Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ms. POWER POINT 2007 PowerPoint 2007 Presentation Basics  PowerPoint mencakup semua fitur yang Anda butuhkan untuk menghasilkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ms. POWER POINT 2007 PowerPoint 2007 Presentation Basics  PowerPoint mencakup semua fitur yang Anda butuhkan untuk menghasilkan."— Transcript presentasi:

1 Ms. POWER POINT 2007

2 PowerPoint 2007 Presentation Basics  PowerPoint mencakup semua fitur yang Anda butuhkan untuk menghasilkan profesional- cari presentasi. Ketika Anda membuat presentasi PowerPoint, itu terdiri dari serangkaian slide. Slide berisi informasi yang Anda ingin berkomunikasi dengan audiens Anda. Informasi ini dapat mencakup teks, gambar, grafik, video, suara, dan banyak lagi. Sebelum Anda mulai menambahkan informasi ke slide, Anda perlu mengetahui dasar- dasar bekerja dengan slide. Dalam pelajaran ini Anda akan mempelajari bagaimana untuk memulai presentasi baru, masukkan slide baru, mengubah tata letak,memindahkan dan menyalin slide, bagaimana placeholder bekerja, serta bagaimanauntuk menyimpan presentasi Anda.

3  Presentasi baru Ketika Anda membuka PowerPoint dari menu Start atau dari ikon di desktop Anda,presentasi baru dengan satu slide muncul secara default. Anda juga dapat membuat presentasi baru saat PowerPoint sudah terbuka. Klik Tombol Microsoft Office dan pilih New dari menu.

4  kotak dialog Presentasi Baru akan muncul. Pres entasi kosong dipilih secara default.  Klik Create, dan presentasi baru akan terbuka di jendela PowerPoint.

5  Slide Dasar Tentang Slide Slide Placeholder, atau daerah pada slide yang tertutup oleh perbatasan bertitik.Placeholder dapat berisi banyak item yang berbeda termasuk teks, gambar, dan grafik.Beberapa placeholder memiliki teks, atau teks yang dapat Anda ganti, dan thumbnail berukuran ikon yang mewakili perintah tertentu seperti Gambar Insert, InsertChart, dan Insert Clip Art. cobalah ikon masing-masing untuk melihat jenis informasi yang Anda bisa menyisipkan.

6  Tentang Slide Layouts Placeholder tersebut diatur dalam tata letak yang berbeda yang dapat Anda pilih ketikaAnda memasukkan slide baru atau yang dapat diterapkan pada slide yang ada. Dalam contoh di atas, tata letak disebut Judul dan Isi dan termasuk judul dan placeholderkonten. Sebuah tata letak slide mengatur konten slide Anda. Layout mengandung berbagai jenisplaceholder yang dapat Anda gunakan tergantung pada informasi apa yang ingin Anda sertakan dalam presentasi Anda. Tata letak masing-masing memiliki nama deskriptif,tetapi tata letak gambar menunjukkan Anda bagaimana placeholder diatur pada slide.

7  Untuk Memasukkan teks ke dalam suatu Placeholder: Klik di dalam placeholder. Teks placeholder akan menghilang dan akan muncul titik penyisipan. Ketik teks Anda setelah titik penyisipan terlihat. Klik di luar placeholder ketika Anda telah memasukkan semua teks ke dalamplaceholder. Saat Anda memasukkan teks atau menggunakan ikon untuk menyisipkan item, teksplaceholder dan / atau ikon menghilang segera setelah Anda mulai mengetik.

8  Untuk Menyisipkan Slide Baru: Klik perintah New Slide pada kelompok Slides pada tab Home. Sebuah menu akan muncul dengan pilihan tata letak slide Anda. Klik slide yang ingin Anda sisipkan. Sebuah slide baru dengan tata letak yang dipilihakan muncul di tengah jendela PowerPoint dan dalam task pane di sebelah kiri.

9  Untuk Ubah Layout dari Slide yang ada: Pilih slide yang ingin Anda ubah. Klik perintah Layout dalam kelompok Slides pada tab Home. Sebuah menu akan munculdengan pilihan Anda.

10  Klik pilihan untuk memilihnya. Slide akan berubah dalam presentasi.

11  Untuk Copy dan Paste Slide: Pilih slide yang ingin Anda salin. Klik perintah Copy pada tab Home.

12  Klik di dalam tab slide pada task pane kiri. Sebuah titik penyisipan horisontal akan muncul. Pindahkan titik penyisipan ke lokasi yang Anda inginkan salinanan slide untuk tampil.  Klik perintah Paste pada tab Home. Slide disalin akan muncul.

