Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehNazril Jannah Telah diubah "10 tahun yang lalu
1
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 1 OBJECT FORM OBJECT FORM MEMILIKI BEBERAPA PROPERTI / ATRIBUT. YANG AKAN DIBAHAS ADALAH ATRIBUT-ATRIBUT PENTING YANG SERING DIPAKAI Appearance : Mengatur agar Form berbentuk 3D atau FLat BackColor : Mengatur warna la- tar belakang Form BorderStyle: Mengatur jenis bingkai Form Caption: Memberi Judul Form Picture: Menampilkan gambar di Form •Anda dapat meneliti lebih lanjut kegunaan dan keterangan dari tiap properti dengan melihat on line Help. •Caranya dengan dengan memilih sebuah properti dan kemudian tekan F1
2
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 2 LEBIH LANJUT TENTANG PROPERTI FORM (Name): Setiap Obyek harus diberi nama. Icon: Mengganti gambar Icon Form MinButton: Menghidupkan atau mematikan tombol Minimum WindowState: Mengatur status tampilan Form : - Normal : sesuai rancangan - Minimized : window minimal - Maximized : Window Maksimal MousePointer: Mengganti gambar mouse bila melewati form MaxButton: Menghidupkan atau mematikan tombol Maximum
3
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 3 LATIHAN II-1 : FORM
4
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 4 PENGGUNAAN OBYEK-OBYEK LABEL Obyek Label untuk menulis teks di Form
5
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 5 LATIHAN II-2 : PROPERTI OBYEK LABEL Buatlah Form yang tedapat sebuah label, dan aturlah value dari masing- masing properti seperti pada contoh. Obyek Label diatas mempunyai properti sbb : Coba Anda teliti apa yang terjadi bila Anda mengganti properti : - Appereance menjadi : Flat - BackStyle menjadi : Transparent - BorderStyle menjadi : None Isilah pertanyaan di bawah ini : - APPERANCE untuk :_____________ __________________________ - BACKSTYLE untuk : _____________ __________________________ - BORDERSTYLE untuk : __________ __________________________
6
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 6 OBYEK TEXT BOX TextBox Obyek Text Box untuk Memberikan input / masukkan dari keyboard
7
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 7 LATIHAN II-3 : PROPERTI TEXT BOX Buatlah Form yang tedapat sebuah Text Box, dan aturlah value dari tiap properti seperti pada contoh. Coba Anda teliti apa yang terjadi bila Anda mengganti properti : - Appereance menjadi : Flat - BorderStyle menjadi : None - ForeColor menjadi : InActiveTitleBar Isilah pertanyaan di bawah ini : - APPERANCE untuk :_____________ __________________________ - FORECOLOR untuk :_____________ __________________________ - BORDERSTYLE untuk : __________ __________________________
8
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 8 LATIHAN II-4 : OBYEK TEXTBOX Coba Anda teliti apa yang terjadi bila Anda mengganti properti : - Enabled menjadi : False - Locked menjadi : True - MaxLength menjadi : 8 - Visible menjadi : False Isilah pertanyaan di bawah ini : - ENABLED untuk :_____________ __________________________ - LOCKED untuk :_____________ __________________________ - MAX LENGTH untuk : __________ __________________________ - VISIBLE untuk : __________
9
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 9 LATIHAN II-5 : OBYEK TEXTBOX - multiline Buatlah Form yang tedapat sebuah Text Box yang diperbesar, dan aturlah value dari tiap properti seperti pada contoh. Coba Anda teliti apa yang terjadi bila Anda mengganti properti : - MaxLength menjadi : 0 - MultiLine menjadi : True - ScrollBars menjadi :Vertical Isilah pertanyaan di bawah ini : - MAXLENGTH dengan value 0 utk : ______________________________ - MULTI LINE untuk :_____________ __________________________ - SCROLLBARS untuk : __________ __________________________ -Apa yg terjadi bila anda mengisi SCROLLBARS dengan value Both ?
10
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 10 LATIHAN II-5 : OBYEK TEXTBOX - PassWord Buatlah Form yang tedapat sebuah textbox, dengan properti atribut text dikosongkan. Coba Anda teliti apa yang terjadi bila Anda mengganti properti : - MousePointer menjadi : 11-HourGlass - PasswordChar menjadi : * - Name menjadi : txtpass Isilah pertanyaan di bawah ini : - MOUSEPOINTER untuk :___________ __________________________ - PASSWORDCHAR untuk :___________ __________________________ - NAME untuk : __________ __________________________
11
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 11 OBYEK COMMAND BUTTON Obyek CommandButton • Obyek CommandButton merupakan tombol untuk memberikan perintah atau mengeksekusi suatu perintah. •Printah diberikan pada fungsi Click()
12
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 12 PROPERTI DARI OBYEK COMMANDBUTTON BackColor : Warna Belakang Caption : judul obyek DisablePicture : Gambar Icon yang muncul di CommandButton bila tombol tersebut disable DownPicture : Gambar Icon yang muncul di CommandButton bila tombol tersebut tekan Picture: Gambar Icon pada CommandButton Style: Jenis CommandButton (Standard atau Graphical)
13
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 13 LATIHAN II-6 : COMMANDBUTTON Apabila Anda ingin menggunakan picture, maka atribut style harus diset menjadi graphical. Buatlah program anda seperti contoh, apabila tombol ditekan maka gambar akan berubah
14
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 14 MEMBERIKAN PERINTAH PADA COMMAND BUTTON Klik tombol Command Button yang akan anda berikan perintah. Misalnya bila tombol ditekan maka Form yang bernama FRMLAT1 akan berubah warna menjadi merah, maka perintahnya adalah : Private Sub Command1_Click() FRMLAT1.BackColor = vbRed End Sub vbBlack&H0Black vbRed&HFFRed vbGreen&HFF00Green vbYellow&HFFFFYellow vbBlue&HFF0000Blue vbMagenta&HFF00FFMagenta vbCyan&HFFFF00Cyan vbWhite&HFFFFFFWhite
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.