Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Web design Oleh Apriliya saputri X ti b.  Pendahuluan Sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya Anda tahu apa itu HTML. HTML atau Hypertext Markup.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Web design Oleh Apriliya saputri X ti b.  Pendahuluan Sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya Anda tahu apa itu HTML. HTML atau Hypertext Markup."— Transcript presentasi:

1 web design Oleh Apriliya saputri X ti b

2  Pendahuluan Sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya Anda tahu apa itu HTML. HTML atau Hypertext Markup Language merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau document dari web server ke browser kita (Internet Explorer, Netscape Navigator, NeoPlanet, dll). Nah, HTML inilah yang memungkinkan Anda menjelajah internet dan melihat halaman web yang menarik.

3 Web design Dalam web design terbagi dalam beberapa macam di antaranya yaitu: -HTML-tips&trik-dreamweasver

4  HTML Bagian-bagian dalam HTML di antaranya yaitu: 1.Struktur HTML  HTML (Hypert Text Markup Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan halaman web. Dalam penggunaannya sebagian besar kode HTML tersebut harus terletak di antara tag kontainer. Yaitu diawali dengan dan diakhiri dengan (terdapat tanda "/").  Sebuah halaman web minimal mempunyai empat buat tag, yaitu :  Sebagai tanda awal dokumen HTML.  Sebagai informasi page header. Di dalam tag ini kita bisa meletakkan tag-tag TITLE, BASE, ISINDEX, LINK, SCRIPT, STYLE & META.

5 2. List Terdapat tiga tipe list yang dapat digunakan, yaitu :  Unordered Lists: Untuk membuat daftar item dengan tanda bullet. List entries didefinisikan dengan tag.  Ordered Lists: Juga digunakan untuk membuat daftar item, dengan tiap item dapat menggunakan angka arab atau romawi. List entries juga didefinisikan dengan tag.  Definition Lists:  Definition Lists:

6 3.Images  Images : Digunakan untuk menampilkan image atau animasi gif pada halaman web Anda. Atribut : alt, align=(center, left, right), hspave, vspace, border, width & height Links : Digunakan untuk membuat link ke halaman lain. Tulisan yang terletak antara dan akan terdapat garis bawah.

7 4.Table  Tabel sangat penting artinya dalam desain web. Karena dengan menggunakan tag table Anda dapat membuat halaman web "terbagi" pada beberapa kolom atau baris. Contohnya seperti pada halaman web yang sedang Anda baca ini.  Terdapat tiga tag atau elemen utama yang digunakan dalam pembuatan table :,, dan. Yang perlu diingat adalah bahwa tab dan harus terletak di antara tag dan  Terdapat tiga tag atau elemen utama yang digunakan dalam pembuatan table :,, dan. Yang perlu diingat adalah bahwa tab dan harus terletak di antara tag dan

8  Terdiri dari atribut :  align - perataan : rata kiri (left), tengah (center) atau kanan (right).  bgcolor - warna latar belakang (background) dari tabel.  border - ukuran lebar border tabel (dalam pixel).  cellpadding - jarak antara isi cell dengan batas cell (dalam pixel).  cellspacing - jarak antar cell (dalam pixel).  width - ukuran tabel dalam pixel atau percent

9  Tag ini digunakan untuk membuat baris baru (pada tabel). Terdiri dari atribut:  align - perataan : rata kiri (left), tengah (center) atau kanan (right).  bgcolor - warna latar belakang dari baris.  valign - perataan vertikal : top, middle atau bottom.

10  Tag ini digunakan untuk membuat kolom baru pada tabel.  align - perataan  background - image yang digunakan sebagai latar belakang dari kolom.  bgcolor - warna latar belakang  colspan - lihat gambar contoh  height - ukuran tinggi cell dalam pixels.  nowrap - membuat supaya isi dari kolom tetap berada pada satu baris.  rowspan - lihat gambar contoh  valign - perataan vertikal :top, middle atau bottom.  width - ukuran kolom dalam pixel atau percen.

11 5.Pengaturan teks Untuk mendapatkan halaman web yang baik Anda harus melakukan pengaturan terhadap teks seperti memilih jenis dan ukuran huruf, perataan, dll. Tag- tag di bawah ini yang biasa digunakan dalam pengaturan teks : Headers:.. Digunakan untuk mengatur ukuran huruf pada header. "n" mempunyai nilai antara atau antara sampai, dengan merupakan ukuran terbesar dan merupakan ukuran terkecil

12 6.Tutorial Html  Paragraph Baru: Digunakan untuk pindah alinea atau paragraf. Tag ini bisa diberi akhiran tapi juga bisa tidak diberi.  Line Break: Digunakan untuk pindah ke baris baru.  No Line Break: Bila digunakan tag ini maka teks yang panjang tidak secara otomatis pindah baris bawahnya bila baris pertama sudah terlalu panjang.  Font Untuk mendefinisikan berbagai attribut FONT, yaitu : SIZE, FACE, COLOR.  SIZE: Ukuran font yang digunakan, berkisar antara dengan 1 merupakan ukuran terkecil dan 7 merupakan ukuran terbesar.