13  Untuk Pindah Slide: Pilih slide yang ingin bergerak pada tab slide dalam task pane kiri. Klik dan drag slide ke lokasi baru. Titik penyisipan akan muncul. Lepaskan tombol mouse. Slide akan muncul di lokasi baru.

14  Menggunakan Tampilan Berbeda dari Window PowerPoint Di bagian bawah, sudut kanan dari jendela PowerPoint adalah tiga perintah tampilan.Dari sini, Anda dapat mengubah tampilan ke Normal, Slide Sorter, atau tampilan Slide Show dengan hanya mengklik perintah. Normal adalah tampilan default dan di mana Anda akan membuat dan mengedit slideAnda pada panel geser pusat dan semua slide akan muncul pada tab slide dalam task pane kiri. Slide Sorter adalah pandangan dari slide Anda dalam bentuk thumbnail. Slide disajikanhorizontal, yang memungkinkan Anda untuk melihat slide lebih pada suatu waktu. Slide Show mengisi layar komputer dengan presentasi Anda sehingga Anda dapat melihat bagaimana presentasi akan muncul untuk Audien.

15 LATIHAN...1 !!!  Buka PowerPoint. Menyisipkan teks pada slide, default Judul. Masukkan Judul dan geser Slide. Menyisipkan slide Materi Dua. Praktek menggeserslide Salin slide Judul. Hapus salah satu slide. Simpan presentasi.

16 PowerPoint 2007 Themes and Background Styles  Tema adalah kombinasi standar warna, font, dan efek yang dapat diterapkan padapresentasi Anda. PowerPoint termasuk built-in tema yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menciptakan profesional- cari presentasi tanpa menghabiskan banyakformat waktu. Setiap tema memiliki background tambahan yang terkait dengan itu yang dapat diterapkan pada slide untuk memodifikasi tema. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana menerapkan sebuah tema, memodifikasi tema warna, tema font, dan efek tema, serta menerapkan gaya latar belakang.

17  Tentang Tema Bila Anda membuat presentasi baru dalam PowerPoint ada tema diterapkan meskipunlatar belakang slide putih. Tema standar akan dipanggil Office Theme. Tema Officeterdiri dari latar belakang putih, dan font Calibri berbagai ukuran untuk judul dan teks

18  Anda dapat menerapkan tema yang berbeda untuk slide Anda sebelum Andamenambahkan teks atau membuat perubahan ke slide default. Keuntungan melakukan hal ini adalah bahwa lokasi teks tidak akan bergerak. Jika Anda menerapkan temasetelah Anda memasukkan teks pada slide, kotak teks dan placeholder bisa bergeraktergantung pada tema yang Anda pilih. Sebuah keuntungan dari memasukkan beberapa teks Anda sebelum menerapkan temabaru adalah bahwa fitur live preview memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana temaakan mempengaruhi teks khusus Anda. Contoh di bawah adalah tema Aspect.

19  Anda akan perlu mengetahui bagaimana menerapkan sebuah tema dan bagaimana untuk beralih ke tema yang berbeda jika Anda ingin menggunakan fitur ini untukmembuat presentasi. Semua tema yang datang disertakan dalam PowerPoint berada dikelompok Tema pada tab Design. Untuk Terapkan Tema: Pilih tab Design. Cari kelompok Theme. Setiap gambar mewakili tema. Klik panah drop-down untuk mengakses tema lebih. cobalah tema untuk melihat live preview dalam presentasi. Nama tema akan muncul ketika Anda mengenainya.

20  Ubah Tema Anda juga dapat mengubah warna tema saat ini, font, dan efek. Sebagai contoh, jika Anda suka tema Urban, namun lebih memilih untuk menggunakan lebih dari warna merahdalam presentasi, Anda dapat mengubah warna tema dan membuat tema, baru yangkustom. Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan gaya font Verdana sehingga Fontpresentasi Anda akan cocok dengan logo perusahaan Anda dan materi, Anda dapat memodifikasi kombinasi font dan menyimpannya. Tema PowerPoint adalah berpengaruh karena mereka mengijinkan Anda untuk terlihat profesional dalam membuat slide dengan mudah. Pilihan untuk memodifikasi tema-tema ini membuatnya menjadi alat yang lebih kuat dan ampuh karena Anda dapat menyesuaikan tema berdasarkan kebutuhan dan preferensi.

