC)’. -Grafik (b) menunjukkan grafik PCC yang jika diturunkan akan menghasilkan Demand Marshallian Curve (kurva permintaan yang telah kita kenal selama ini) untuk wine. Menunjukkan jumlah wine yang diminta pada tingkat harga tertentu (ketika harga $20 kuantitas permintaan sebesar 2, ketika harga $15 kuantitas permintaan sebesar 4, dst). Semakin tinggi harga maka akan semakin kecil kuantitas permintaan.

14

15

16

17 Soal 8 • Judy has decided to allocate exactly $500 to textbooks at college every year, even though she knows that the prices are likely to increase by 5 to 10 percent per year and that she will be getting a substantial monetary gift from her grandparents next year. What is Judy’s price elasticity of demand for textbooks? Income elasticity?

18 Jawaban • Elastisitas permintaan terhadap harga adalah persentase perubahan permintaan sebagai akibat perubahan harga sebesar satu satuan. • Judi mengetahui bahwa harga akan meningkat kemudian hari. Namun, Ia tetap akan membelanjakan uang yang sama dalam membeli buku ( Ia lebih memilih mengurangi kuantitas buku apabila harga buku naik ). Karena pengeluarannya konstan, Persentase perubahan kuantitas haruslah sama dengan persentase perubahan harga. Sehingga elastisitasnya (-) 1. • Elastisitas Permintaan terhadap Pendapatannya adalah 0 ( nol ) karena walaupun Ia menerima hadiah uang yang besar sekalipun, Judy tidak berniat untuk membeli buku lebih banyak. ( Ingat : Elastisitas permintaan terhadap harga merupakan persentase perubahan kuantitas yang diminta apabila terjadi kenaikan pendapatan sebesar satu satuan dan aktor lain tetap)

19 Soal 11 Suppose the income elasticity of demand for food is 0,5 and the price elasticity of demand is -1,0. Suppose also that Felicia spends $10000 a year on food, the price of food is $2, and her income is $25000.

20 Jawaban


Download ppt "EKONOMI MIKRO KELOMPOK 7 AKBAR DARMAWAN _ 11.6524 / 02 AMALIA T _ 11.65 / FANNISA DH _ 11.6 / FRISKA S_ 11.6 / TIARA S _ 11.6 /"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google