Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGAPA EKONOMI SOSIALISME HANCUR TERLEBIH DAHULU? • Ekonomi sosialisme tidak sesuai dengan fitrah manusia. • Ekonomi sosialisme gagal mewujudkan pertumbuhan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGAPA EKONOMI SOSIALISME HANCUR TERLEBIH DAHULU? • Ekonomi sosialisme tidak sesuai dengan fitrah manusia. • Ekonomi sosialisme gagal mewujudkan pertumbuhan."— Transcript presentasi:

1

2 MENGAPA EKONOMI SOSIALISME HANCUR TERLEBIH DAHULU? • Ekonomi sosialisme tidak sesuai dengan fitrah manusia. • Ekonomi sosialisme gagal mewujudkan pertumbuhan sekaligus pemerataan ekonomi. • Ekonomi sosialisme menghasilkan kelas baru yang lebih buruk dari kelas sebelumnya. • Impian terbentuknya negara komunisme adalah sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan. • Ekonomi sosialisme tidak sesuai dengan fitrah manusia. • Ekonomi sosialisme gagal mewujudkan pertumbuhan sekaligus pemerataan ekonomi. • Ekonomi sosialisme menghasilkan kelas baru yang lebih buruk dari kelas sebelumnya. • Impian terbentuknya negara komunisme adalah sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan.

3 MENGAPA EKONOMI KAPITALISME TETAP BERTAHAN? • Ekonomi kapitalisme senantiasa memperbaiki kelemahan yang dimilikinya  neokapitalisme • Ekonomi kapitalisme sangat sukses dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi. • Ekonomi kapitalisme mampu “menutupi” kegagalannya dalam mewujudkan pemerataan ekonomi. • Ekonomi kapitalisme masih menjadi pemain tunggal yang belum memiliki alternatif pengganti. • Ekonomi kapitalisme senantiasa memperbaiki kelemahan yang dimilikinya  neokapitalisme • Ekonomi kapitalisme sangat sukses dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi. • Ekonomi kapitalisme mampu “menutupi” kegagalannya dalam mewujudkan pemerataan ekonomi. • Ekonomi kapitalisme masih menjadi pemain tunggal yang belum memiliki alternatif pengganti.

4 PANDANGAN DASAR EKONOMI ISLAM • Ekonomi Islam memandang bahwa kelangkaan (scarcity) bukanlah problem yang asasi dari ekonomi manusia. • Sehingga persoalan produksi, baik APA, BAGAIMANA dan UNTUK SIAPA komoditas akan diproduksi, bukan prioritas pembahasan Ekonomi Islam. • Ekonomi Islam memandang bahwa kelangkaan (scarcity) bukanlah problem yang asasi dari ekonomi manusia. • Sehingga persoalan produksi, baik APA, BAGAIMANA dan UNTUK SIAPA komoditas akan diproduksi, bukan prioritas pembahasan Ekonomi Islam.

5 • Islam diturunkan tidak secara khusus untuk menyelesaikan problem tersebut. • Problem produksi solusinya cukup diserahkan pada akal manusia. • Tanpa bantuan dari Islam-pun, akal manusia dengan sendirinya akan mampu menyelesaikan problem produksi barang dan jasa tersebut. • Islam diturunkan tidak secara khusus untuk menyelesaikan problem tersebut. • Problem produksi solusinya cukup diserahkan pada akal manusia. • Tanpa bantuan dari Islam-pun, akal manusia dengan sendirinya akan mampu menyelesaikan problem produksi barang dan jasa tersebut.

6 Dalil-dalilnya: • Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu. (QS. Al-Baqarah: 29) Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) dari-Nya. (QS. Al- Jatsiyah: 13)

7 QOIDAH SYARA’ •دليل العام يبقى في عمومه لم يرد دليل التخصيص • “Dalil yang umum akan tetap berada pada keumumannya, selama tidak ada dalil yang mengkhususkannya”. •دليل العام يبقى في عمومه لم يرد دليل التخصيص • “Dalil yang umum akan tetap berada pada keumumannya, selama tidak ada dalil yang mengkhususkannya”.

8 • Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (QS. Al- Hadid: 25) HADITS NABI SAW: • “Telah diriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW berkata dalam hal penyerbukan korma: ’Kamu lebih mengetahui urusan-urusan duniamu’ ”. • Dan diriwayatkan pula bahwa Rasulullah SAW mengutus dua orang ke negeri Yaman untuk mempelajari pembuatan senjata.

9 PROBLEM ASASI EKONOMI • Menurut pandangan Islam, problem ekonomi yang asasi bukan pada masalah produksi barang dan jasa. • Masalah produksi dianggap masalah yang mudah untuk diselesaikan. • Masalah yang asasi dari ekonomi justru muncul ketika manusia sudah mampu memproduksi barang dan jasa tersebut. • Yaitu, ketika barang dan jasa harus beredar di tengah-tengah masyarakat. • Menurut pandangan Islam, problem ekonomi yang asasi bukan pada masalah produksi barang dan jasa. • Masalah produksi dianggap masalah yang mudah untuk diselesaikan. • Masalah yang asasi dari ekonomi justru muncul ketika manusia sudah mampu memproduksi barang dan jasa tersebut. • Yaitu, ketika barang dan jasa harus beredar di tengah-tengah masyarakat.

10 • Problem ekonomi yang dianggap asasi adalah masalah interaksi manusia yang terkait dengan barang dan jasa di tengah-tengah manusia. • Dengan kata lain, problem ekonomi yang asasi adalah yang menyangkut distribusi barang dan jasa di tengah-tengah manusia. • Mengapa? • Kita dapat meninjaunya dalam 2 aspek, yaitu: 1.Tinjauan fakta 2.Tinjauan Al Qur’an • Problem ekonomi yang dianggap asasi adalah masalah interaksi manusia yang terkait dengan barang dan jasa di tengah-tengah manusia. • Dengan kata lain, problem ekonomi yang asasi adalah yang menyangkut distribusi barang dan jasa di tengah-tengah manusia. • Mengapa? • Kita dapat meninjaunya dalam 2 aspek, yaitu: 1.Tinjauan fakta 2.Tinjauan Al Qur’an

11 SEKIAN


Download ppt "MENGAPA EKONOMI SOSIALISME HANCUR TERLEBIH DAHULU? • Ekonomi sosialisme tidak sesuai dengan fitrah manusia. • Ekonomi sosialisme gagal mewujudkan pertumbuhan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google