21  Untuk Beralih ke Opsi Warna Tema yang berbeda: Pilih perintah Colors dalam kelompok Tema pada tab Design. Cobalah kelompok warna untuk menampilkan live preview kombinasi warna pada slide yang dipilih

22  Klik pilihan warna untuk memilihnya.

23  Untuk Mengubah Colors T ema Saat Ini: Pilih perintah Colors dalam kelompok Themes pada tab Design. Klik Create New Theme Colors dari menu. Sebuah kotak dialog akan muncul.  Klik pilihan warna untuk menampilkan menu warna. Pilih warna untuk mengubah pilihan.  Masukkan nama untuk kombinasi warna tema baru. Klik Save.

24  Style latar Belakang Background dapat ditambahkan ke slide Anda setelah tema diterapkan. Gaya variasi isiberda sarkan warna tema. Bila Anda beralih ke tema yang berbeda, gaya latar belakangdiperbarui berdasarkan warna tema baru. Pilihan gaya latar belakang untuk tema Urbanyang berbeda dengan pilihan latar belakang gaya untuk tema Apex. Warna-warna yangberbeda berdasarkan warna tema.

25  Untuk Terapkan Style Latar Belakang: Klik perintah Background Styles dalam kelompok Background pada tab Design. Klik suatu gaya untuk memilihnya. Latar belakang baru akan muncul dalam slide. Anda dapat memilih Latar Belakang Format dari menu untuk membuka kotak dialog dan membuat perubahan pada warna latar belakang.

26 LATIHAN...2 !!!  Terapkan tema Urban untuk slide Anda. Mengubah setidaknya salah satu pilihan tema warna. Ubah ke font tema baru.

27 PowerPoint 2007 Viewing and Printing Slides  Setelah Anda selesai membuat slide, Anda mungkin ingin melihat presentasi Anda untuk memastikan semua slide tampil bagaimana Anda inginkan. PowerPoint memberi Anda kemampuan untuk melihat presentasi dalam empat cara yang berbeda, tergantung padabagaimana Anda menyelesaikan. Misalnya, jika Anda akan menggunakan slide Andauntuk berbicara dengan penonton, yang bagaimana PowerPoint sering digunakan, Anda mungkin ingin berlatih presentasi Anda dan melihat slide dalam tampilan slide show. Anda juga mungkin ingin mencetak salinan dari slide, baik untuk diri sendiri, atau bagiorang yang melihat presentasi Anda. Anda memiliki beberapa opsi pencetakan yang spesifik untuk PowerPoint. Pelajaran ini mencakup cara yang berbeda yang dapat melihat dan mencetak slide PowerPoint Anda, tergantung pada kebutuhan.

28  Tampilan slide Adalah penting bahwa Anda dapat mengakses PowerPoint pandangan yang berbedaslide dan menggunakannya untuk berbagai tugas. Tiga dari empat pandangan yang terlihat dari tampilan standar, normal. Perintah geser tampilan tersebut akan terletak di sisi, kanan bawah jendela PowerPoint dalam tampilan Normal. Klik perintah tampilanuntuk beralih ke tampilan itu. Normal View: Pandangan ini adalah di mana Anda membuat dan mengedit slide Anda.Anda juga dapat memindahkan slide dalam Slides tab pada task pane di sebelah kiri.

29  Menu Slide Show Arrows: panah maju menampilkan slid e berikutnya dan panah kembali menampilkanslide sebelumnya.  Menu Icon: Klik ikon menu dan menu muncul yang memberikan anda pilihan untuk bergerak ke slide berikutnya atau sebelumnya, melompat ke slide tertentu, mengubah pilihan layar Anda, atau mengakhiri pertunjukan.  Pen Icon: Klik ikon pena dan muncul menu yang memungkinkan Anda untuk mengubahkursor ke titik bolpoin, ujung sebuah pena merasa, atau stabilo, dan memilih warnapena. Hal ini memungkinkan Anda untuk membubuhi keterangan slide Anda danmembuat catatan saat Anda hadir untuk Audience

30  Mencetak Anda mungkin ingin mencetak salinan slide Anda untuk orang- orang yang melihat presentasi Anda atau untuk diri sendiri. Ada tiga pilihan cetak tersedia dari menu MicrosoftOffice Button - Print, Quick Print, dan Print Preview.

