Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MAGMA  Suatu benda cair, padat dan liat mempunyai temperatur sangat tinggi, berada jauh di bawah permukaan bumi, bisa bersifat asam, basa maupun ultra.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MAGMA  Suatu benda cair, padat dan liat mempunyai temperatur sangat tinggi, berada jauh di bawah permukaan bumi, bisa bersifat asam, basa maupun ultra."— Transcript presentasi:

1

2 MAGMA  Suatu benda cair, padat dan liat mempunyai temperatur sangat tinggi, berada jauh di bawah permukaan bumi, bisa bersifat asam, basa maupun ultra basa, dan mengandung gas magmatis.  Di permukaan disebut LAVA Magma berada pada/berasal dari tengah- tengah di dalam bumi (Kurang lebih pada inti bumi/core)  menuju ke permukaan membentuk vulkanisme (gunung-gunungapi)

3

4 Teori/Konsep Geologi Modern : 1). Mengadopsi teori lama  Menghasilkan Gunungapi yang disebut “Hotspot Vulcanism” (  5% keberadaanya di bumi)  Contoh Kepulauan Hawai.

5 VULKANISME SISTEM HOTSPOT DAN HASIL SUBDUKSI

6 KEPULAUAN CALAPAGOS DI PANTAI BARAT AMERIKA MERUPAKAN GUNUNGAPI HASIL PROSES HOTSPOT

7 RANGKAIAN GUNUNGAPI HOTSPOT DI KEPULAUAN HAWAII SAMUDERA PASIFIK

8 2). Sumber magma berada pada Zona Partial Melting di bawah kerak bumi pada kedalaman 120 Km ke bawah  menuju ke permukaan membentuk rangkaian vulkanisme/gunungapi (  95%) yg ada di bumi  sifat magmanya intermediate-asam, membentuk vulkan strato.

9

10

11

12

13 TIPOLOGI GUNUNGAPI SISTEM KONVERGENSI

14 KERAK BUMI/LITHOSFERA  Terpecah pecah dan bergerak saling mencari keseimbangan (Konsep lama sebagaimana dikemukakan oleh Alfred Wagenner pada abad ke 19  Teori apungan benua, SIAL mengapung di atas SIMA). (Teori ini dalam geologi sudah tidak dipakai, karena tidak bisa menjelaskan berbagai proses geologi maupun industri yang berkaitan dengan ilmu kebumian)

15 Kerak bumi terpecah pecah menjadi lempeng-lempeng lithosfera (plate tectonic)(6 lempeng tektonik besar bersifat samudera dan benua, lebih dari 5 lempeng tektonik kecil/micro plate), begerak satu terhadap lainya di atas zona Astenosfera karena adanya arus koveksi pada zone astenosfera.  Bisa menjelaskan berbagai proses geologi maupun yg berkaitan dengan dunia industri ilmu kebumian  disebut Teori Dunia Baru atau Lempeng Tektonik (Plate Tectonic)

16

17 SEBARAN LEMPENG-LEMPENG TEKTONIK DUNIA

18 SESAR GESER SAN-ANDREAS (USA) YANG MERUPAKAN SESAR TRANSFORM (PERGESERAN ANTAR DUA LEMPENG TEKTONIK)

19 SEBARAN EPISENTRA GEMPA BUMI DI KEPULAUAN NUSANTARA

20 SEBARAN EPISENTRA GEMPABUMI DI SEKITAR PULAU JAWA


Download ppt "MAGMA  Suatu benda cair, padat dan liat mempunyai temperatur sangat tinggi, berada jauh di bawah permukaan bumi, bisa bersifat asam, basa maupun ultra."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google