13  Base Font: Digunakan untuk mendefinisikan "default text". Attribut sama dengan attribut FONT. Tag FONT akan mengoverwrite setting pada BASEFONT. Selain tag dan atribut di atas, masih terdapat lagi tag-tag yang berhubungan dengan pengaturan teks, yaitu : Perhatian : Semua tag di bawah ini membutuhkan tap penutup. Bold text Italic text Underscore Typewriter Strikeout - draws a line through the text Preformatted Text Definition Text berkedip (lebih baik jangan digunakan) Strong

14 Digunakan untuk quoting text Monospaced font (digunakan bila Anda ingin meletakkan (memperlihatkan) kode HTML pada dokumen HTML Anda) Monospaced font (digunakan bila Anda ingin meletakkan (memperlihatkan) kode HTML pada dokumen HTML Anda) Monospaced font (digunakan bila Anda ingin meletakkan (memperlihatkan) kode HTML pada dokumen HTML Anda) Ukuran teks akan lebih besar satu ukuran Ukuran teks akan lebih kecil satu ukuran Membuat tekssuperscript membuat tekssub script Abbreviations Untuk akronim Digunakan untuk indexing Membuat short inline quotation Membuat variable name, selalu dalam italics. Digunakan untuk quoting text Monospaced font (digunakan bila Anda ingin meletakkan (memperlihatkan) kode HTML pada dokumen HTML Anda) Monospaced font (digunakan bila Anda ingin meletakkan (memperlihatkan) kode HTML pada dokumen HTML Anda) Monospaced font (digunakan bila Anda ingin meletakkan (memperlihatkan) kode HTML pada dokumen HTML Anda) Ukuran teks akan lebih besar satu ukuran Ukuran teks akan lebih kecil satu ukuran Membuat tekssuperscript membuat tekssub script Abbreviations Untuk akronim Digunakan untuk indexing Membuat short inline quotation Membuat variable name, selalu dalam italics.

15  Tips&triks bagian-bagian tips&triks -1.menampilkan title pada link Atribut "title" tersebut berfungsi untuk menampilkan keterangan pada suatu link. Jika cursor mouse diarahkan ke link tersebut maka akan muncul keterangan "Download freeware

16 -2.Membuat browser “menari” Pengen membuat kejutan pada pengunjung web Anda ? Copy dan Paste kode di bawah ini ke dalam Notepad lalu simpan sebagai file HTML. Untuk contohnya bisa dilihat di sini. di sinidi sini Browser yang bisa menari function init() { setTimeout("shake(3)",1000); setTimeout("this.focus()",4000); setTimeout("shake(3)",4100);

17 } function register() { var isAol = "no"; var res = 800 ; } function shake(n) { if (self.moveBy) { for (i = 10; i > 0; i--) { for (j = n; j > 0; j--) { self.moveBy(0,i); self.moveBy(i,0); self.moveBy(0,-i); self.moveBy(-i,0); } } } } a=275; b=275; r=20;

18 x=1; z=1; function rotate(r) { while (z x=1; z=1; function rotate(r) { while (z

19 -3.Membuat combo box warna warni Combo box merupakan suatu "elemen" yang sering digunakan pada halaman web yang memungkinkan seorang user untuk memilih salah satu dari beberapa pilihan. Tampilan combo box tersebut seringkali standar, warna latar putih dengan teks hitam Pada bagian select.Menu, Anda dapat mengatur setting huruf yang akan digunakan pada combo box. font-family = untuk jenis hurufnya dan font-size untuk ukuran huruf Pada option.MenuSatu, Anda dapat mengatur tampilan warna pada combo box. Color untuk mengatur warna teks sedangkan background-color untuk mengatur warna latar belakangnya.

20  Dreamweasver Beberapa bagian dreamweasver -membuat halaman web pertama  Dari menu File pilih New.  Tentukan title, warna background dan link untuk halaman web Anda. Dari menu Modify, pilih Page Properties. Untuk mengganti warna background dan link, klik pada icon. Sedangkan untuk mengganti background image, klik pada tombol Browse.

21  Dari menu File pilih New.  Tentukan title, warna background dan link untuk halaman web Anda. Dari menu Modify, pilih Page Properties. Untuk mengganti warna background dan link, klik pada icon. Sedangkan untuk mengganti background image, klik pada tombol Browse.

22 -membuat tabel Langkah ini sangat penting untuk dicermati karena hampir semua halaman web memakai tabel. Anda tidak akan dapat membuat halaman web yang warna-warni tanpa unsur tabel. Anda juga tidak dapat membuat halaman web seperti halaman yang sedang Anda baca ini tanpa tabel. Untuk membuat dan memodifikasi tabel pada Dreamweaver caranya adalah sebagai berikut Dari menu Insert, pilih Table. Atau tekan Ctrl + Alt + I. RowsJumlah baris Colum ns Jumlah kolom Width Lebar tabel yang bisa dinyatakan dalam persen maupun dalam pixel BorderUkuran border tabel

23  Untuk mengganti warna background pada tabel, letakkan pointer mouse pada cell (kolom atau baris -- pada gambar di bawah ditandai dengan tanda silang warna merah--) yang akan Anda ganti warnanya lalu klik icon yang terletak pada Properties. Untuk mengganti warna background lebih dari satu baris atau kolom drag pointer mouse dari cell yang satu ke cell selanjutnya.

24  Daftar pustaka

25  Penutup Pertama-tama saya ucapkan banyak terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,karena berkat rahmat dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan tugas presentasi ini.Tidak lupa juga saya ucapkan banyak terimakasih ke pada pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas ini. Dalam pengerjan tugas ini saya yakin banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan mau pun pengetahuan yang telah saya dapat,maka dari itu saya meminta maaf. Saya menerima kritik dan saran dari pada para pendengar dan pembaca demi terciptanya tugas yang jauh lebih sempurna. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terimakasih.


Download ppt "Web design Oleh Apriliya saputri X ti b.  Pendahuluan Sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya Anda tahu apa itu HTML. HTML atau Hypertext Markup."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google