31  Menggunakan Print Preview: Klik Microsoft Office Button. Pilih Print - Preview Print. Presentasi terbuka dalam format Print Preview.

32  Untuk Mencetak: Klik Microsoft Office Button. Pilih Print - Print. Kotak dialog Print muncul.

33  Pilih printer yang ingin Anda gunakan, jika Anda memiliki lebih dari satu printer  Klik Properties. Dari sini Anda dapat membuat pilihan tentang ukuran kertas dan apakahuntuk mencetak dua sisi. Pilihan ini bervariasi dari printer ke printer.  Masukkan Print Range. Tinggalkan pengaturan defaultAll, dipilih, atau klik Slide. Bidang di sebelahnya akan menjadi aktif dan Anda dapat memasukkan nomor slide darislide yang ingin Anda cetak.

34  Putuskan apa yang ingin Anda cetak - slide, handout, halaman catatan, atau garis besar. Handout mencetak banyak slide per halaman. Defaultnya adalah 6, tetapi Anda dapatmenggantinya menjadi 3 dan memiliki ruang bagi orang untuk memberikan catatan, ataumengatur jumlah slide per halaman. Pilih tata letak slide horizontal atau vertikal, jika diberi pilihan. Anda dapat mencetak Halaman Catatan, jika Anda mengetik catatan pembicara untuk slide. Memilih untuk mencetak dalam grayscale atau warna.  Pilih jumlah salinan yang akan dicetak. Klik OK.

35 LATIHAN...3 !!!  Membuka presentasi.  Lihat dalam tampilan Normal.  Lihat dalam tampilan Slide Sorter.  Lihat dalam tampilan Slide Show.  Lihat dalam tampilan Halaman Catatan.  Cetak slide sebagai handout dengan empat slide untuk satu halaman.

36 PowerPoint 2007 Inserting Movies  Anda mungkin ingin memasukkan film ke dalam presentasi PowerPoint Anda. Anda dapat menyisipkan film dari file di komputer Anda atau dari organizer clip MicrosoftOffice. Selai n itu, PowerPoint memberi Anda banyak pilihan untuk menentukanbagaimana film akan beroperasi dalam presentasi. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana memasukkan dua jenis film danmenentukan pilihan film.

37  Untuk Memasukkan Film dari File di Komputer Anda: Pilih slide di mana Anda ingin sisipkan film. Pilih tab Insert Klik panah drop-down pada perintah Movie dalam kelompok Clips Media. Pilih Insert a Movie from File dari File dari menu. kotak dialog The Insert Movie akan muncul. Cari file yang ingin Anda sisipkan dari komputer Anda. Klik nama file. Klik OK. Film ini akan muncul pada slide. Movie Tools Options tab dan tab ToolsFormat Picture muncul pada Ribbon ketika film dimasukkan.

38  Untuk Preview Movie: Pilih film pada slide. Pilih tab Options. Klik perintah Preview dalam kelompok Play. Tekan perintah Preview lagi untuk menghentikan film sebelum selesai bermain.

39  Untuk Ubah Volume Movie: Pilih film pada slide. Pilih tab Options. Klik Slide Show perintah Volume dalam kelompok a Movie from File Pilihan. Pilih Rendah, Sedang, Tinggi, atau Diam untuk mengubah volume film.

40  Untuk Perubahan Ketika Movie Dimulai: Pilih film pada slide. Pilih tab Options. Pilih menu drop-down di sebelah to Play Movie: pada kelompok Opsi Movie untuk mengubah apakah film dimainkan Automatically When Clicked.

41  Pilihan lainnya Klik kotak untuk memilih dan hapus pilihan film pada tab Tools Movie Pilihan. Pilihan ini:  Hide During Show  Play Full Screen  Loop Until Stopped  Rewind Movie After Playing

42  Untuk Memasukkan Movie dari Clip Organizer: Pilih slide di mana Anda ingin menyisipkan klip video. Pilih tab Insert Klik perintah Movie dalam kelompok Clips Media. Pilih Movie from Clip Organizer dari menu. Clip Art task pane akan muncul di sebelah kanan.

43 LATIHAN...3 !!!  Membuka presentasi.  Masukkan film dari sebuah file di komputer Anda, jika Anda memiliki satu.  Preview film.  Mengubah volume slide show.  Masukkan film dari organizer clip.  Hapus salah satu film.

44 PowerPoint 2007 Inserting Sound  PowerPoint memungkinkan Anda untuk menambahkan suara ke presentasi Anda dalam beberapa cara berbeda. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan file suara pada komputer Anda, pilih dari ratusan suara tersedia melalui organizer clip, atau memainkan lagu dari CD audio. Apakah Anda ingin musik untuk bermain melalui seluruh presentasi? Atau Anda lebih suka musik hanya untuk bermain di satu slide? PowerPoint tidak hanya memungkinkan Anda untuk menggunakan suara, tetapi memungkinkan Anda untuk menyesuaikan opsi suara sehingga Anda dapat memutar suara yang Andainginkan, cara yang Anda inginkan. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana memasukkan suara dari tiga sumberdan cara untuk mengatur opsi berbagai suara.

45  Untuk Memasukkan File Suara dari Komputer Anda: Pilih slide mana Anda ingin menambahkan suara. Pilih tab Insert Klik panah drop-down pada perintah Sound pada kelompok Clips Media.  Selanjunya berlaku sama seperti Movie

46 LATIHAN...4 !!!  Membuka presentasi.  Masukkan suara dari sebuah file di komputer Anda, jika Anda memiliki satu.  Memasukkan suara dari organizer clip. Preview suara dalam organizer clip.  Hapus salah satu ikon suara.

47 PowerPoint 2007 Animating Text and Objects  Dalam PowerPoint Anda dapat menghidupkan teks dan objek seperti clip art, bentuk,dan gambar pada slide. Animasi, atau gerakan, pada slide dapat digunakan untuk menarik perhatian penonton untuk konten yang spesifik atau membuat slide lebih mudah dibaca. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana untuk menghidupkan teks dan objekpada slide menggunakan built-in dan adat efek animasi.

48  Untuk Menerapkan Efek Animasi Def ault: Pilih teks atau objek pada slide yang ingin Anda bernyawa. Pilih tab Animations. Klik menu Animate drop-down pada kelompok Animations untuk melihat pilihan animasiuntuk seleksi. Pilihan berubah berdasarkan item yang dipilih.  Pindahkan kursor di atas pilihan masing-masing untuk melihat live preview animasi pada slide. Klik pilihan untuk memilihnya

49  Untuk Menerapkan Efek Custom Animation: Pilih teks atau objek pada slide yang ingin Anda animasi. Pilih tab Animations. Klik Custom Animation pada kelompok Animations. Pane Custom Animation Task Panemuncul di sebelah kanan. Klik Add Effect pada task pane untuk menambahkan efek animasi untuk teks yang dipilihatau objek

50

51  Pilih Entrance, Emphasis, Exit, atau path Motion menampilkan sub menu efek animasiuntuk kategori. Efek animasi Entrance: Perubahan bagaiman a item yang dipilih muncul pada halaman Efek animasi Emphasis: Menarik perhatian de ngan item yang dipilih saat slideditampilkan Efek animasi Exit: Perubahan cara item yang dipilih menghilang dari slide Path motion animation efek: Mengarahk an item yang dipilih sehingga bergerak ke tempat tertentu pada layar

52  Untuk Memodifikasi Default atau Efek Custom Animation: Setelah Anda menerapkan efek animation, drop- down menu akan muncul di bagian atastask pane Custom Animation. Menu bervariasi berdasarkan pada efek animation. Pilih opsi dari menu drop-down untuk mengubah pengaturan default. Ulangi sampai semua pilihan menu setting yang diinginkan.

53  Untuk Preview suatu Efek Animasi: Pilih teks atau obyek yang ingin Anda modifikasi pada slide. Pilih tab Animations. Klik Custom Animation pada kelompok Animations. Pane Custom Animation Task Panemuncul di sebelah kanan. Pilih animation Task Pane Animasi panel Custom. Klik Play di bagian bawah pane task pane melihat preview dari animasi dalam tampilan Normal

54 LATIHAN...5 !!!  Membuka presentasi.  Pilih gambar, clip art, atau bentuk.  Terapkan efek animation menggunakan pilihan dalam kelompok Animasi.  Mengubah kecepatan efek pada task pane Custom Animation.  Terapkan efek animasi untuk teks.  Terapkan efek animation dua atau lebih pada satu slide.

55 TERIMA KASIH UNTUK INFORMASI LANJUTAN: ( , video chat / G Talk) ( , Yahoo Ms) telkomsel


Download ppt "Ms. POWER POINT 2007 PowerPoint 2007 Presentation Basics  PowerPoint mencakup semua fitur yang Anda butuhkan untuk menghasilkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google